TREN
15 Maret 2019

Yuk Moms Cobain 6 Jajanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Ternyata jajanan khas semarang banayak yang menggunakan tahu sebagai bahan dasar, lho Moms
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Hampir setiap kota di Indonesia memiliki jajanan khas masing-masing, inilah yang membuat Indonesia kaya akan aneka ragam kuliner.

Tak terkecuali di Semarang, banyak sekali jajanan khas di kota ini. Berikut adalah jajanan khas semarang yang harus Moms coba:

Tahu Gimbal

tahu gimbal

Foto: liburmulu.com

Tahu gimbal adalah jajanan khas Semarang yang merupakan campuran dari tahu goreng, tempe, gimbal, irisan kol dan sambal kacang. Gimbal sendiri adalah campuran dari ikan dan udang yang digoreng dengan tepung sampai kering, sehinga bentuknya terlihat "gimbal".

Perpaduan manis dan pedas adalah rasa yang bisa Moms dapatkan dari tahu gimbal. Tidak hanya lezat, meskipun tahu gimbal disebut sebagai jajanan, namun ketika menyantap satu porsi sudah cukup membuat perut kenyang.

Lumpia

lumpiaa2

Berikutnya adalah jajanan khas Semarang yang memiliki aroma yang kuat, namanya lumpia. Hal ini dikarenakan jajanan yang satu ini menggunakan rebung sebagai bahan dasarnya.

Selain rebung, lumpia terdiri dari udang, telur, dan daging. Umumnya, makanan yang digoreng ini dimakan dengan bumbu khas atau acar.

Baca Juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

Tahu Petis

tahu petis

Foto: mydikuliner.blogspot.com

Selain tahu gimbal, ada pula tahu petis yang tak kalah terkenal di Semarang. Makanan ini terkenal nikmat dan khas, karena isinya adalah tahu putih yang diisi dengan petis kemudian di goreng.

Petis merupakan cairan sisa dari rebusan ikan atau udang. Biasanya selain terbuat dari campuran ikan atau udang, adonan tahu petis juga dapat dibuat dari tepung kanji dengan tambahan gula.

Wingko Babat

kue wingko babat khas semarang

Foto: demo2.ampinstant.net

Berikutnya ada wingko babat, jajanan tradisonal Semarang yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang di bakar. Tak hanya itu, rasa dari jajanan ini juga beragam seperti, coklat dan kelapa muda. Selain harganya yang terjangkau serta rasanya yang lezat, ukuran wingko babat yang kecil ini membuatnya banyak dijadikan oleh-oleh, lho.

Baca Juga: Ini 10 Makanan Terenak di Dunia, Sudah Coba yang Mana?

Pisang Plenet

kue wingko babat khas semarang

Foto: goodindonesianfood.com

Bagi Moms pecinta pisang wajib mencoba makanan yang satu ini. Pisat plenet terbuat dari pisang kepok yang dibakar diatas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi gepeng.

Pisang yang digunakan memang sengaja pisang kepok raja karena rasanya yang manis dan warnanya kuning. Hal yang semakin membuat makanan ini nikmat saat Moms menyantapnya dengan campuran berbagai rasa seperti cokelat dan keju.

Gandos

kue gandos

Foto: cetakankuelumpur.com

Terakhir ada gandos, jajanan yang terbuat dari tepung beras kemudian dicampurkan dengan santan dan garam, kemudian dituang ke dalam cetakan. Setelah dimasak dengan api yang sangat panas, gandos kemudian di taburkan gula di sekelilingnya.

Tak hanya di Semarang sebenarnya, makanan ini juga terkenal di daerah lain namun diberi nama yang berbeda. Di Surabaya, jajanan ini disebut dengan kue rangi.

Nah, diantara jajanan khas Semarang tadi apakah ada yang menjadi kesukaan Moms?

(MDP/IRN)

Artikel Terkait