SELEBRITI
5 November 2017

Yuk Intip Persiapan Pernikahan Kahiyang Ayu, Putri Presiden Jokowi

Berbagai persiapan sudah dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan segera digelar pada Rabu, 8 November 2017. Berbagai persiapan dilakukan untuk pernikahan putri Presiden Jokowi satu-satunya ini. Apa saja persiapannya?

1. Lokasi Pernikahan

kahiyang 1

Di Gedung Graha Saba Buana Solo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan menikah. Gedung pernikahan berkapasitas 2.000 orang ini bukan tanpa alasan dipilih sebagai lokasi pernikahan Kahiyang Ayu.

Alasannya adalah, Gedung Graha Saba Buana memang dimiliki oleh keluarga Presiden Jokowi yang dikelola oleh putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Saat menikahi Selvi Ananda dua tahun yang lalu, Gibran juga menggelar resepsinya di gedung ini.

2. Menikah Hari Rabu

Kahiyang Ayu menikah di hari Rabu, dan bukannya di akhir pekan seperti pesta pernikahan biasa digelar. Ternyata, ada perhitungan mengenai hari baik kapan pernikahan berlangsung. “8 November 2017 adalah Rabu Pahing. Artinya tanggal pernikahan Kahiyang bagus.

Berdasarkan tanggal tersebut, Kahiyang dan Bobby ke depannya memiliki kehidupan dengan perencanaan yang bagus dan tahu arah rezeki mereka berdua,” ungkap Totok Yasmiran, Tenaga Teknis Permuseuman Bidang Pernaskahan di Museum Radya Pustaka Solo.

Seperti dikutip dari Grid.id. Dalam tradisi budaya Jawa, perhitungan merupakan tradisi yang masih dipercayai dan digunakan sampai saat ini.

3. Memakai Catering Sang Kakak

Masih sama seperti pernikahan Gibran, katering yang dipilih untuk menjamu tamu di pernikahan Kahiyang pun akan menggunakan catering Chili Pari milik Gibran. “Makanan yang disajikan adalah makanan Tradisional Jawa. Selain itu akan ada makanan ringan khas solo, seperti serabi. Gibran juga akan menyajikan Markobar, martabak miliknya.

“Konsepnya nanti, martabak akan dimasak di tempat oleh koki, jadi bisa disajikan hangat,” ungkap Gibran, sebagai juru bicara keluarga, seperti dikutip dari Tribunsolo.com.

4. Prosesi Jelang Pernikahan

kahiyang 3

Satu hari sebelum resepsi digelar, yaitu Selasa, 7 November akan digelar berbagai macam prosesi. “Pada pagi hari akan diadakan pengajian di rumah,” kata Gibran.

Setelah itu, akan ada berbagai macam prosesi seperti memasang bleketepe (hiasan dari anyaman daun kelapa, janur kuning, pisang, kelapa muda dan berbagai macam dedaunan), siraman dan widodareni.

Baca Juga : Ingin Pernikahan Anda Intimate? Begini Caranya

5. Kereta Kencana

Untuk menuju Gedung Graha Saba Buana, dari rumah Kahiyang akan menaiki kereta kencana yang ditarik oleh dua ekor kuda berwarna putih. Keluarga telah menunjuk Anwar Muhtadi, yang akan mempersiapkan kereta kencana beserta kudanya. Pak Anwar telah mempersiapkan 20 orang untuk prosesi arak-arakan ini.

6. Baju Pernikahan

Belum diketahui baju pengantin yang akan dipakai Kahiyang rancangan dari siapa. Namun, untuk baju keluarga, Rumah Mode Chili telah menyiapkan baju untuk acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Akan ada empat jenis pakaian yang dipakai oleh keluarga Presiden Jokowi, disesuaikan dengan serangkaian acara pernikahan, seperti pakaian untuk siraman, midodareni, akad nikah dan resepsi.

7. Calon Suami

kahiyang 2

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pun mengundang tanya. Siapakah Bobby Nasution, si calon mempelai pria? Bobby dan Kahiyang bertemu saat keduanya mengambil program Pascasarjana Magister Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB).

Keduanya baru pacaran kurang lebih setahun. Bobby adalah anak dari Almarhum Erwin Nasution, mantan Direktur Utama PT. Perkebunan Nusantara IV.

Pernikahan yang tidak akan terlupakan, bukan begitu Mama?

(ASR)

Foto : Instagram/Kahiyangayu

Artikel Terkait