TREN
15 November 2020

Hadirkan 15 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat Untuk Kesehatan

Bisa membersihkan udara di dalam kamar juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kamar tidur menjadi tempat di mana Moms bisa beristirahat dan mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas.

Salah satu cara untuk membuat kamar Moms nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan cara menciptakan suasana yang asri, contohnya dengan meletakkan beberapa tanaman di dalam kamar.

Sejumlah tanaman bisa bermanfaat untuk mengusir udara yang buruk, seperti polusi, bau tidak sedap, bahkan jamur yang bisa memengaruhi sistem pernapasan kita.

Tanaman Hias untuk Kamar Tidur

Berikut ini adalah rekomendasi jenis-jenis tanaman untuk kamar tidur berdasarkan jurnal berjudul Interior Landscape Plants for Indoor Air Pollution Abatement yang dibuat oleh NASA.

1. Gardenia

pl2000031758

Salah satu jenis tanaman untuk kamar tidur yang baik untuk kebersihan udara adalah Gardenia. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa aroma dari tanaman gardenia dapat menjadi obat tidur yang ampuh.

Selain aromanya yang wangi, tanaman gardenia bentuknya sangat cantik dan memang cocok digunakan sebagai penghias kamar tidur.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

2. Peace Lily

sd fd f44a 00862677 nc x ec 0

Menurut penelitian yang dilakukan NASA, kalau tanaman peace lily dapat menyaring racun benzena, trichloroethylene, dan racun formaldehyde berbahaya di dalam ruangan kamar tidur.

Tanaman ini sifatnya lembap, jadi Moms harus lebih sering menyiraminya agar tidak mudah layu dan mati.

3. Sanseveira (Lidah Mertua)

pl2000032083

Snake plant atau sansivera atau sering disebut lidah mertua menjadi tanaman untuk kamar tidur yang paling direkomendasikan.

Tanaman ini dapat menjaga kualitas udara menjadi lebih baik, karena di malam hari tanaman ini mengeluarkan oksigen di waktu yang sama saat mengeluarkan karbon dioksida.

4. Spider Plant

pb2000028188 card lg

Tanaman yang memiliki bentuk seperti kaki laba-laba ini juga dapat membantu menyerap bau dan berbagai macam zat kimia berbahaya di ruangan kamar tidur.

Bahkan, NASA sudah membuktikan kalau tanaman ini dapat menghilangkan sekitar 90% zat formaldehyde berbahaya di udara penyebab kanker.

5. Pothos

fall201810of27 180810102158

Tanaman berbentuk hati, berpola marble, dan efektif memurnikan udara berdasarkan penelitian NASA.

Tanaman untuk kamar tidur yang satu ini sangat cocok jika diletakkan dengan cara digantung.

6. English Ivy

81b1l+nliil. sl1500

Salah satu rekomendasi tanaman untuk kamar tidur dari NASA adalah English Ivy. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari saja.

The American College of Allery, Asthma & Immunology mengumumkan kalau tanaman ini dapat menghilangkan 94% kotoran udara dan 78% jamur di udara hanya dalam 12 jam!

Baca Juga: 7 Tanaman yang Cocok untuk Kamar Mandi, Hadirkan Suasana Segar!

7. Bamboo Palm

pl2000028821

Dikenal juga dengan Reed Palm, tanaman ini disebut sebagai pembersih udara yang hebat. Apalagi, kamar hadir dengan suasana tropis dan hangat saat Moms meletakkan tanaman yang masih satu kerabat dengan pohon kelapa ini.

8. Lavender

tanaman hias dalam kamar tidur

Foto: goodhousekeeping.com

Lavender termasuk salah satu tanaman untuk kamar yang memiliki aroma menenangkan. Aroma tanaman yang satu ini mampu mengurangi kecemasan dan insomnia kita di malam hari lho. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southampton Inggris, mengamati pola tidur 10 orang dewasa yang diberikan minyak esensial lavender dengan minyak yang bukan lavender.

Hasil penelitian menunjukkan orang yang tidur dengan menghirup aroma lavender memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Ditemukan juga bahwa lavender meningkatkan gelombang lambat pada otak saat tidur, sehingga tidur jadi lelap dengan detak jantung yang melambat dan otot merileks. Saat bangun pun Moms akan lebih bersemangat dan produktif.

9. Bonsai

tanaman hias dalam kamar tidur

Foto: nurserylive.com

Bonsai adalah simbol ketenangan tradisional, keseimbangan, makanya sempurna untuk kamar tidur yang santai. Dengan daun serta bentuknya yang halus, tanaman ini bisa sangat menenangkan.

