DI ATAS 5 TAHUN
9 Januari 2020

Yuk Moms Ajarkan Anak 4 Cara Mengelola Uang Angpao Imlek

Daripada uang angpao anak habis tak karuan, ajarkan cara mengelolanya dengan bijak
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Apa yang biasanya Moms lakukan dengan uang angpao anak saat imlek, langsung menyimpannya di tabungan atau membiarkan Si Kecil menggunakannya sesuka hati?

Kegembiraan mendapatkan angpao saat imlek sebenarnya bisa menjadi kesempatan baik untuk ajarkan anak mengelola uang dengan bijak lho, Moms.

Apalagi memberikan edukasi finansial dan menanamkan kebiasaan keuangan yang sehat sejak kecil akan melindunginya dari perilaku konsumtif yang merugikan di masa depan.

Baca Juga: Uang Angpao Imlek Anak, Mau Digunakan Untuk Apa?

Cara Mengelola Uang Angpao Imlek

Terapkan cara-cara di bawah ini agar Si Kecil bisa mengelola uang angpao Imlek yang ia dapatkan!

1. Jelaskan Cara Mendapatkan Uang di Dunia Nyata

uang angpao imlek (2).jpg

Si Kecil yang sering menemani Moms ke ATM bisa saja mengira kalau uang itu keluar dari mesin, yang bisa diambil kapan saja dan sebanyak apapun.

Saat bersantai sambil menghitung uang dari amplop merah, Moms bisa menjelaskan secara sederhana kalau uang hanya bisa didapatkan dengan bekerja atau berusaha.

Contohnya saja, setiap hari Moms dan Dads bekerja di kantor, paman mengelola bisnis, dan guru mengajar di sekolah.

Bila anak tahu kalau ada investasi waktu, tenaga, dan pikiran dibalik setiap lembar uang, dia akan lebih menghargai setiap lembar uang angpao yang diterimanya.

2. Bagi Jadi Beberapa Pos

uang angpao imlek (1).png

Untuk mulai ajarkan anak mengelola uang, Moms bisa menggunakan metode three jars atau tiga toples, yaitu untuk pengeluaran, tabungan, dan amal.

Jadi setelah selesai menghitung total uang angpao anak, ajarkan Si Kecil untuk memasukkan 70% uang ke toples tabungan, 20% ke toples pengeluaran, dan 10% ke toples amal.

Dorong Si Kecil untuk menggunakan metode yang sama dengan uang sakunya, agar dia bisa membeli mainan, buku, atau pergi liburan ke tempat yang diinginkannya.

Baca Juga: Ini 5 Tempat Seru untuk Menyaksikan Perayaan Imlek di Jabodetabek

3. Sisihkan untuk Amal

uang angpao imlek (3).jpg

Sambil ajarkan anak mengelola uang, Moms juga bisa sekaligus menanamkan empati sekaligus menumbuhkan semangat berbagi.

Jelaskan bahwa beramal adalah cara terbaik untuk mensyukuri apa yang dimilikinya sekaligus memberikan kesempatan untuk menularkan kebahagiaan pada orang lain.

Nah, katakan pula kalau uang dalam toples amal dapat digunakan untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan atau berdonasi pada kegiatan yang positif, seperti aksi cinta lingkungan atau aksi menyelamatkan binatang.

Bila mau, dia juga bisa menggunakan uang dalam toples amal untuk membeli hadiah bagi teman dan keluarga terdekat.

4. Tabung di Bank

uang angpao imlek (1).jpg

Bagaimana kalau setelah dihitung ternyata uang angpao anak jumlahnya besar? Itu berarti kesempatan untuk mengenalkan anak pada sistem perbankan, Moms.

Ajak Si Kecil ke bank yang menyediakan fasilitas tabungan atas nama anak sendiri, sambil menjelaskan kalau menyimpan uang di bank bukan hanya aman tapi juga bisa bertambah banyak bila dia konsisten menabung.

Jadi bila toples tabungan di rumah sudah penuh, dia bisa memindahkannya ke bank agar lebih aman dan mendapatkan bonus.

Menurut Moms, apalagi cara yang bisa dilakukan agar uang angpao anak bisa dikelola dengan lebih bijaksana?

(WA)

Artikel Terkait