PROGRAM HAMIL
23 Maret 2019

Yoga Hamil, Apa Manfaatnya untuk Janin?

Yoga hamil membantu Moms mempersiapkan diri untuk persalinan dan meningkatkan kesehatan bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

 

Sama seperti jenis lain dari kelas persiapan persalinan, yoga hamil adalah salah satu latihan yang fokus pada peregangan dan pernapasan.

Penelitian menunjukkan bahwa yoga hamil aman dilakukan dan memiliki banyak manfaat bagi wanita hamil dan bayinya.

Dikutip dari Mayoclinic.com, yoga hamil dapat membantu Moms memperbaiki pola tidur; mengurangi stres dan kecemasan; meningkatkan kekuatan, kelenturan dan daya tahan otot yang dibutuhkan untuk melahirkan; mengurangi sakit punggung bagian bawah, mual, sakit kepala, dan sesak napas.

Sebelum Moms ikut kelas yoga hamil untuk mendapatkan sederet manfaat di atas, ada baiknya ketahui dulu secara spesifik apa saja yang akan Moms lakukan di kelas yoga hamil beserta manfaat yang didapat.

Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

1. Fokus pada Pernafasan

pregnant woman side stretch

Foto: Yogajournal.com

Selama latihan, Moms akan fokus pada pernapasan masuk dan keluar, yang dilakukan secara perlahan dan dalam melalui hidung.

Teknik pernapasan pada yoga hamil ini dapat membantu mengurangi sesak napas selama kehamilan.

Latihan napas panjang dan dalam juga bisa membantu menenangkan Moms ketika melalui rasa sakit dalam proses persalinan, serta memicu sistem saraf dalam memperlancar pembukaan dan peregangan dinding vagina selama proses persalinan.

2. Latihan Peregangan

pregnant yoga

Foto: Psychologies.co.uk

Gerakan yoga hamil akan melibatkan sejumlah peregangan yang dilakukan sangat perlahan di berbagai area tubuh, seperti leher dan lengan.

Yoga hamil juga melatih otot panggul menjadi lebih kuat dan elastis. Hal ini membuat Moms lebih mudah melakukan persalinan secara normal.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil, Bisa Hilangkan Kecemasan Jelang Melahirkan Lho!

3. Posisi Yoga

dreamstime xl 39230162

Foto: Happyyogacastle.com

Posisi yoga dilakukan baik sambil berdiri, duduk, atau berbaring. Semua dilakukan dengan gerakan yang lembut, yang bertujuan untuk mengembangkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan.

4.  Penggabungan Gerakan dan Pernapasan

pregnancy yoga classes 3

Foto: Bubeleapp.com

Penggabungan gerakan dan pernapasan dalam yoga terbukti bisa mengurangi berbagai keluhan di masa kehamilan, misalnya rasa sakit pada pinggang dan punggung, rasa nyeri pada persendian, sembelit, serta pembengkakan pada kaki.

5. Mengontrol Pernapasan

prenatal yoga

Foto: Healthworks.my

Tidak asal bernapas, Riana A. Singgih, instruktur Yoga bersertifikat Iyengar Yoga Institute Pune, India, sekaligus pemilik studio Yoga Light, Simprug, Jakarta Selatan, mengatakan bahwa melakukan pernapasan terkontrol selama hamil bisa menyelaraskan jiwa dan raga.

Latihan mengontrol pernapasan ini akan membantu membersihkan racun tubuh melalui pengeluaran hormon-hormon. Dengan teknik kontrol pernapasan, Moms juga secara langsung akan melatih pikiran untuk melepaskan dorongan emosional yang terpendam, seperti stres, kekhawatiran, dan amarah.

Baca Juga: Untuk Para Bumil, Sudah Tahu Belum Manfaat Ikut Senam Hamil?

6. Gerakan Yoga Hamil

pregnancy yoga class

Foto: Theorangegroveclonic.co.uk

Gerakan yang dilakukan pada yoga hamil dirancang khusus untuk melatih otot-otot rahim, agar bisa menunjang ruang gerak janin di dalam kandungan sehingga janin bisa berkembang dan bergerak dengan optimal.

Itulah beberapa manfaat yang akan Moms dan janin dapatkan dari yoga hamil. Banyak sekali ya Moms?

(VAN)

Artikel Terkait