HIBURAN
10 November 2019

Yuk kenalan dengan 5 Menteri Perempuan di Kabinet Indonesia Maju

Retno Marsudi dan Sri Mulyani kembali duduki posisi Menlu dan Menkeu

Sumber: instagram.com/retno_marsudi

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024 baru saja dilangsungkan pada Rabu (23/10), di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Di antara ke-34 nama menteri yang diumumkan Jokowi tersebut, bisa kita lihat bahwa lima di antaranya dijabat oleh perempuan. Jokowi kini memiliki srikandi-srikandi cantik dan tangguh untuk mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Dikabarkan Jadi Calon Menteri Jokowi, Ini Potret Keluarga Nadiem Makarim yang Harmonis!

Nama-nama tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

Yuk kita kenalan dengan para menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju ini Moms.

1. Retno Lestari Priansari Marsudi

menteri perempuan

Foto: bernadetharatnasari.blogspot.com

Menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju yang pertama adalah Retno Marsudi. Nama Retno Lestari Priansari Marsudi memang sudah tidak asing lagi.

Perempuan satu ini telah mengawal Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sejak 2014. Kini ia kembali dipercayakan untuk mengemban jabatan yang sama dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Karir perempuan berusia 56 tahun diketahui pernah menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Norwegia dan Islandia, Dubes Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Direktur Eropa dan Amerika, serta Direktur Eropa Barat.

Tentu karirnya tidak terlepas dari latar belakang pendidikan yang hebat juga. Ia merupakan lulusan S1 UGM dan S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda. Ia merupakan menteri perempuan pertama yang mejabat Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: Potret Kehamilan Gista Putri, Istri Calon Menteri Wishnutama

2. Siti Nurbaya Bakar

menteri perempuan

Foto: detik.com/andhika

Menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju yang selanjutnya adalah Siti Nurbaya Bakar. Sama seperti Retno Lestari Priansari Marsudi, Siti Nurbaya Bakar juga kembali dipercaya menduduki jabatan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Perempuan berusia 63 tahun ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPD-RI 2006-2013, dan berhasil memperoleh beberapa penghargaan, salah satunya penghargaan Laporan Akuntansi Standar Tertinggi dari Menteri Keuangan dari 2008 hingga 2011.

Dirinya merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor dan International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede, Belanda. Pernah juga meraih gelar S-3 dari IPB dengan Siegen University, Jerman.

3. Sri Mulyani Indrawati

menteri perempuan

Foto: cnnindonesia.com

Menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju yang selanjutnya adalah Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani juga berasal dari Kabinet Kerja Jilid I dan tetap menduduki posisi yang sama.

Sri Mulyani merupakan lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia, dan pernah meraih gelar Master dan Doktor di bidang Ekonomi dari University Illinois di Urbana-Champaign.

Baca Juga: 7 Perempuan Hebat Ini Berhasil Mengubah Dunia, Salut!

Dirinya sudah beberapa kali menjabat sebagai menteri atau pejabat dengan posisi yang cukup tinggi dalam kabinet pemerintahan.

Mulai dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, hingga Menteri Keuangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kini dirinya kembali menjabat di posisi yang sama, untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

4. Ida Fauziyah

menteri perempuan

Foto: katadata.co.id

Menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju yang selanjutnya adalah Ida Fauziyah. Ida Fauziah merupakan wajah baru dalam susunan menteri Indonesia. Dilansir dari situs Liputan 6, perempuan berusia 50 tahun ini merupakan Ketua Umum Fatayat NU.

Dirinya dipercaya sebagai menteri perempuan untuk menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan (Menaker).

Perempuan lulusan Universitas Satyagama duduk sebagai anggota DPR-RI dari 1999-2018 dari PKB mewakili Jawa Timur. Ia juga pendiri dan Ketua Kaukus Perempuan Parlemen.

Baca Juga: Retno Marsudi dan 4 Menteri Perempuan Indonesia yang Menarik Perhatian Publik

5. Gusti Ayu Bintang Puspayoga

menteri perempuan

Foto: metrobali.com

Menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju yang selanjutnya adalah Gusti Ayu Bintang Puspayoga. Gusti Ayu Bintang Puspayoga juga merupakan wajah baru dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Masyarakat mungkin memang tidak terlalu familiar dengan wajah perempuan asal Bali. Namun, Gusti Ayu merupakan istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, yang pernah menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM.

Dilansir dari situs Kompas, Gusti Ayu Bintang Darmavati aktif di Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha.

Lalu dipercaya sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Itu dia Moms beberapa sosok menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Artikel Terkait