KESEHATAN
6 Februari 2019

Yuk Kenali 7 Penyebab Sariawan

Pasta gigi dan obat kumur bisa jadi salah satu penyebabnya lho Moms
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sariawan memang menyebalkan ya Moms. Rasa sakit dan perihnya membuat kita jadi susah makan bahkan susah bicara. Terkadang, sariawan muncul begitu saja tanpa diketahui penyebabnya.

Dikutip dari Mayoclinic.com, penyebab sariawan memang tidak diketahui secara jelas. Namun, peneliti mencurigai bahwa sariawan terjadi karena adanya faktor yang memicu.

Kira-kira, apa saja faktor yang bisa memicu munculnya sariawan? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

Baca Juga : Kenali 4 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Luka di Area Mulut

Luka kecil di area mulut karena tergigit, terkena alat dokter gigi, sikat gigi, atau yang lainnya bisa memicu munculnya sariawan.

Pasta Gigi dan Obat Kumur

Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauril sulfat bisa memicu munculnya sariawan.

Makanan

Makanan seperti coklat, kopi, stroberi, telur, kacang, keju, makanan pedas, dan makanan asam bisa memicu sariawan. Makanan yang minim kandungan vitamin B-12, zink, asam folat, atau zat besi.

Baca Juga : Jengkol VS Petai, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

Alergi

Alergi pada bakteri tertentu di bisa memicu munculnya sariawan. Sariawan menjadi reaksi tubuh terhadap bakteri tersebut. Helicobacter pylori, the same bacteria that cause peptic ulcers

Hormon

Perubahan hormon saat menstruasi bukan hanya menimbulkan jerawat di wajah, tapi juga bisa memicu datangnya sariawan.

Stres

Stres juga ternyata bisa jadi penyebab munculnya sariawan lho Moms. jadi, sebaiknya Moms selalu menjaga diri agar tidak sampai stres ya.

Pengaruh Penyakit

Sariawan juga bisa disebabkan oleh penyakit. Ada berbagai penyakit yang bisa menyebabkan sariawan, seperti penyakit celiac, radang di area perut, atau HIV/AIDS.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa memicu munculnya sariawan. Kira-kira, apa penyebab sariawan yang pernah Moms alami? Share yuk!

(AND)

Artikel Terkait