BALITA DAN ANAK
22 Juni 2020

Yuk, Kenalkan Sejarah Internet Pada Si Kecil

Yuk kenalkan internet pada Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Internet menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari, tak terkecuali anak-anak, apalagi saat musim pandemi seperti ini, Si Kecil sedang aktifnya belajar melalui jaringan internet (School From Home) atau SFH.

Tentunya ada banyak manfaat yang dapat diambil oleh Si Kecil saat menggunakan internet. Misalnya saja Si Kecil jadi bisa belajar bahasa Inggris atau mengenal warna dan nama-nama binatang lewat tayangan video.

Namun, jangan biarkan Si Kecil hanya menikmati manfaat internetnya saja, Moms. Kenalkan juga sejarah internet pada Si Kecil agar ia lebih bisa memahami cara kerja di balik apa yang ditontonnya selama ini.

Yuk, simak ulasan berikut ini supaya Moms dan Dads bisa mengenalkan sejarah internet pada Si Kecil dengan informasi yang memadai.

Apa Itu Internet dan Sejarah Kemunculannya di Dunia

mengenalkan sejarah internet pada anak 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Internet atau interconnected network merupakan jaringan terluas yang dapat menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Kata internet digunakan pertama kalinya pada tahun 1974.

Awalnya internet merupakan proyek militer bernama Advanced Agency Projects Agency Network (ARPANET) yang dibuat pada tahun 1961.

Dikutip dari Live Science, proyek ARPANET yang ditulis oleh Kleinrock pada makalah berjudul “Information Flow In Large Communication Nets” tersebut didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Pada tanggal 29 Oktober 1969, proyek ini pertama kalinya mengirim pesan berbunyi “LOGIN”. Setelah itu, internet terus berkembang sampai pada tahun 1972 terciptalah jaringan email BBN, sebuah perusahaan teknologi Amerika Serikat.

Kemudian internet terus berkembang, seperti dikenalkannya domain hingga munculnya website. Pada tahun 1991, Tim Berners Lee memperkenalkan World Wide Web, disusul kemunculan Yahoo pada 1994 dan browser bernama Google pada 1998 yang hingga kini menjadi search engine andalan semua orang.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah yang Tidak Ada di Buku Pelajaran

Perkembangan Internet di Indonesia

mengenalkan sejarah internet pada anak 2.jpeg

Foto: Pexels.com

Indonesia terhubung dengan internet tepatnya tahun 1983. Dilansir dari penelitian berjudul The Internet, Social Networks and Reform in Indonesia, Joseph Luhukay seorang akademisi dari Departemen Ilmu Komputer Universitas Indonesia-lah yang mengoneksikannya. Koneksi tersebut dibuat untuk membangun jaringan internal kampus bernama UINET dan terhubung dengan UU Net di Amerika Serikat.

Kemudian pada tahun 1994, internet bergeser ke arah komersial dengan berdirinya Internet Service Provider (ISP) yang pertama oleh PT. Indo Internet, yang kemudian diikuti perusahaan lainnya.

Perkembangan internet makin marak di Indonesia pada tahun 1996 hingga 1998, ditandai dengan banyaknya warnet atau warung internet.

Baca Juga: Sudah Tahu Sejarah Panjat Pinang dan Filosofi Dibaliknya?

Pentingnya Mengenalkan Internet Kepada Si Kecil

Moms dan Dads harus tahu pentingnya mengenalkan internet kepada si kecil, karena saat ini dalam pendidikan pun internet telah banyak digunakan. Mengenalkan sejarah internet pada si kecil menjadi salah satu topik pilihan yang dapat diceritakan dalam perbincangan sehari-hari.

Selain mengenalkan sejarah internet pada Si Kecil, orang tua juga bisa memberikan edukasi seperti keamanan menggunakan internet. Dengan begitu, si kecil diharapkan bisa lebih waspada. Mengenalkan internet pada si kecil juga bisa memberikan keuntungan, lho, asalkan tetap dalam porsi yang tepat.

Lantas, apa saja keuntungannya?

1. Membantu Perkembangan Akademik

mengenalkan sejarah internet pada anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Penggunaan internet dan komputer dapat membantu perkembangan akademik anak. Internet sendiri memuat banyak informasi dan sumber yang dapat digunakan oleh si kecil untuk mengerjakan tugas sekolahnya.

Selain itu, internet bisa digunakan untuk mencari informasi lain di luar tugas, belajar berkomunikasi menggunakan email, dan mengeksplor fitur-fitur internet.

2. Komunikasi

mengenalkan sejarah internet pada anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Internet dapat membantu si kecil untuk tetap berkomunikasi secara jarak jauh, entah untuk guru di sekolahnya atau teman-temannya, seperti saat pandemi seperti ini.

Si Kecil bisa tetap belajar sesuai dengan materi yang diberikan di sekolahnya saat sebelum pandemi terjadi. Selain itu, Si Kecil pun bisa tetap bermain menyenangkan bersama teman-temannya melalui internet.

Baca Juga: 7 Bentuk Komunikasi Nonverbal yang Bikin Moms Lebih Dekat dengan Anak

3. Melihat Dunia Lebih Luas

mengenalkan sejarah internet pada anak 6.jpg

Foto: Pixabay.com

Banyaknya informasi dan fitur yang disediakan oleh internet memberikan kesempatan si kecil untuk melihat dunia lebih luas. Pada era sekarang, anak-anak bisa mengunjungi museum melalui teknologi virtual, mengakses website, video, dan artikel pengetahuan.

Si kecil pun bisa memilih sendiri konten apa yang diinginkannya. Tentunya dengan bimbingan dan batasan dari orang tua, ya.

4. Menjadi Lebih Kreatif

mengenalkan sejarah internet pada anak 7.jpg

Foto: Pixabay.com

Si kecil yang menyukai musik dan seni dapat dengan mudah mencari sumber-sumber referensi yang disediakan oleh internet. Bahkan si kecil pun bisa mencoba banyak tutorial yang disediakan internet seperti membuat kerajinan, belajar bermain musik, dan lain-lain.

Itulah artikel sekilas tentang sejarah internet dan beberapa penting mengenalkan sejarah internet pada si kecil. Tidak ada salahnya Moms and Dads memberikan ruang internet untuk anak. Namun, tetap adakan aturan seperti batasan waktu penggunaan dan konten apa yang bisa diakses sesuai dengan usia Si Kecil.

Artikel Terkait