FASHION & BEAUTY
16 Juni 2019

Waxing, Mencukur, atau Laser, Mana yang Lebih Efektif Menghilangkan Bulu?

Pilih cara aman yang bisa menghilangkan bulu secara permanen
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak orang yang merasa risih dengan bulu yang tumbuh pada bagian tubuh tertentu, yang terlalu lebat dan mengganggu penampilan.

Biasanya hal ini akan lebih dirasakan oleh wanita yang selalu menginginkan penampilan yang cantik, bersih, dan anggun.

Maka jangan heran, jika kaum hawa pun berlomba-lomba, mencari tempat penghilang bulu terbaik, mulai dari waxing, mencukur, hingga cara terbaru yang canggih adalah dengan menggunakan teknik laser.

Dengan berbagai perawatan ini, diharapkan bulu-bulu pada tubuh yang mengganggu dapat hilang.

Namun mungkin pernah terbesit pertanyaan, sebenarnya teknik apa yang lebih efektif untuk menghilangkan bulu? Yuk, kita cari tahu.

Baca Juga: Agar Aman dan Efisien, Ini 6 Tips Waxing di Rumah yang Perlu Diketahui

1. Waxing

penghilang bulu, teknik menghilangkan bulu

Waxing dianggap sebagai metode menghilangkan bulu di tubuh dengan cara dicabut. Hal ini dikarenakan secara teknik, bulu pada tubuh memang dicabut dengan menggunakan lilin panas yang dioleskan pada area tertentu.

Lilin yang masih panas diaplikasikan langsung pada kulit, dibiarkan sedikit dingin, lalu ditarik ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut. Bulu-bulu yang terkena olesan lilin pun akan otomatis tercabut bersama dengan lilin.

Waxing bisa dianggap sebagai teknik menghilangkan bulu dari akar yang efektif dan membuat kulit terasa halus setelahnya. Di samping itu, teknik ini juga mampu menahan pertumbuhan rambut lebih lama, yaitu 2-3 minggu.

Sayangnya, metode ini tidak dianjurkan untuk mereka yang tidak bisa menahan rasa sakit. Proses saat lilin ditarik bisa dibilang cukup menyakitkan meski hanya sebentar.

“Tips paling penting, hindari alkohol, kafein, dan olahraga sebelum melakukan waxing. Hal ini akan menyebabkan proses pencabutan lebih terasa menyakitkan,” kata Nandi Wagner, kepala ahli kecantikan di Bliss Soho, New York City.

Baca Juga: Menghilangkan Bulu Kemaluan Sebaiknya Dicukur atau Waxing, Ya?

2. Mencukur

Shaving-Underarm-with-Sensitive-3-Blade-System.jpg

Mencukur bisa dibilang teknik menghilangkan bulu paling awal, yang bisa dilakukan secara manual baik oleh pria maupun wanita. Dengan menggunakan satu alat yang disebut alat cukur, kita bisa menghilangkan bulu kaki, ketiak, dada, hingga jenggot.

Hampir semua orang pasti pernah mendapatkan pengalaman mencukur pada bagian tubuh tertentu mereka.

Salah satu kelebihan dari teknik menghilangkan bulu dengan mencukur yang banyak disukai orang adalah kenyamanannya dan tidak repot. Bahkan kita bisa mencukur sambil mandi. Selain itu juga tidak menyakitkan dan harga alat cukur relatif murah.

Namun bagi sebagian orang, teknik ini kurang efektif, karena bulu akan kembali tumbuh sedikit demi sedikit, selang beberapa hari kemudian.

Selain itu, menurut Dr. Terry Long, dokter kecantikan dan kulit, mencukur juga dapat menyebabkan risiko luka, rambut tumbuh ke dalam, hingga infeksi jika tidak dilakukan dengan benar. Hal ini akan berujung pada timbulnya bekas luka dan kulit berubah warna.

Baca Juga: 8 Tips Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar Agar Tidak Hitam

3. Laser

penghilang bulu, teknik menghilangkan bulu

Metode penghilang bulu laser pada dasarnya bekerja dengan cara mentransmisikan energi pada sinar laser langsung pada pigmen dari folikel rambut. Sinar laser ini kemudian akan menghancurkan folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Laser merupakan teknik menghilangkan bulu paling efektif jika Moms ini mengurangi pertumbuhan rambut secara permanen. Selain itu, teknik ini juga tidak akan menyebabkan kerusakan pada dermis dan kulit jadi lebih lembut dibandingkan dengan waxing dan mencukur.

Untuk menghilangkan rambut secara permanen, dibutuhkan 6-12 sesi treatment dan tentunya memakan biaya lebih mahal. Dan kulit akan terasa sedikit sakit saat proses laser, seperti karet gelang yang dihentakkan pada kulit.

Namun menurut Rachel Cross, seorang ahli hair removal dengan pengalaman 22 tahun dan Dr. Terry Long, teknik menghilangkan bulu laser, adalah pilihan terbaik dan efektif yang bisa kita pilih.

Jadi, jika Moms mulai lelah dan bosan dengan teknik menghilangkan bulu tradisional seperti mencukur dan waxing, serta menginginkan metode yang lebih efektif, laser hair removal adalah jawaban tepat yang bisa dipilih.

Namun jangan kaget jika harganya pun akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan mencukur dan waxing ya Moms. Karena hasil yang didapat akan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Jadi Moms milih cara menghilangkan bulu yang mana?

Artikel Terkait