RUPA-RUPA
5 September 2019

Yang Harus Diketahui Seputar Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baking soda dan baking powder bukanlah barang yang sama. Simak perbedaan keduanya di artikel ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Banyak yang kerap bingung, membedakan baking powder dan baking soda. Jika Moms termasuk di antaranya, santai saja. Kami akan coba menjelaskan perbedaan baking soda dan baking powder di artikel ini.

Keduanya adalah bahan penting dalam proses pengembangan kue. Dengan menghasilkan gelembung-gelembung gas (karbondioksida), baking powder dan baking soda bisa membuat volume kue membesar. Nah, meski fungsinya sama, ternyata keduanya memiliki banyak perbedaan, sehingga penggunaannya pun berbeda di tiap resep kue. Berikut penjelasan Susan Reid, Chief Editor dan Cooking Editor majalah Shift.

Baca juga: Ini Lho Manfaat Baking Soda untuk Keperluan Sehari-hari

Kandungan dan Fungsi Khusus

Apa yang Harus Diketahui Seputar Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder 3.jpg

Foto: freepik.com

Baking soda adalah bahan pengembang kue yang mengandung 100% zat kimia bernama natrium bikarbonat/sodium bikarbonat. Lain dengan baking powder yang selain mengandung natrium bikarbonat, juga mengandung beberapa komponen bahan lain, semisal cream of tartar (bersifat asam) dan bahan pengering.

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai pengembang kue, perbedaan baking soda dan baking powder terletak pada waktu dan kondisi penggunaan. Baking soda cocok digunakan pada kue yang menggunakan bahan-bahan bersifat asam seperti susu, cokelat, yoghurt, dan buttermilk, baik dikukus atau dipanggang. Sedangkan baking powder digunakan pada jenis kue kering yang tidak mengandung bahan-bahan yang bersifat asam.

Saat Penggunaan

Apa yang Harus Diketahui Seputar Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder 2.jpg

foto: freepik.com

Baking soda tidak akan bereaksi tanpa senyawa asam yang terkandung dalam bahan-bahan kue. Karenanya, adonan kue yang mengandung bahan asam (susu, cokelat, yoghurt, dan buttermilk) akan mengembang dengan baik jika dibantu baking soda.

Saat baking soda ditambahkan ke dalam adonan, reaksi kimia akan segera terjadi seiring dengan kenaikan suhu. "Biasanya ini terjadi dalam cairan, dan hasil yang Anda dapatkan adalah gelembung," kata Reid.

Artinya, Moms harus sesegera mungkin memanggang/mengukus adonan kue yang menggunakan bahan pengembang ini. Sedikit catatan, jika adonan terlalu lama di luar bisa dipastikan kue akan gagal mengembang atau bantat.

Untuk adonan kue yang tidak mengandung bahan asam, gunakan baking powder sebagai pengembang. Baking powder mengandung zat asam yang akan bereaksi menghasilkan gelembung-gelembung gas.

Baca juga: Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering

Jenis

Apa yang Harus Diketahui Seputar Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder 4 biggerbolderbaking com.jpg

Foto: biggerbolderbaking.com

Ada dua jenis baking powder yang beredar di pasaran, single-acting baking powder dan double-acting baking powder. Adonan kue yang menggunakan double-acting baking powder akan tetap mengembang bila dikukus/dipanggang walaupun lama ‘berada di ruangan’. Lain halnya adonan dengan single-acting baking powder yang langsung gagal mengembang jika tidak segera masuk oven/kukusan.

Perbedaan baking powder dan baking soda juga terasa di aroma kue yang dimasak. Kue yang menggunakan baking soda umumnya memiliki rasa getir. "Terlalu banyak memanggang soda dalam resep bisa membuatnya terasa pahit dan bersabun,” jelas Reid.

Ini alasan mengapa sebaiknya baking soda tidak digunakan dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, rasa getir bisa tertutupi dengan penggunaan bahan asam seperti yoghurt. Sebaliknya, kue yang dikembangkan dengan bantuan baking powder tidak akan terasa getir walaupun penggunaannya cukup banyak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, baking powder sendiri sudah mengandung bahan asam di dalamnya.

Bagaimana? Moms sekarang pasti sudah mengetahui perbedaan baking soda dan baking powder. Semoga setelah ini kita tidak lagi salah menggunakan pengembang saat membuat kue untuk yang tersayang.

Baca juga: 8 Kegunaan Baking Powder yang Belum Moms Ketahui

(HEN/DIN)

Artikel Terkait