3-5 TAHUN
12 Juni 2019

Yuk, Bacakan 5 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik Ini untuk Anak-Anak Moms

Alternatif tepat untuk Si Kecil yang mau tidur
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mendapatkan kualitas tidur yang baik akan menjadikan kita lebih baik, begitu juga dengan anak-anak. Setelah tidur dengan nyenyak, Si Kecil akan lebih segar dan semangat menjalani aktivitasnya. Namun yang menjadi masalah, sulit mengajak buah hati untuk tidur tepat waktu.

Di sinilah Moms bisa menjadikan dongeng sebelum tidur sebagai solusi. Daripada membuat mereka tetap terjaga dan aktif di waktu malam, dongeng sebelum tidur terdengar lebih menarik untuk memberikan relaksasi, kenyamanan, hingga buah hati Moms siap untuk tidur.

Nah di bawah ini ada beberapa rekomendasi dongeng sebelum tidur baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang bisa Moms pakai untuk diceritakan pada anak. Simak ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

1. Where the Wild Things Are

Moms, Ini 5 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik untuk Anak-anak 01.jpg

Jangan takut untuk membawakan dongeng tentang monster untuk Si Kecil. Buku ini bercerita tentang kisah petualangan seorang bocah laki-laki bernama Max yang pergi dari rumahnya, lalu berlayar ke pulau imajinasinya, Wild Things besama makhluk-makhluk besar dan berbulu. Di pulau ini Max menjadi raja dari makhluk tersebut.

Meski terdengar cukup seram, dongeng ini memiliki plot yang hebat dan akhir yang bahagia. Buku dongeng ini telah terbukti sangat populer di kalangan jutaan anak muda di seluruh dunia.

2. Kancil dan Buaya

Kancil dan Buaya adalah dongeng asal Indonesia yang memang biasa dijadikan sebagai dongeng sebelum tidur.

Dongeng ini bercerita mengenai seekor kancil yang cerdas, yang ingin menyebrangi sungai, namun jembatannya rusak sehingga tidak bisa disebrangi. Lalu dengan akal cerdiknya berhasil menyeberangi sungai dengan buaya yang dibohonginya.

Selain mendengar cerita yang seru, Moms bisa memberikan pesan moral yang baik untuk Si Kecil di akhir cerita.

3. The Cat in the Hat

Moms, Ini 5 Dongeng sebelum Tidur Terbaik untuk Anak-anak 03.jpg

Buku-buku dari Dr. Seuss memang selalu menarik untuk dijadikan dongeng sebelum tidur. Nah, The Cat in the Hat ini adalah cerita klasik anak-anak yang pertama dan paling terkenal lho Moms

Intinya buku ini bercerita tentang kucing gila dengan sebuah topi konyolnya yang selalu menyebabkan kekacauan, namun dalam cara yang menyenangkan dan kreatif. Cerita ini ideal untuk anak-anak usia 5 hingga 7 tahun yang menyukai petualangan tentang binatang.

Baca Juga: 6 Cerita Dongeng yang Bisa Dikenalkan Pada Anak

4. Gajah yang Baik Hati

Di Indonesia juga ada lho dongeng mengenai binatang. Cerita tentang binatang dikenal dengan nama cerita fabel.

Gajah yang Baik Hati ini berkisah tentang seekor gajah bertubuh besar dan gemuk yang gemar sekali menolong teman-temannya sesama binatang tanpa pandang bulu, harimau sekalipun.

Jika ia sedang berkeliling dan mendengar ada yang sedang kesusahan, ia tidak akan segan membantunya. Dongeng ini juga memiliki pesan moral yang baik, yaitu mengajarkan kita untuk selalu bersikap baik kepada siapa saja.

5. Fantastic Mr. Fox

Moms, Ini 5 Dongeng sebelum Tidur Terbaik untuk Anak-anak 05.jpg

Dari The BFG hingga Charlie and the Chocolate Factory, buku milik Roald Dahl’s selalu menghibur generasi anak-anak dan seperti tidak pernah lekang oleh waktu.

Buku ini bercerita tentang keluarga rubah yang dan keempat anaknya yang tinggal dalam satu lubang besar dan setiap hari kerjaannya hanya mencuri hewan ternak dari tiga orang petani yang menyebalkan.

Hingga akhirnya ketiga petani tersebut berencana untuk menangkap Mr. Fox, namun tidak berhasil karena kecerdikan Mr. Fox

Itulah beberapa dongeng terbaik yang bisa Moms gunakan untuk digunakan sebagai dongeng sebelum tidur untuk anak-anak.

(AWD)

Artikel Terkait