PROGRAM HAMIL
18 Maret 2019

Yasmine Wildblood Hamil Anak Kedua, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil Anak Kedua!

Pasti berbeda dengan kehamilan pertama!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Lama tidak tampil di layar kaca, Yasmine Wildblood muncul dengan membawa kabar bahagia yakni kehamilan keduanya. Perempuan berusia 26 tahun itu tengah berbadan dua dengan usia kehamilan memasuki usia tiga minggu.

Berbeda dengan kehamilan pertamanya yang relatif aman dan jarang mual, pada kehamilan kedua ini, Yasmine acap kali merasa mual.

Bahkan dia menyebutkan hampir setiap pagi mengalami mual sebelum sarapan. Padahal pada kehamilan pertamanya tidak merasakan hal tersebut.

Ternyata banyak perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua. Untuk itu, berikut ini daftar yang wajib diketahui saat hamil anak kedua!

1. Beda Kehamilan, Beda Kebiasaan

629793827 h

Pada kehamilan kedua biasanya ibu hamil merasa lebih santai karena sudah pernah merasakan hamil.

Meski begitu, beda kehamilan pasti beda kebiasaan dan sensasi. Karena itu ibu wajib mengenali kesehatan dan keinginan, serta tidak menyamaratakan.

Ingat juga dengan usia Moms saat hamil kedua, hal itu juga acap kali mempengaruhi beragam kebiasaan, termasuk juga kesehatan.

2. Temukan Dokter Terbaik

pregnancy gynecology medicine health care and people concept gynecologist doctor with clipboard and pregnant woman meeting at hospital vs4q6pscx f0000

Menemukan dokter atau terbaik adalah pekerjaan terberat kala hamil, baik anak pertama maupun kedua.

Namun, kalau memang pada kehamilan pertama ibu sudah merasa dokter atau bidan yang membantu sudah yang terbaik, tentu itu akan sangat memudahkan.

Tapi kalau belum, bisa mencari berdasarkan rekomendasi kerabat dekat atau bertanya kepada dokter keluarga, perawat, maupun dokter anak.

Baca Juga: Catat, Ini Perdarahan yang Normal Terjadi di Awal Kehamilan

3. Kendalikan Berat Badan

shutterstock 494862394sss

Kehamilan kerap kali menyebabkan berat badan meningkat drastis. Bahkan banyak ibu yang sulit mengembalikan berat badan ideal pasca melahirkan anak pertama.

Kendalikan asupan ibu dengan perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan imbangi dengan rutin berolahraga agar berat badan Moms tetap terjaga.

4. Tidak Melupakan Anak Pertama

pregnancy after c section

Hamil dan mengurus rumah akan membuat ibu sibuk dengan kegiatan lain sehingga melupakan anak pertama.

Untuk itu, ibu wajib meluangkan waktu untuk merawat dan bermain bersama anak pertama sebelum bayi yang kedua lahir.

Namun, jika ibu sudah memasuki masa kehamilan trimester ketiga dan merasa kewalahan mengurus anak pertama, jangan sungkan untuk meminta bantuan suami untuk menjaga Si Kecil.

“Bila ayah dan kakak sudah punya banyak waktu bersama dan memiliki momen spesial sendiri setiap hari, hal itu akan sangat membantu si kakak untuk menerima kehadiran adiknya,” jelas Dr. Carol Crill Russell, peneliti senior di Invest in Kids.

Baca Juga: Kenapa Sering Kentut Saat Hamil? Ini Dia 3 Jawabannya

5. Persiapkan Anak Pertama untuk Menjadi Kakak

621516644 h

Selain mental Moms, anak pertama juga perlu disiapkan mentalnya untuk kehadiran keluarga baru. Apalagi selama ini, si kakak menjadi pusat perhatian, tentu bukan hal yang mudah untuknya menerima kehadiran orang baru.

Dr. Carol menyarankan beberapa aktivitas untuk memperkenalkan kakak tentang konsep adik.

“Bacakan buku cerita yang menceritakan tentang adik baru, bisa juga mengunjungi teman yang baru saja punya bayi, dan selalu libatkan kakak pada setiap persiapan menyambut adik,” ujarnya.

Moms bisa melibatkan kakak tiap kali memeriksa kehamilan, saat berbelanja perlengkapan bayi baru lahir, dan beri pengertian secara perlahan tentang kehadiran calon adik.

Dari daftar di atas yang mana yang sudah Moms lakukan? Semoga kehamilan keduanya menyenangkan ya Moms!

(TPW)

Artikel Terkait