Namun pohon-pohon kecil ini memerlukan banyak perawatan dan disarankan untuk meluangkan waktu lebih untuk merawatnya. Seperti mengecek persediaan air secara teratur, pemupukan optimal, serta pencahayaan yang sempurna. Karena semakin banyak cahaya yang didapat bonsai, maka semakin cepat tumbuh.

10. Valerian

tanaman hias dalam kamar tidur

Foto: gardeningknowhow.com

Valerian adalah salah satu tanaman hias untuk kamar tidur yang telah terbukti meningkatkan sistem otak yang bertanggung jawab mengendalikan rasa rileks. Oleh karena itu, akar bunga valerian dianggap sebagai salah satu tanaman herbal terbaik untuk mengatasi insomnia. Bahkan, tanaman yang satu ini juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk obat penenang.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

11. Anthurium

tanaman hias dalam kamar tidur

Foto: goodhousekeeping.com

Pasti senang rasanya memiliki tanaman hias yang mekar terlama di dalam kamar tidur kita. Dialah anthurium. Bunga neon di tanaman ini dapat bertahan hingga delapan minggu dengan yang segar bermunculan secara teratur. Moms hanya perlu menempelkannya di tempat dengan cahaya terang dan kelembapan tinggi.

Semakin banyak cahaya yang diterimanya, semakin banyak Moms harus menyiramnya. Sebagai aturan umum, sirami setiap minggu, biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Tanaman Hias dalam Kamar Tidur untuk Ruangan Tertutup

Untuk Moms yang tidak mau terlalu repot merawat tanaman, ada beberapa tanaman hias yang cocok untuk ruangan tertutup, jadi tidak perlu mendapatkan cahaya matahari terlalu banyak. Ada apa saja ya?

12. Aloe Vera

where can you find aloe vera aloe where to buy aloe vera plant leaves aloe vera juice in walmart canada

Siapa bilang aloe vera hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit saja, karena ternyata NASA menempatkannya di urutan pertama sebagai rekomendasi tanaman untuk kamar tidur di rumah.

Aloe vera mengeluarkan oksigen di malam hari yang dapat membuat tidur malam Moms menjadi lebih nyenyak. Asyiknya lagi, tanaman ini tidak perlu banyak disiram.

Pemeliharaannya yang mudah juga membuat Moms tidak perlu repot menyiramnya setiap hari. Lidah buaya akan tumbuh dengan baik tanpa memerlukan sinar matahari langsung.

13. Monstera

tanaman hias untuk kamar

Foto: goodhousekeeping.com

Moms mungkin pernah melihat keindahan mengkilap tanaman satu ini di seluruh Instagram. Bahkan akhir-akhir ini, Monstera menjadi primadona. Inilah alasan mengapa Monstera cocok Moms pilih.

Monstera juga disebut Swiss Cheese Plant, adalah tanaman santai yang membutuhkan cahaya sedang dan penyiraman mingguan. Jadi Moms tidak membutuhkan banyak waktu untuk merawatnya. Hindari tanaman ini jika Moms memiliki hewan peliharaan karena dedaunannya dapat mengganggu kucing, anjing, atau hewan kecil lainnya.

Baca Juga: Mudahnya Menanam Lidah Buaya. Ini Caranya!

14. Philodendron Daun Hati

tanaman hias untuk ruangan tertutup

Foto: goodhousekeeping.com

Untuk efek yang penuh, letakkan tanaman merambat cantik dengan daun berbentuk hati ini di atas meja rias atau meja samping tempat tidur Moms. Instalasi pemeliharaan tanaman ini cukup mudah dan tidak ribet. Mereka hanya memerlukan cahaya yang redup, dan harus sedikit mengering di antara penyiraman.

15. Lucky Bamboo

tanaman untuk kamar

Foto: goodhousekeeping.com

Seperti namanya, tanaman yang sulit dibunuh ini membawa keberuntungan, rejeki, dan pesona bagi siapa pun yang memeliharanya. Jenis tanaman hias dalam kamar ini juga cukup toleran, karena Lucky Bamboo lebih menyukai cahaya sedang, tetapi beradaptasi dengan baik pada kondisi cahaya rendah.

Jika ditanam di tanah, pertahankan agar sedikit lembap. Jika tidak, biarkan akar tetap tertutup air, dan gantilah setiap minggu atau lebih.

Nah, sudah tahu kan Moms, ternyata banyak tanaman yang bermanfaat untuk membersihkan udara di ruangan kamar tidur di rumah Apakah ada yang Moms sukai sebagai tanaman untuk kamar tidur di rumah?

Artikel Terkait