FASHION & BEAUTY
1 April 2019

Yuk Moms Bersihkan Rumah Sebelum Berpuasa, Bikin Ibadah Jadi Lebih Nyaman

Ketahui hal yang perlu Moms persiapkan sebelum memasuki bulan Ramadhan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Bulan Ramadhan akan segera tiba, dan bulan ini bukan hanya tentang berpuasa di siang hari , tetapi juga waktunya Moms dan keluarga melakukan refleksi spiritual dan perbuatan amal.

Bulan puasa juga membuat orang akan lebih lama berada di rumah, seperti Dads yang pulang kerja lebih cepat, atau Moms yang akan lebih sering melakukan kegiatan di rumah.

Karenanya, penting untuk membuat suasana rumah lebih nyaman, salah satunya dengan membersihkan rumah dan menyiapkan hal-hal yang berhubungan dengan bulan Ramadhan.

Merapikan interior rumah akan menciptakan lingkungan yang lebih hangat untuk menyambut teman dan keluarga, dari hari pertama puasa hingga akhirnya perayaan Idul Fitri.

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Anak Saat Puasa

1. Membersihkan dan Mengatur Rumah

Foto: cleanmyspace.com

Rumah yang bersih dan rapi akan memberi Moms kualitas hidup yang lebih baik setiap saat sepanjang tahun, tetapi tidak lebih dari selama bulan Ramadhan.

Karena bulan Ramadhan adalah waktu refleksi, lingkungan yang bersih akan memungkinkan Moms fokus pada ibadah.

Bersihkan rumah dengan melakukan pekerjaan besar dahulu, seperti mencuci tirai, taplak meja, seprai, dan hal lain yang akan Moms gunakan pada hari Idul Fitri.

Sediakan furnitur, kasur, atau kursi berlengan yang akan lebih sulit untuk dipindahkan begitu puasa dimulai.

2. Menyiapkan Makanan dan Kebutuhan Puasa yang Sehat

Foto: videoblocks.com

Siapkan lemari es dan dapur dengan semua barang yang Moms butuhkan untuk menyiapkan sahur dan buka puasa selama bulan Ramadhan, dengan makanan yang sehat.

Dengan mempersiapkan terlebih dahulu, Moms dapat menikmati bulan Ramadhan tanpa stres.

Jika Moms hendak menjaga kesehatan keluarga, rencanakan menu berbuka puasa yang lebih sehat dengan lebih sedikit membuat makanan yang digoreng.

Pilih lebih banyak makanan segar yang akan memberikan energi sampai perayaan Idul Fitri. Moms juga bisa mengajak Si Kecil membantu menyiapkan makanan favoritnya untuk sahur dan berbuka puasa.

3. Meletakkan Dekorasi Nuansa Ramadhan

Foto: mvslim.com

Buat rencana bagaimana Moms ingin rumah didekorasi untuk Ramadhan dan Idul Fitri, hal ini dilakukan untuk menghemat waktu. Misalnya, Moms memilih meletakkan lentera, yang secara tradisional digunakan untuk menyambut Ramadhan di banyak negara Muslim.

Moms bisa mengajak Dads dan Si Kecil untuk ikut mendekor bagian dalam rumah dengan aksesoris bernuansa Ramadhan. Jadikan bulan ini bulan yang bermakna untuk Moms dan keluarga.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Makanan Anak Saat Puasa?

4. Jangan Lupakan Jadwal Puasa

Foto: thegirlsun.com

Aktivitas keluarga lain yang baik untuk anggota yang lebih muda adalah dengan membuat kotak hitung mundur. Kotak ini menampilkan hari apa Ramadhan saat ini, atau jam berapa waktu berbuka puasa.

Ini untuk membuat Si Kecil dan keluarga selalu menantikan momen berharga dan bisa melakukan manajemen waktu. Seperti kapan waktu tepat menyiapkan menu makanan untuk sahur, atau berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengaji.

Apa yang paling penting, adalah kebersamaan bersama keluarga untuk melakukan ibadah puasa dengan niat berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sebelumnya.

(AP)

Artikel Terkait