SELEBRITI
27 Maret 2020

Wawancara Eksklusif Detri Warmanto, Aktor yang Positif COVID-19

Dirinya berharap apa yang dibagikan bisa jadi edukasi untuk masyarakat
placeholder

Foto: instagram.com/detriwarmanto

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Detri Warmanto merupakan salah satu selebriti Tanah Air pertama yang mengumumkan bahwa dirinya positif terjangkit virus corona (COVID-19).

Dalam akun Instagramnya, Detri menyebutkan bahwa ia dinyatakan positif corona setelah diperiksa di RSPAD Gatot Soebroto. Namun Detri mengaku tidak ada gejala yang dialami dan mengaku kondisinya baik-baik saja.

Detri hanya diminta berdiam di rumah selama 14 hari, konsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih dan terus menjaga kesehatan.

Baca Juga: Berbagai Cara Artis Indonesia Tunjukan Kepeduliannya Terhadap Wabah Corona

Orami Parenting berkesempatan untuk mewawancarai Detri Warmanto secara eksklusif sebagai pasien COVID-19, melalui Live Instagram @oramiparenting, pada Rabu (25/03/2020) bersama Liza Djaprie, psikolog klinis dan hipnoterapis.

Moms bisa simak hasil wawancara Orami dengan Detri Warmanto di bawah ini.

Kronologi Detri Warmanto Positif COVID-19

detri warmanto covid-19

Foto: instagram.com/detriwarmanto/

Cari tahu yuk Moms seperti apa kronologis Detri Warmanto hingga dinyatakan positif COVID-19.

1. Melakukan Test di RSPAD Gatot Soebroto

Detri mengaku awalnya test ini dilakukan karena Presiden Jokowi yang meminta untuk semua kabinet serta jajarannya dan keluarga yang bersangkutan, untuk melakukan test COVID-19 di RSPAD Gatot Soebroto, berkaitan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya yang dinyatakan positif COVID-19.

Detri yang merupakan menantu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo, ikut melakukan test tersebut.

Awanya dia mengaku merasa yakin negatif COVID-19 karena tidak mengalami gejala virus corona, sayangnya hasil test menunjukkan bahwa dirinya positif COVID-19.

2. Melakukan Isolasi Diri Sendiri

Hasil pemeriksaan tersebut keluar sekitar 5 hari kemudian. Detri Warmanto mengaku pertama kali mendapat kabar dirinya positif COVID-19 dari sang istri. Istrinya mengabarkan bahwa Detri positif COVID-19.

Baca Juga: Menekan Penyebaran COVID-19, India dan Inggris Lockdown

“Shock selama 15-30 menit pertama karena positif. Saya tahu saya harus menenangkan diri dulu, tidak boleh panik. Baru setelahnya saya menghubungi dokter di RSPAD.

Detri mengaku dirinya tidak mengalami gejala-gejala infeksi virus corona yang banyak diberitakan di media. Karena tidak ada gejala apapun yang dirasakan, Detri pun disarankan untuk melakukan isolasi diri di rumah.

“Menurut dokter ini termasuk self-healing disease, jadi dapat dilawan dengan imun tubuh kita yang sehat, maka dokter menyarankan untuk istirahat di rumah saja,” cerita Detri.

Menurutnya asalkan kita mengikuti pola makan yang teratur, pola tidur, olahraga, minum vitamin yang dibutuhkan, virus corona ini bisa sembuh dengan sendirinya.

3. Memutuskan untuk Tinggal Terpisah dari Keluarga

Detri mengaku dirinya langsung memutuskan untuk tinggal terpisah dari keluarga selama 14 hari.

“Saat dikabarkan positif COVID-19, istri langsung memberitahu anak-anak untuk tidak dekat-dekat dengan ayahnya. Anak-anak juga langsung saya suruh jaga jarak sekitar 2-3 meter,” tutur Detri.

Ia mengaku jika dirinya merasa kangen dengan anak-anak dan istrinya atau keluarganya yang lain, maka ia akan melepas kangen dengan melakukan video call.

Baca Juga: Kontroversi Herd Immunity, Keadaan yang Konon Bisa Memperlambat Penyebaran Virus COVID-19

Ingin Bantu Memberikan Edukasi ke Masyarakat

detri warmanto covid-19

Foto: instagram.com/detriwarmanto/

Memberitahu publik perihal dirinya yang positif COVID-19 memang bukan hal yang mudah untuk Detri Warmanto. Apalagi dirinya merupakan selebriti pertama yang positif COVID-19. Namun keputusannya ini bukan tanpa pertimbangan yang jelas.

Ia mengaku mempublikasikan hal ini ke publik dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat. Pengalamannya, apa saran yang dirinya terima dari dokter, dan hal informatif lainnya dia bagikan kepada masyarakat terkait COVID-19.

Bahkan ia mengaku, sharing yang dilakukannya ini malah membuat dirinya menjadi tenang dan bahagia. Alhasil emosinya pun menjadi lebih kuat, karena optimis dan semangat yang ia rasakan. Intinya, positivity meningkatkan imun tubuh kita juga.

Tips untuk yang Sedang Karantina Diri di Rumah

detri warmanto covid-19

Foto: instagram.com/detriwarmanto/

Detri mengaku tidak mudah bagi dirinya yang termasuk pribadi ekstrovert, untuk melakukan isolasi diri di rumah. Namun ia membagikan beberapa tips yang mungkin ia lakukan agar tidak merasa bosan.

Baca Juga: Test Kit COVID-19 Dijual Bebas? Pembeli dan Penjual Bisa Kena Sanksi!

“Menonton tv di rumah, melakukan video call dengan teman dan keluarga, lalu streaming film di website,” ujar Detri.

Ia mengatakan dirinya juga tidak melupakan ibadah tentunya. Malah di tengah kondisi ini, ia jadi lebih mendekatkan diri kepada Allah.

“Intinya sebenarnya kebahagiaan itu bisa datang dari mana saja ya, Mas Detri. Dan bisa kita ciptakan sendiri,” tambah Liza Djaprie.

Tips Menghadapi COVID-19 untuk Moms dan Dads

detri warmanto covid-19

Foto: Orami Photo Stock

“Jangan menelan bulat-bulat, berita yang didapatkan dari broadcast messages atau darimana saja, yang akhirnya membuat kita jadi ketakutan. Jadi sebaiknya cari informasi positif, seperti mengenai cara melawan COVID-19. Jangan mencari berita yang mengerikan saja,” saran Detri.

Menurutnya, satu-satunya hal yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan menganggap bahwa kita semua positif COVID-19, jadi bisa lebih berhati-hati dan aware di luar sana.

“Jaga jarak fisik, jangan melakukan hal-hal yang tidak penting, misalnya berkumpul bersama teman-teman,” tutup Detri.

Hingga kini Detri masih melakukan isolasi diri dan akan kembali melakukan test COVID-19 pada 29 Maret mendatang.

Artikel Terkait