PARENTING
9 Desember 2019

Yuk, Asah Jiwa Wirausaha Anak Sejak Dini

Membuat Si Kecil tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan kreatif
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dulu, jalur karier sangat sederhana. Pilihannya, Moms meneruskan profesi orang tua kita, atau sekolah dan bekerja sesuai bidang ilmu yang Moms dapat di sekolah.

Tetapi, generasi saat ini tidak akan lagi mengalami hal itu. Ada banyak pilihan karier bagi anak-anak Moms kelak, banyak di antaranya merupakan karier kreatif yang tidak ada pendidikannya.

Itu sebabnya, penting bagi Moms untuk menumbuhkan jiwa wirausaha anak sejak dini. Meski tak melulu soal menjadi pengusaha, ada banyak hal yang bisa dipelajari Si Kecil dari sini.

Si Kecil dapat belajar agar lebih bertanggung jawab dan berani mengejar kesempatan dan memperkenalkan wirausaha sejak kecil juga akan mengasah rasa percaya diri dan kreativitas Si Kecil.

Lalu, bagaimana cara Moms memperkenalkan wirausaha pada anak? Simak caranya, seperti dikutip dari theparentingplace.com.

1. Ajari Si Kecil Tentang Pentingnya Uang

anak wirausaha

Foto: pexels.com

Bukan bermaksud mengajari Si Kecil menjadi seseorang yang materialistis. Tapi, Moms bisa memulainya dengan melibatkan anak dalam semua percakapan seputar nilai barang, pilihan pembayaran saat melakukan pembelian, tabungan, membayar tagihan tepat waktu, anggaran belanja atau liburan, dan investasi.

Dorong Si Kecil untuk menghargai nilai uang, dengan menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Katakan bahwa uang tabungannya akan membantu mewujudkan apapun mimpinya kelak, misalnya untuk membeli konsol game terbaru, atau liburan ke luar negeri.

Baca Juga: 5 Tanda Moms Lebih Cocok Menjadi Wirausahawan Daripada Karyawan

2. Ikutsertakan Anak Dalam Kegiatan Wirausaha

anak wirausaha

Foto: smallbiztrends.com

Beberapa sekolah mulai memasukkan wirausaha sebagai bagian dari topik pembelajaran anak, salah satunya dengan rutin mengadakan kegiatan Business Day, di mana anak diberi kesempatan untuk melakukan transaksi jual beli, baik sebagai penjual maupun pembeli.

Nah, Moms bisa bantu Si Kecil untuk menentukan produk apa yang bisa ia jual. Jangan sekadar jualan, tetapi bicarakan juga tentang kontrol kualitas dan teknik promosi agar barang dagangannya tampil menarik.

Baca Juga: Tanda Anda Lebih Cocok Menjadi Wirausahawan Daripada Pegawai

3. Perkenalkan Si Kecil Kepada Kerabat yang Seorang Wirausaha

anak wirausaha

Foto: pexels.com

Jika Moms atau Dads bukanlah seorang wirausahawan, mungkin Moms punya kerabat yang memiliki bisnis sendiri. Perkenalkan Si Kecil kepadanya, dan tunjukkan padanya jenis pekerjaan yang dilakukan kerabat tersebut.

Moms bisa minta si kerabat untuk bercerita pada Si Kecil hal-hal apa saja yang telah dilakukannya untuk mengembangkan usaha tersebut.

Dikutip dari mother.ly, seorang pengusaha asal Amerika yang memulai bisnis pakaian dan tekstil hampir 40 tahun yang lalu, April Cornell, mengatakan bahwa melihat orang lain yang mencoba melakukan wirausaha, lengkap dengan proses jatuh dan bangunnya, adalah contoh yang baik bagi Si Kecil.

Itulah 3 hal paling dasar yang bisa Moms lakukan untuk memperkenalkan wirausaha pada Si Kecil sejak dini. Dan yang paling penting, lakukan hal ini secara konsisten, ya, Moms. Semoga Si Kecil kelak berhasil menjadi pengusaha yang sukses.

Bila Moms juga sedang berencana membangun bisnis atau sudah menjalaninya, Moms bisa bergabung dengan group chat di aplikasi Orami Parenting.

aplikasi orami parenting

Di aplikasi ini, Moms dapat bertukar pengalaman dengan sesama ibu-ibu mompreneur, juga mendapatkan saran dari expert. Klik di sini untuk download aplikasi Orami Parenting!

(VAN/IRN)

Artikel Terkait