DI ATAS 5 TAHUN
22 Mei 2017

Yuk, Mengajarkan Anak Untuk Berkebun!

Ternyata berkebun bisa membantu perkembangan fisik dan mental anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh andia.ratna
Disunting oleh andia.ratna

Begitu banyak cara mendidik anak salah satunya bersentuhan langsung dengan alam. Mama dapat mengajarkan anak tentang alam lewat berkebun. Dengan berkebun, anak dapat mengerti betapa pentingnya menjaga lingkungan di sekitarnya. Selain itu, berkebun juga bisa melatih kesehatan fisik serta mental anak sejak dini, lho.

Menurut Lea Tran, seorang Horticultural Therapist And Plant Spirit Medicine Healer di Guelph, Ontario, Kanada mengungkan anak yang suka berkebun dapat melihat semua makhluk hidup di bumi itu memiliki peran dalam menjalani kehidupan. Semua saling terhubung dan bergantungan satu sama lain. Dengan begitu, anak dapat mengerti arti sebuah siklus kehidupan.

Bagaimana Cara Memulai Agar Anak Mau Untuk Berkebun?

Tidak perlu ribet, Mama dapat memanfaatkan halaman sekitar rumah untuk berkebun. Ajaklah anak untuk menanam bibit tanaman baru, membantu menyiram tanaman yang ada di pekarangan rumah, memupuk, hingga memetik dan mengosumsinya sendiri. Jangan takut kotor, karena hal ini memang diperlukan untuk mendidik anak. Tentu hal ini akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi anak Mama. Lakukan kebiasaan ini setiap harinya. Hal ini akan mengajarkan anak pentingnya merawat, memperhatikan pertumbuhan dari tanaman yang dia rawat. Selain itu, kebiasaan ini dapat meningkatkan ide serta kreativitas anak dalam menggunakan tanaman tersebut seperti menghiasnya tanpa merusak tanaman tersebut.

Bagaimana Jika Tidak Punya Lahan Untuk Berkebun?

Jika tidak punya lahan untuk berkebun, maka Mama bisa mengajak si kecil untuk mengunjung tempat-tempat yang masih bernuansa alami. Jika Mama tinggal diperkotaan, mama dapat mengajak anak ke taman di dekat rumah. Di sana Mama dapat mengenalkan anak tentang lingkungan dengan cara sederhana. Kalau memungkinkan, Mama dapat mengajak anak untuk menikmati alam yang ada di pedesaan. Anak dapat diajarkan untuk bercocok tanam di sawah atau berkebun di ladang dengan berbagai jenis tanaman yang ada di sana. Bercocok tanam ini bermanfaat untuk melatih kesabaran anak lho, Ma. Selain itu, kegiatan outdoor ini juga bisa mempererat hubungan antar orangtua dan anaknya.

Apakah Mama punya ide lain untuk mengajarkan berkebun kepada si kecil? Mama juga bisa meminta si kecil untuk menggambar tanaman yang mereka tanam, supaya kegiatan berkebun menjadi lebih seru. Yuk, ajak anak Mama untuk berkebun sekarang!

<PIA>

Artikel Terkait