2-3 TAHUN
4 April 2018

Yuk Ajak Anak Berdiskusi Sejak Dini, Ini 4 Manfaat Baik Untuk Si Kecil!

Untuk perkembangan pola pikir dan kecerdasan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Semua orang tua tahu kalau setiap balita memiliki kebiasaan yang unik dan berbeda. Ada yang senang bermain sendiri, ada juga yang cerewet dan senang bertanya pada orang lain. Nah, tahukah Moms kalau proses bertanya ini ternyata bisa dikembangkan lagi menjadi proses diskusi?

Proses diskusi sebenarnya dapat dilakukan sedini mungkin, bahkan sebelum si kecil bisa berbicara dengan lancar. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa proses diskusi atau bertukar pikiran ini memiliki banyak manfaat yang akan berpengaruh positif terhadap tumbuh kembang otaknya, seperti diantaranya:

1. Meningkatkan Kemampuan Proses Informasi

moms yuk mulai ajak si kecil berdiskusi sejak dini 1
blog.nestchestnuthill.com

Diskusi dan kegiatan bertukar pikiran sangat erat kaitannya dengan kemampuan otak dalam menyaring dan memproses informasi yang masuk. Saat balita sering kita ajak bercerita dan melakukan diskusi, otaknya secara langsung akan terlatih untuk mempercepat proses informasi yang diterima.

Kemampuan ini sebenarnya tidak akan terlalu terlihat saat anak berusia balita, tapi saat dia sudah mulai sekolah dan belajar tentang berbagai macam subjek pelajaran, kemampuan ini akan sangat terlihat sehingga si kecil dapat belajar banyak pelajaran tanpa kesulitan.

2. Meningkatkan Kreativitas & Kecerdasan Spasial

moms yuk mulai ajak si kecil berdiskusi sejak dini 2
pinterest.com

Entah disadari atau tidak, proses bertukar pikiran dan melakukan diskusi bersama tentang suatu subjek ternyata membutuhkan banyak sekali kreativitas dan imajinasi. Tidak jarang kita harus membuat visualisasi topik yang sedang dibahas, baik itu berupa bentuk ataupun suara.

Bila proses diskusi dengan si kecil dilakukan dengan rutin setiap hari, bukan tidak mungkin dia dapat memiliki kreativitas dan imajinasi yang lebih baik dibandingkan anak seumurannya. Selain itu, bakat terpendam yang dimliki si kecil akan lebih mudah terlihat untuk dikembangkan secara positif.

Baca Juga : Ini 4 Metode Terapi Berbicara Terbaik Untuk Balita

3. Meningkatkan Skill Kognitif & Pemecahan Masalah

moms yuk mulai ajak si kecil berdiskusi sejak dini 3
leda.pasalo.info

Skill kognitif dan kecerdasan spasial sangat diperlukan saat balita mulai masuk sekolah. Tanpa skill kognitif yang mumpuni, dia akan kesulitan mengikuti bahan ajar dan kurikulum yang diajarkan disekolahnya. Balita juga jadi kesulitan memecahkan masalah yang diberikan, sehingga akan mengganggu proses belajarnya.

Nah, disinilah proses diskusi dibutuhkan untuk meningkatkan skill kognitif dan pemecahan masalah yang dimiliki oleh si kecil. Dengan adanya aktivitas saling bertanya, menjawab dan bertukar pikiran, maka performa otak si kecil akan bekerja lebih baik sehingga dia dapat mencari solusi masalah dengan cepat.

4. Membuatnya Dapat Berpikir Mandiri

moms yuk mulai ajak si kecil berdiskusi sejak dini 4
entrepreneur.com

Berpikir mandiri adalah sebuah kemampuan yang sangat penting bagi perkembangan seorang balita. Kemampuan berpikir mandiri dibutuhkan oleh si kecil untuk dapat menyelesaikan setiap masalah yang ditemuinya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Artinya, kemampuan berpikir mandiri akan membuat mental si kecil lebih kuat, tahan terhadap tekanan stress, dan tidak akan mengandalkan orang lain sebelum mencoba menyelesaikannya sendiri.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapat bila Moms sering mengajaknya diskusi sejak dini. Menurut Moms, topik apa yang paling cocok didiskusikan dengan balita

(WA)

Artikel Terkait