KESEHATAN
3 Juli 2018

Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

Jangan sampai bau mulut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Siapa sih yang mau giginya berlubang dan napas bau? Tentu tak ada ya. Namun, keinginan memiliki mulut yang segar dan sehat seringkali tak sebanding dengan usaha dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut kita.

Masih banyak orang yang malas rutin menyikat gigi nih.Jarang pula memeriksakan diri ke dokter gigi, hanya datang ketika gigi mulai sakit.

Bagaimana ya cara menjaga kesehatan mulut yang mudah? Coba cara berikut ini!

1. Sikat Gigi miminal dua kali sehari

shutterstock 530339332

Hayo, jangan malas untuk menyikat gigi kalau tak mau sakit gigi dan bau mulut!

Menurut dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, drg. Nada Ismah, Sp.Ort, minimal dalam sehari kita menyikat gigi dua kali, yakni di pagi hari dan sebelum tidur.

"Kenapa sebelum tidur, karena pada fase tidur dikhawatirkan air ludah alirannya menurun. Selain itu, ada pula sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan plak," ujar drg. Nada saat ditemui di acara peluncuran pasta gigi Sasha beberapa waktu lalu.

Selain itu, dengan menyikat gigi juga dapat menghindarkan kita dari bau mulut karena bau mulut disebabkan dari sisa makanan yang terselip di gigi.

Baca Juga : Jangan Malas Ke Dokter Gigi! Ini Akibatnya Jika Tak Rajin Membersihkan Karang Gigi

2. Periksakan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi

shutterstock 730155796

Jangan takut untuk ke dokter gigi ya! Harus rutin mengecekkan kesehatan gigi dan mulut minimal 6 bulan sekali.

"Coba cek jangan-jangan ada lubang gigi. Itu berarti harus segera ditambal. Kalau ada lubang gigi lalu kemasukan makanan dan terjadi pembusukan juga akan menimbulkan aroma tak sedap," ujar drg. Nada.

Ke dokter gigi tak hanya untuk melakukan penambalan gigi saja lho, penting juga untuk membersihkan karang gigi yang sudah menebal agar mulut Anda selalu terasa segar dan tak bau.

Nah, mudah kan merawat gigi dan mulut agar selalu sehat dan segar? Jangan malas lagi ya!

(CAR)

Artikel Terkait