BAYI
13 Februari 2020

4 Manfaat Pijat Bayi, Yuk Kenali!

Pijat bayi yang dilakukan oleh orang tua diyakini dapat membantu meringankan rasa sakit karena gas, kolik, bahkan tumbuh gigi
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Maraknya tempat pijat bayi ternyata bukan sekadar mengikuti tren semata. Menurut seorang bidan di Edmonton yang juga berpraktik sebagai terapis pihat terdaftar untuk ibu hamil dan bayi, Chantal Gauthier Vaillancourt, ada baiknya orang tua untuk mencoba memijat bayi mereka.

Selain meringankan ketidaknyaman pencernaan dan rasa sakit gigi, pijat juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan ikatan fisik Si Kecil.

“Pijat membantu menumbuhkan kepercayaan diri dan perkembangan neurologis yang sehat. Dengan setiap pijatan lembut, Si kecil akan merasa dipelihara dan dicintai, hingga memperkuat ikatan antara Moms dan Dads,” ujarnya.

Bahkan, berbagai penelitian yang dilakukan oleh Touch Research Institute, yang berbasis di Florida, menunjukkan bahwa ketika Moms atau Dads memeluk, menyentuh, dan berbicara dengan Si Kecil, pengalaman baru ini akan menciptakan koneksi sel otak yang penting.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bayi prematuri yang secara teratur melakukan pijat bayi, penambah berat badan lebih cepat dan meninggalkan rumah sakit lebih cepat.

Manfaat Pijat Bayi

Apa saja ya manfaat pijat bayi? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini Moms!

Baca Juga: 6 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bayi tidur

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat bayi yang pertama adalah meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi yang dilakukan oleh Tiffany Field, PhD, dari University of Miami School of Medicine, menemukan bahwa bayi dan balita dengan masalah tidur menunjukkan lebih sedikit penundaan tidur setelah dipijat oleh orang tua mereka selama 15 menit sebelum tidur setiap hari selama sebulan.

Pijat membantu bayi tidur lebih dalam dan nyenyak.

2. Rangsang Hormon Pertumbuhan

Berat badan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat bayi yang selanjutnya adalah merangsang hormon pertumbuhan. Dr. Field mengungkapkan pijat mampu merangsang hormon pertumbuhan untuk penambahan berat badan bayi dengan berat badan yang kurang.

“Pijat bayi untuk bayi prematur yang dilakukan tiga kali sehari selama 15 menit mampu meningkatkan berat badan 47 persen lebih tinggi dan meninggalkan rumah sakit rata-rata enam hari lebih awal daripada mereka yang tidak dipijat,” ucapnya.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Mata Bintitan Pada Anak

3. Meningkatkan Kinerja Saluran Pencernaan

Bayi alami kolik

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat bayi yang selanjutnya adalah meningkatkan kinerja saluran pencernaan. Moms, baik kolik, sembelit, dan gas menyebabkan kesulitan bagi Si Kecil maupun orang tua. Akan tetapi, pada bayi yang dipijat hal tersebut akan minim terjadi karena pijatan mampu meningkatkan fungsi keseluruhan saluran pencernaan.

Teknik-teknik pijatan yang mudah dipelajari dapat membantu menggerakkan pencernaan dan mengeluarkan gas yang seringkali menimbulkan rasa sakit, dan ketidaknyamanan. Tak hanya itu, pijat pun mampu meredakan rasa sakit dan ketidaknyaman karena tumbuh gigi.

Tumbuh gigi adalah salah satu saat paling menegangkan bagi bayi dan orang tua. Teknik pijat wajah khusus membantu melepaskan endorfin, pereda nyeri alami tubuh. Pijat juga mengurangi kadar kortisol, hormon stres.

4. Bonding melalui Pijat Bayi

Bonding

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pijat bayi yang selanjutnya adalah bonding. Pijat bayi adalah cara yang terbaik untuk mendekatkan Moms dan Dads dengan Si Kecil. Kepercayaan dan komunikasi berkembang saat berinteraksi dengan Si kecil.

Sentuhan Moms dan Dads yang menenangkan akan membuat Si kecil merasa dicintai dan diperhatikan juga.

Baca Juga: Menular Pada Anak di Bawah 10 Tahun, Ini 4 Gejala Flu Singapura

Kapan Boleh Melakukan Pijat Bayi?

pijat bayi-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

International Association of Infant Massage (IAIM) menyarankan agar Moms dan Dads melakukan pijat segera setelah Si Kecil lahir. Namun, pastikan untuk mengikuti suasana hati Si Kecil.

Ia harus tenang, waspada, dan puas saat Moms atau Dads siap memijat mereka. Jangan pernah melakukan teknik pemijatan yang tampaknya membuat Si Kecil tidak nyaman.

The Mayo Clinic juga menyarankan untuk menunggu setidaknya 45 menit setelah menyusui. Melakukan pijatan bayi terlalu cepat setelah mereka makan dapat menyebabkan muntah.

Nah, itulah beberapa manfaat pijat bayi yang perlu Moms ketahui. Tidak perlu ragu lagi untuk melakukan pijat bayi pada Si Kecil ya Moms!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait