PERNIKAHAN & SEKS
22 Juli 2019

Waspadai 4 Tindakan yang Termasuk Kekerasan dalam Rumah Tangga Ini

Jarang disadari, tapi mungkin sering kita alami
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah sebuah fenomena umum yang sudah sering kita dengar terjadi di sekitar kita. Baik itu melalui pemberitaan di televisi, tetang di komplek rumah yang juga mengalami KDRT, atau sekedar membaca berita di media sosial.

Fenomena KDRT yang terjadi biasa banyak dipahami sebagai kekerasan fisik semata. Padahal kejadian-kejadian kecil yang jarang kita sadari pun sebenarnya bisa masuk dalam ruang lingkup KDRT.

Nah, selain kekerasan fisik, apa saja jenis tindakan yang masuk dalam ketegori kekerasan dalam rumah tangga ya? Yuk kita lihat di bawah ini.

Baca Juga: Selain Kekerasan Fisik, Ini 7 Kekerasan Verbal yang Bisa Merusak Hubungan Suami Istri

1. Berteriak

tindakan kekerasan dalam rumah tangga, tindak KDRT

Foto: goodscooter.com

Meski terlihat sebagai hal yang sepele, berteriak sebenarnya juga termasuk dalam tindakan kekerasan dalam rumah tangga lho. Meski tidak mengakibatkan luka fisik yang berbahaya atau meninggalkan bekas, berteriak termasuk jenis kekerasan verbal yang menyerang psikis seseorang.

Meski tidak bisa terlihat oleh mata, berteriak mampu meninggalkan luka pada perasaan seseorang, hingga mengakibatkan traumatik.

2. Mendiamkan

tindakan kekerasan dalam rumah tangga, tindak KDRT

Foto: pressreleases.responsesource.com

Jangan dipikir walaupun tidak mengeluarkan kata-kata atau mendiamkan seseorang berarti tidak termasuk kekerasan dalam rumah tangga. Mendiamkan istri atau suami, termasuk dalam tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

Saat terjadi selisih paham antara suami dan istri, suami atau istri mungkin ada yang ingin meredam amarah dengan cara mendiamkan salah satu pihak. Hal ini justru salah karena akan membuat masalah tidak terselesaikan dengan baik hingga membuat pikiran.

Baca Juga: Ingin Pernikahan Anda Lebih Intimate? Begini Caranya

3. Membanding-Bandingkan

Waspadai 4 Tindakan yang Termasuk Kekerasan dalam Rumah Tangga Ini 03.jpg

Foto: todayschristianwoman.com

Siapa yang senang dibanding-bandingkan? Pasti tidak ada. Begitu pula dengan membanding-bandingkan pasangan kita dengan orang lain, tentu akan menyakiti hati pihak yang dibandingkan.

Meski tidak terlihat mata, rasa sakit hati yang menumpuk akan menimbulkan stress pada diri seseorang hingga depresi.

4 Kekerasan Fisik

Waspadai 4 Tindakan yang Termasuk Kekerasan dalam Rumah Tangga Ini 04.jpg

Foto: marriage.com

Ini dia tindakan KDRT yang umumnya terjadi dalam setiap rumah tangga. Salah satu pihak memiliki sifat ringan tangan dan sering main pukul saja saat emosinya memuncak. Mulai dari menendang, menusuk, menampar, mencekik, dan lainnya semua termasuk dalam tindak KDRT.

Hal ini mengakibatkan salah satu pihak atau pasangan mengalami luka fisik dari yang ringan hingga luka berat.

Baca Juga: Moms Korban Kekerasan Rumah Tangga? Ini yang Bisa Dilakukan!

Itu dia beberapa tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang seringkali tidak kita sadari, namun mungkin sering dialami. Ingat bahwa tindakan KDRT tidak selalu berupa kekerasan fisik ya Moms.

(AWD)

Artikel Terkait