KESEHATAN
16 Desember 2019

10 Bahan Alami untuk Mengatasi Kebotakan

Siapa sangka bawang merah bisa bantu mengatasi kebotakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rambut rontok yang berlebihan bisa jadi mimpi buruk ya Moms. Apalagi rontok yang tak berkesudahan. Ketakutan terbesar kita adalah menjadi botak.

Menurut pakar nutrisi ISSA certified Kushneet Kukreja, ketakutan tersebut cukup beralasan. Karena kebotakan tidak hanya terjadi pada para lansia. "Tapi juga banyak orang muda yang mengalami kebotakan saat ini," kata Kushneet seperti dikutip dari stylecraze.com.

Kushneet mengungkapkan, ada beberapa penyebab kebotakan yang sering terjadi. Di antaranya pilihan gaya hidup yang buruk, termasuk kurangnya nutrisi yang cukup ditambah dengan stres. Hal tersebut menyebabkan kebotakan bisa terjadi lebih dini.

Memang, masalah kebotakan paling banyak melanda para pria, tapi bukan berarti perempuan tidak bisa mengalami kebotakan lho Moms. "Ternyata, ada beberapa perempuan yang harus mengalami masalah kebotakan," ujar Kushneet.

Bahan Alami untuk Mengatasi Kebotakan

Nah, untuk mengatasi kebotakan ini, tidak sedikit orang yang memilih melakukan transplantasi rambut. Tapi sebelum memutuskan transplantasi, tidak salahnya moms, kita mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi kebotakan di bawah ini.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ini 7 Hal yang Jadi Penyebab Kebotakan

1. Minyak Jojoba

Jojoba oil.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang pertama adalah minyak jojoba. Kulit kepala yang mengalami kekeringan yang parah dan berkepanjangan biasanya berdampak pada munculnya ketombe dan meningkatkan kerontokan.

Nah, minyak jojoba ini adalah salah satu bahan alami untuk perawatan rambut rontok yang paling bagus. Karena minyak jojoba ini mampu melembahkan folikel-folikel rambut di kulit kepala, sehingga membuat rambut menjadi sehat dan kuat.

Minyak ini juga membantu sel-sel rambut mereproduksi lebih cepat dan keuntungan lainnya adalah, tidak meninggalkan residu yang lengket di kepala, setelah kita mencuci rambut.

Untuk membuat ramuan alami dari minyak jojoba oil, cukup panaskan beberapa tetes minyak di tangan, usapkan pada akar kulit kepala dan kemudian dibilas. Setelah 10-15 menit, baru gunakan shampo dan conditioner seperti biasa.

2. Lidah Buaya

Aloe vera.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu obat alami yang ampuh mengatasi kerontokan. Lidah buaya memiliki sejumlah manfaat, yakni mampu menyejukkan dan menenangkan kulit kepala, kemudian juga mendorong sel-sel rambut untuk saling melengkapi dan berkembang.

Penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa lidah buaya mengandung vitamin A, C, and E. Semua vitami itu berperan untuk mengganti sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, dan rambut yang berkilau.

Selain itu, lidah buaya juga membantu membersihkan sebum, yang menyumbat folikel dan menghambat pertumbuhan rambut.

Nah, untuk menggunakan lidah buaya sebagai perawatan rambut, caranya cukup usapkan aloe vera gel di kepala dan pijat di area kulit kepala, atau bisa juga kita memakai shampo dengan bahan dasar aloe vera.

3. Akar Licorice

Akar licorice .jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah akar licorice. Akar licorice memiliki banyak manfaat jika berkaitan dengan perawatan kebotakan. Akar licorice ini bekerja untuk meredakan batok kepala yang kering dan teriritasi.

Tapi, yang paling utama, akar licorice ini mampu membuka pori-pori dan menguatkan folikel rambut, yang biasanya menyebabkan kebotakan.

Bagi moms yang ingin melihat hasil instan dari akar licorice untuk masalah kebotakan ini, sebaiknya mulai mengonsumsi akar licorice yang biasanya tersedia dalam bentuk teh setiap minggu.

4. Sari Bawang Merah

Bawang merah.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah sari bawang merah. Jurnal Dermatologi pernah memublikasikan studi yang menemukan bahwa sari bawang merah ini mampu mendukung pertumbuhan rambut dengan masif. Setelah mengaplikasikan sari bawang merah ke kulit kepala, dua kali sehari selama enam minggu, 20 dari 23 partisipan melihat hasil positif.

