KESEHATAN
5 Januari 2017

Yuk Contoh Diet Ala Pelari Marathon yang Super Sehat

Dengan menu makanan sehat, badan ideal bisa tercapai
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tertarikkah Anda mencoba diet ala pelari marathon?

Para pelari marathon memiliki tubuh yang lebih ramping daripada atlet lainnya karena lemak mereka terbakar lebih banyak daripada atlet lainnya. Bayangkan saja, dalam turnamen lari marathon, para atlet harus menempuh jarak 42 km!

Selayaknya seorang atlet, para pelari marathon pun harus mengonsumsi menu makanan khusus. Menu makanan pun diatur sedemikian rupa untuk memenuhi asupan gizi mereka. Anda pun bisa mencontoh menu asupan pelari marathon di makanan untuk diet sehat Anda.

1. Breakfast

recipe chia yogurt berries

foto: thechiaco.com

Untuk sarapan, para atlet memulai diet ala pelari marathon dengan makanan tinggi protein tanpa lemak dan karbohidrat seperti yoghurt yang ditambahkan chia seed dan buah ceri.

Untuk Anda yang suka melakukan olahraga lari pagi, Anda bisa meminum segelas kopi karena kafein dikenal dapat membantu diet seorang atlet lari. Selain membuat atlet lebih bertenaga, kopi hitam juga membantu membakar kalori.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Melakukan Diet

2. Lunch

delish buddha bowl horizontal 1535376908

Foto: delish.com

Untuk Anda ingin mengikuti diet ala pelari marathon, Anda butuh makan siang yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak sehat.

Hidangan makan siang para atlet biasanya cukup ringan tapi mengenyangkan hingga malam hari. Para atlet juga memilih karbohidrat kompleks alih-alih karbohidrat sederhana.

Misalnya, roti gandum alih-alih roti putih, nasi hitam alih-alih nasi putih. Jika Anda tidak sempat untuk mempersiapan makan siang, Anda bisa mengonsumsi roti berbalut mentega dengan selai kacang atau sebuah pisang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Diet yang Baik dan Aman untuk Ibu Menyusui?

3. Dinner

herb roasted winter veggies jan 2009 crop

Malam hari untuk para atlet biasa dinikmati dengan hidangan yang ringan, berserat, dan didominasi sayur. Selain itu, pelari marathon juga harus menghindari lemak yang tidak sehat, terutama makan makanan yang digoreng.

Jika ingin mengikuti diet ala pelari marathon, Anda bisa mengonsumsi sayuran yang dipanggang seperti, rosemary diatas kentang panggang, jamur panggang dengan bawang putih, asparagus panggang, dan brokoli. Caesar salad vegan bisa dijadikan opsi untuk makan malam Anda.

Baca Juga: Bagaimana Diet yang Baik untuk Pemula?

Dengan bahan-bahan makanan yang mudah ditemukan sehari-hari, tidak sulit bukan untuk mencontoh menu makanan di atas? Tentunya menu makanan sehat ini harus diiringi dengan olahraga yang rutin, ya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba diet ala pelari sehat ini? Selain coba dietnya, ada baiknya benar-benar mencoba untuk olahraga lari. Apalagi lari marathon.

Jika lari marathon, Moms biasanya butuh kawan-kawan yang menyenangkan untuk memotivasi diri. Yang menyenangkan biasanya suka usil dan jahil!

Apalagi sudah dekat April Mop. Jika pusing bertemu kawan yang jahil-jahil dekat momen ini, lebih baik tengok promo April Mop 2019 Orami, yuk. Selamat belanja, Moms!

(RIBJANE)

 

Artikel Terkait