KESEHATAN
26 Februari 2019

Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

Kacang-kacangan ternyata bisa menurunkan kolesterol tinggi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Tahukah Moms, kolesterol yang tinggi bisa menjadi pemicu penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung.

Penyebab kolesterol tinggi datang dari makanan yang Moms konsumsi, misalnya seperti daging, produk susu, mentega, makanan cepat saji, dan berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Menurut dr. Andrew Weil, M.D, American celebrity doctor yang merupakan lulusan Harvard University, mengatakan kalau lemak trans bisa ditemukan di berbagai macam brand margarin.

Tak hanya itu, menurut dr. Weil bahwa lemak trans juga dapat ditemukan makanan yang sudah diproses, seperti chips, crackers, cookies, dan minyak yang digunakan untuk memasak kentang goreng, donat, atau popcorn.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, Moms bisa mengonsumsi makanan penurun kolesterol seperti yang direkomendasikan oleh dr. Weil. Simak yuk, Moms!

1. Kacang-Kacangan

nutbutter 0

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan cashew termasuk sebagai makanan penurun kolesterol, karena mengandung vitamin dan mineral yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sebaiknya, Moms pilih kacang-kacangan jenis ini yang tanpa proses pengolahan, menggunakan pengawet, atau perasa makanan.

2. Kacang Kedelai

soybeans 800x416

Menurut dr. Weil, mengonsumsi protein nabati lebih baik daripada protein hewani.

Protein nabati bisa Moms dapatkan dari tahu, tempe, susu kedelai, dan semua makanan berbahan dasar kacang kedelai. Kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dari Hidangan Bersantan

3. Bawang Putih

an540 garlic cutting board 732x549 thumb

Moms, bawang putih ternyata ampuh sebagai makanan penurun kolesterol lho. Bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah.

4. Teh Hijau

green teas

Di dalam teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu menurunkan kolesterol. Apalagi teh hijau sangat rendah kalori sehingga cocok untuk asupan diet Moms.

5. Makanan Berserat

reasons why you should eat oatmeal every day 722x406

Mengonsumsi makanan berserat juga efektif untuk menurunkan kolesterol. Cobalah mengonsumsi oatmeal, tepung gandum, kacang polong, kacang tanah, wortel, apel, dan pir.

6. Minyak Ikan

how much omega 3 fish oil blog

Makanan penurun kolesterol yang terakhir menurut dr. Weil adalah minyak ikan. Di dalam minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

Saat Moms berusaha menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka sebaiknya Moms harus membatasi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Asupan karbohidrat yang perlu dikurangi seperti cookies, cakes, crackers, chips, dan soda.

Nah, apakah dari enam makanan penurun kolesterol di atas ada yang Moms sukai? Yuk, konsumsi dengan rutin untuk bisa menurunkan kadar kolesterol Moms yang tinggi.

(IRN)

Artikel Terkait