Studi tersebut memastikan bahwa sari bawang merah ini memang berkhasiat bagi masalah kebotakan. Bawang merah memang dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi kebotakan.

Kandungan sulfur dalam bawang merah mampu meningkatkan sirkulasi darah, selain itu juga mendorong pertumbuhan kolagen. Kandungan antioksidan dari bawang merah ini juga membantu merawat kulit kepala yang terinfeksi.

Bagaimana cara membuatnya, cukup sediakan beberapa siung bawang merah, lalu cincang halus dan peras hingga keluar sarinya. Aplikasikan sari bawang merah tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan shampoo seperti biasa.

5. Minyak Rosemary

Rosemary oil.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah minyak rosemary. Saat ini tidak sulit mendapatkan berbagai jenis essential oil di Indonesia, termasuk jenis rosemary oil ini. Nah, minyak essensial satu ini memiliki kandungan antiseptik yang membantu merawat kulit kepala kering, gatal dan berketombe yang memicu kebotakan.

Berdasarkan sebuah pembahasan dalam Jurnal Internasional Bioteknologi, minyak ini memiliki kandungan antibakterial dan antioksidan yang cukup tinggi, dimana keduanya mendorong rambut tumbuh kembali.

Cara menggunakannya sangat mudah, rosemary oil ini mampu menjadi stimulan yang kuat jika diaplikasikan secara langsung pada kulit kepala.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasannya Mengapa Pria Lebih Cepat Botak Daripada Wanita

6. Bawang Putih

Bawang putih.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah bawang putih. Dalam sebuah studi di tahun 2007, para peneliti dermatologi menemukan bahwa dengan mengaplikasikan gel berbahan dasar bawang putih pada area yang mengalami kebotakan, bersama dengan perawatan steroid, bisa merangsang pertumbuhan rambut kembali.

Perawatan tersebut juga mampu memperkuat rambut yang masih ada di kulit kepala. Hampir seperti bawang merah, bawang putih juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang secara natural bisa mengatasi kebotakan.

Cara menggunakan ramuan bawang putih ini, cukup hancurkan satu siung bawang putih dengan blender. Kemudian aplikasikan ke kulit kepala.

7. Santan

Santan.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah santan. Ternyata ada alasannya mengapa banyak shampo dan conditioner berbahan dasar kelapa. Kelapa dikenal mampu melembabkan. Nah, salah satu faktor dominan dari kebotakan adalah kulit kepala yang rusak karena kering.

Untuk mengembalikan kondisi kulit kepala tersebut, gunakan santan untuk memijat akar rambut dan biarkan selama 10 menit.

8. Cuka apel

Cuka apel.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah cuka apel. Kebotakan tidak hanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering tapi juga karena folikel rambut yang tersumbat. Untuk mencegah penyumbatan folikel ini, cobalah basuh kulit kepala dengan campuran cuka apel dan air.

Perawatan alami ini mampu membuka pori-pori yang tersumbat serta mendorong pertumbuhan rambut kembali.

9. Safflower oil

Safflower oil.jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah safflower oil. Selain minyak rosemary dan jojoba, minyak safflower juga memiliki kemampua menguatkan folikel yang kering serta melawan ketombe.

Minyak ini juga akan memperbaiki kulit kepala dengan cara menetralkan folikel dan menguatkan sel-sel rambut dari dalam. Cara mengaplikasikannya, cukup pijat kulit kepala dengan minyak safflower.

10. Telur

Telur (1).jpg

Bahan alami untuk mengatasi kebotakan yang selanjutnya adalah telur. Masker rambut berbahan dasar telur sudah terbukti mampu mengatasi kebotakan. Telur mendorong pertumbuhan rambut karena mengandung protein tinggi. Protein keratin yang dimiliki telur mencapai 70 persen.

Untuk pemakaiannya, campurkan sebutir telur dan satu sendok makan olive oil dalam sebuah mangkuk kecil. Setelah keramas, balurkan racikan masker telur tersebut pada rambut yang masih basah, tutup dengan shower cap dan diamkan sekitar 10 menit.

Setelah masker dirasa sudah terserap, bilas rambut dengan conditioner.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Transplantasi Rambut untuk Mengatasi Botak

Itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi kebotakan. Jadi kebotakan bukan akhir dari segalanya ya moms. Dengan rutin menggunakan bahan-bahan alami di atas, rambut bisa kembali tumbuh lebih sehat. Selamat mencoba!

(SERA)

Artikel Terkait