FASHION & BEAUTY
2 Juli 2019

Yuk Cari Tahu Manfaat Witch Hazel dalam Skincare!

Jerawat di wajah bisa diatasi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa itu witch hazel? Witch hazel adalah tanaman herbal yang tumbuh di Amerika sebelah Utara, dan sering digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit.

Biasa daun dan kulit kayu witch hazel dibuat menjadi teh dan salep. Kemudian sering diaplikasikan pada kulit dan kulit kepala. Bahan ini terkenal mampu meredakan peradangan dan kulit yang sensitif.

Seperti yang disebutkan, salah satu manfaatnya adalah untuk kecantikan, jika bahan witch hazel dipakai dalam produk skincare, apa ya khasiat dan kegunaannya? Yuk kita cari tahu manfaat witch hazel untuk kulit!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner di Bawah 50 Ribu Agar Wajah Selalu Segar di Bulan Puasa

1. Mengobati Jerawat

manfaat witch hazel

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat anti inflamasi yang kuat dalam witch hazel mampu mengobati jerawat. Caranya dengan mengaplikasikan secara langsung pada kulit yang berjerawat.

Bahan ini juga mampu mencegah bakteri penyebab jerawat sekaligus infeksi kulit. Oleh karena itu, bahan ini seringkali ditambahkan dalam produk jerawat yang dijual bebas dan sangat berguna untuk Moms yang memiliki tipe kulit berminyak.

2. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

witch hazel

Salah satu manfaat witch hazel adalah dapat membantu melawan penuaan dini.

“Secara teoritis, kandungan witch hazel memiliki sifat antioksidan yang mampu membantu mengurangi dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit akibat sinar UV dan oksidasi polusi udara,” ujar Tsippora Shainhouse, dokter spesialis kulit bersertifikat di Los Angeles.

Menurut Tsippora, sifat astringennya membuat kulit wajah terlihat lebih kencang.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan di Kulit

3. Mengecilkan Pori-pori

manfaat witch hazel

“Witch hazel kaya akan senyawa penyusun yang membuat protein di dalam sel-sel kulit menyatu,” kata Deborah Longwill, ahli dermatologi bersertifikat dan pendiri Miami Center for Dermatology.

Makanya produk yang witch hazel akan membuat pori-pori wajah Moms tampak lebih kecil.

4. Mengurangi Peradangan

manfaat witch hazel

Manfaat witch hazel dipercaya dapat menenangkan keadaan kulit yang merah, mengalami iritasi, atau bernoda.

Menurut Dr. Shainhouse, witch hazel bisa dijadikan sebagai produk yang berguna untuk kulit berjerawat, digigit serangga, atau terkena sengatan sinar matahari yang mengganggu penampilan.

5. Mengangkat Minyak pada Kulit

witch hazel

Witch hazel yang kaya akan antioksidan dengan tanin, bertindak sebagai zat alami pada kulit yang dapat membantu mengurangi kelebihan minyak,” kata Dr. Schlessinger. Inilah sebabnya mengapa bahan ini merupakan bahan yang populer dalam toner.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Bebas Kilap

6. Menenangkan Mata Bengkak

manfaat witch hazel

Menurut Dr. Longwill, berkat sifat anti inflamasi dan astringennya, manfaat witch hazel adalah dapat mengurangi bengkak dan menenangkan area di bawah mata. Selain itu, juga memberikan efek pengencangan.

7. Memperbaiki Warna Kulit

witch hazel

“Manfaat witch hazel lainnya, selain mengecilkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mengencangkan kulit, juga mampu memperbaiki warna kulit agar lebih merata,” kata Dr. Longwill.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat yang diberikan oleh witch hazel ini. Moms punya salah satu produk yang mengandung bahan ini?

Artikel Terkait