KESEHATAN
4 Oktober 2019

Waspadai 5 Penyakit Ini Saat Moms Sering Kesemutan di Tangan!

Tangan kesemutan bukan hal yang istimewa. Tapi, bisa jadi gejala dari penyakit tertentu. Apa saja?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Waspadai tangan kesemutan. Apabila hal tersebut sering terjadi, mungkin saja disebabkan oleh gejala dari penyakit tertentu.

Pada kebanyakan kasus, tangan kesemutan sering terjadi dan disertai gejala lainnya. Misalnya seperti rasa sakit, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi pertanda gangguan penyakit lain.

“Mungkin disebabkan karena kerusakan saraf, yang dapat disebabkan cedera traumatis atau cedera stres berulang, infeksi bakteri, dan penyakit sistemik,” Dr Andrew Thornber, Chief Medical Officer di Now Patient, menjelaskan.

Sangat penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan tangan kesemutan. Semakin dini diketahui penyebab tangan kesemutan, maka kondisi tersebut dapat diidentifikasi dan dikendalikan dengan mudah. Di samping itu, penyakit juga akan semakin mudah untuk ditanggulangi.

Baca Juga: Ternyata Ini Cara yang Benar Mengatasi Kebas dan Kesemutan

Gangguan yang Mungkin Jadi Penyebab Kesemutan di Tangan

Stroke

Seseorang yang merasakan tangan kesemutan hingga mati rasa, dapat menjadi tanda stroke. Tanda lainnya apabila kamu mengidap penyakit stroke adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami orang lain, pusing mendadak, atau hilang keseimbangan.

Baca Juga: Kenapa Kepala Kesemutan?

Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid pada leher kamu berfungsi untuk menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme dapat terjadi ketika tiroid kamu memproduksi terlalu sedikit hormon tersebut. Kelainan tersebut yang tidak diobati dapat merusak saraf yang mengirim sinyal ke tangan sehingga menyebabkan kesemutan, mati rasa, hingga lemah.

Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang gejalanya tangan kesemutan. Pada seseorang yang mengidap diabetes, kesemutan umumnya terasa di kaki lalu naik ke tangan. Sekitar dua pertiga dari pengidap diabetes memiliki kerusakan saraf yang ringan hingga parah.

Carpal Tunnel

Blog_post_Carpel_Tunnel_1400x.progressive.jpg

Foto: ergotherapy.com

Carpal tunnel merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena gerakan berulang atau getaran yang akhirnya menekan saraf di pergelangan tangan kamu.

Hal tersebut dapat menyebabkan tangan kesemutan.

“Selain itu, gerakan yang berulang tersebut dapat menyebabkan jaringan di sekitar saraf tangan membengkak dan menekan saraf. Pada akhirnya, tekanan tersebut dapat menyebabkan kesemutan disertai dengan mati rasa, terasa sakit, dan salah satu tangan menjadi lemah,” terang Dr Thornber.

Saraf Terjepit

orgasm-stroke.jpg

Foto: health.com

Saraf terjepit juga dapat menyebabkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki.

Saraf terjepit dapat terjadi karena cedera, postur tubuh yang buruk, hingga radang sendi. Selain tangan kesemutan, cedera dapat menyebabkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada pengidapnya.

Baca Juga: Mengulik Penyebab Kesemutan dan Cara Tepat Menghilangkannya

Nah, Moms. Itulah 5 penyakit yang ditandai oleh kesemutan di tangan. Jadi, jangan diremehkan, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait