KESEHATAN
13 April 2019

Yuk, Cari Tahu Makanan Penurun Darah Tinggi!

Berikut makanan untuk mencegah darah tinggi kambuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

 

Kebanyakan orang yang mengidap penyakit darah tinggi atau biasa disebut hipertensi, berujung pada stroke. Penderita darah tinggi biasanya sering mengeluhkan sakit kepala dan pusing, serta mengalami gangguan pada penglihatan.

Penyebab darah tinggi kumat sebagian besar dikarenakan oleh makanan yang mengandung banyak garam. Memang nyatanya masih banyak hal-hal yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi naik, seperti stres berlebihan, obesitas, alkohol, rokok, atau jarang berolahraga.

Namun, tenang saja Moms! Ada banyak yang cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kambuhnya penyakit ini.  

Oleh karena itu, mulailah mencegah daripada mengobati. Moms bisa coba mengonsumsi makanan-makanan penurun darah tinggi yang dapat mengurangi risiko terjadinya hipertensi.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kepadatan Tulang Berkurang, Bisa Berujung Osteoporosis!

Kacang Putih

Selain dapat menurunkan berat badan, kacang putih juga memiliki berbagai jenis zat yang dapat menggantikan peran garam sehingga dapat menghindarkan Moms dari komplikasi darah tinggi.

Kacang putih sendiri memiliki kandungan kalsium sebesar 13%, magnesium 30%, dan potasium sebanyak 24% yang sangat dibutuhkan tubuh tiap harinya.

Cokelat

Sangat menyenangkan bukan saat Moms tahu bahwa cokelat bisa juga digunakan untuk menurunkan darah tinggi! Hal ini karena cokelat adalah sumber antioksidan sehingga dapat memberi pengaruh positif dalam mengendalikan tekanan darah.

Apalagi jika cokelat yang Moms pilih adalah cokelat hitam murni karena jenis ini memiliki kandung flavonoid yang tinggi dan dapat memberikan rasa rileks.

Susu Skim

Susu tanpa lemak memang sangat baik untuk tubuh! Dengan kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya, susu ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 3-10%.

Ditambah lagi, dengan minum susu skim secara teratur dapat memperbaiki sistem kardiovaskular dalam tubuh, yang sangat memiliki peran penting pada sistem peredaran darah.

Pisang

Buah yang manis dan lezat untuk dijadikan snack. Selain itu, pisang mempunyai kalium yang berfungsi untuk membantu mengembalikan keseimbangan komposisi darah. Sakit pada kepala pun sekejap akan hilang berkat zat potasium di dalamnya.

Bayam

Salah satu jenis sayuran hijau yang kaya manfaat ini memiliki serat yang tinggi, rendah kalori, dan mengandung banyak nutrisi potasium, folat, dan magnesium yang lagi-lagi berfungsi untuk menurunkan darah tinggi.

Baca Juga: Wajib Waspada, Ini Dia Perbedaan di Tiap Stadium Kanker Payudara

Usahakan untuk selalu memakai bayam sebagai pelengkap makan besar Moms. Atau, campurkan sayur bayam pada salad yang segar untuk menikmatinya dengan sensasi berbeda.

Semoga beberapa makanan di atas berdampak untuk kesehatan Moms yah! Kini, tidak perlu khawatir apabila Moms didiagnosa dengan penyakit hipertensi karena ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak terjadi komplikasi darah tinggi.

Lalu, apakah ada alternatif lain yang Moms punya untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Foto: pexels.com

(DAN)

Artikel Terkait