BALITA DAN ANAK
21 Juli 2019

Yuk, Coba 5 Aktivitas dengan Jepit Baju untuk Mengasah Motorik Halus Balita

Latih motorik halus dan koordinasi mata-tangan balita
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di luar fungsinya untuk menjemur baju, ternyata ada banyak aktivitas dengan jepit baju lain yang bisa membantu mengasah motorik halus balita lho, Moms.

Moms tentu sudah tahu, kalau yang dimaksud dengan motorik halus adalah keterampilan menggunakan otot kecil pada jari dan tangan, serta berkaitan erat dengan koordinasi mata dan tangan.

Seperti dikatakan psikolog sekolah Ann Logsdon, kemampuan motorik halus sangat penting untuk mendukung kemandirian, aktivitas hidup, dan proses belajar Si Kecil. Mulai dari makan, menulis, mandi, keramas, juga memakai baju sendiri.

Nah, gerakan menjepit yang dilakukan balita saat melakukan aktivitas dengan jepit baju adalah salah satu cara untuk menguatkan motorik halusnya.

Yuk Moms, lihat dulu beberapa inspirasi aktivitas dengan jepit baju yang bisa dilakukan di rumah.

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

1. Menjepit Sesuai Warna

Yuk, Coba 5 Aktivitas Dengan Jepit Baju Untuk Mengasah Motorik Halus Balita 1.jpg

Ittybittysunshine.com

Moms sedang mengenalkan berbagai jenis warna pada Si Kecil? Sekalian saja melakukannya dengan bantuan jepit baju.

Cukup siapkan stik es krim yang diberi beberapa warna berbeda. Setelah itu, minta buah hati mencocokkan jepit baju dengan warna yang sama di stik es krim.

Seiring dengan kemampuannya yang semakin baik, Moms bisa menambah tingkat kesulitan dengan mewarnai stik es krim dengan lebih banyak warna atau mempersempit luas bidang warna.

Moms juga bisa menggunakan piring kertas, kain flanel, atau kertas warna sebagai pengganti stik es krim.

2. Menjepit Baju Kertas

Yuk, Coba 5 Aktivitas Dengan Jepit Baju Untuk Mengasah Motorik Halus Balita 2.jpg

Pinterest.com

Nah, ini adalah salah satu aktivitas dengan jepit baju yang disarankan oleh guru pendidikan usia dini Vanessa Levin dalam situs Pre-K Pages.

Aktivitas dengan jepit baju ini bisa jadi keseruan tersendiri bagi balita yang selalu senang meniru aktivitas orang dewasa lho, Moms.

Ajak buah hati membuat “jemuran” dari stik es krim dan benang wol, kemudian potong lembaran kain flanel menjadi baju, celana, rok, atau kaus kaki.

Setelah mencontohkan Si Kecil cara menjepit di tali, biarkan dia asyik bereksperimen dan mencoba sendiri.

Baca Juga: 4 Aktivitas Untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Abstrak Balita

3. Mencocokkan Jepit Dengan Huruf

Yuk, Coba 5 Aktivitas Dengan Jepit Baju Untuk Mengasah Motorik Halus Balita 3.jpg

Thekindergartenconnection.com

Untuk Moms yang ingin menguatkan motorik halus balita sambil mengenalkan huruf atau mengajarkan membaca, aktivitas dengan jepit baju ini wajib dicoba!

Masih menggunakan piring kertas, tapi kali ini Moms harus menuliskan huruf di tepiannya. Boleh huruf berurutan, acak, ataupun membentuk kata sesuai dengan tingkat kemahiran buah hati.

Setelah memberikan tanda huruf pada setiap jepit baju, minta Si Kecil mencocokkan jepit dengan huruf yang ada di tepian piring kertas.

4. Berhitung Dengan Jepit Baju

Yuk, Coba 5 Aktivitas Dengan Jepit Baju Untuk Mengasah Motorik Halus Balita 4.jpg

Youtube.com

Aktivitas dengan jepit baju juga bisa memberikan stimulasi multisensori yang membantu balita belajar berhitung lho, Moms.

Sediakan jepit baju dan kertas beraneka bentuk yang masing-masing dilabeli dengan angka berbeda. Nah, tugas Si Kecil adalah menjepitkan jepit baju di kertas dengan jumlah yang sama dengan angka di label.

5. Memindahkan Benda Kecil dengan Jepit Baju

Yuk, Coba 5 Aktivitas Dengan Jepit Baju Untuk Mengasah Motorik Halus Balita 5.jpg

Busytoddler.com

Untuk mengisi waktu luang sambil menguatkan motorik halus, Moms juga bisa mengajak Si Kecil memindahkan atau menyortir benda kecil dengan menggunakan jepit baju.

Sebagai contoh, Moms bisa campurkan pom-pom atau manik kayu beraneka warna dalam sebuah wadah besar lalu minta Si Kecil untuk menyortirnya berdasarkan warna di wadah lain yang lebih kecil.

Kalau tangan balita masih belum kuat menggunakan jepit baju besar, Moms bisa ganti dengan jepit kayu kecil yang biasa digunakan untuk dekorasi.

Baca Juga: Seru dan Bermanfaat, Coba 5 Aktivitas Mendengar Aktif untuk Balita Ini

Apa Moms tahu, aktivitas dengan jepit baju lain yang bisa dilakukan oleh balita? Share yuk!

(WA)

Artikel Terkait