BALITA DAN ANAK
31 Desember 2019

Yuk Moms, Lengkapi Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Jangan sampai terlewatkan periode emas ini ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, kita pasti menginginkan Si Kecil untuk berkembang dan tumbuh dengan optimal. Maka dari itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, Moms harus perhatian pada 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil.

Pentingnya Memenuhi Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

1000 hari pertama kehidupan si kecil

Foto: eatrightutah.org

Menurut U.S. Department of Health & Human Services, 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil meliputi usia kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan, merupakan masa yang rentan dalam perkembangan manusia.

1. 480 Hari Pertama Penentu Masa Depan

Pada 480 hari pertama ini, termasuk di dalamnya adalah periode kehamilan selama 280 Hari dan periode eksklusif 6 bulan menyusui selama 180 hari.

2. 540 Hari Setelahnya Pada Usia 6 – 24 Bulan

1000 hari pertama kehidupan Si Kecil adalah jendela peluang karena ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan gizi yang mempunyai dampak besar pada berkurangnya populasi gizi buruk.

Pernyataan tersebut juga sudah didukung oleh berbagai penelitian dan dipertegas oleh Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Woman: A background paper. Wellington: Ministry of Health, yang mengatakan bahwa asupan nutrisi yang tepat di saat hamil dan menyusui dapat mendukung keberhasilan menyusui yang optimal.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan bahwa risiko kesehatan anak dan dewasa, termasuk obesitas, hipertensi dan diabetes, dapat diprogram berdasarkan status gizi selama periode ini.

Baca Juga: Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

Manfaat Kecukupan Nutrisi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Nutrisi untuk Janin dan Mama

1000 hari pertama kehidupan si kecil

Foto: shutterstock

Selama masa kehamilan, Ibu merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi Si Kecil dalam kandungan. Oleh karena itu, penting sekali bagi Ibu untuk mendapatkan gizi yang sesuai sejak perencanaan kehamilan, hamil hingga menyusui, khususnya pada 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil.

Kecukupan gizi Ibu juga perlu terus dijaga hingga momen menyusui. Sebab, menyusui adalah cara terbaik untuk memberikan nutrisi pada Si Kecil. Selama dua masa penting ini, Ibu memerlukan tambahan nutrisi lebih banyak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak Si Kecil serta untuk menjaga dan meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Selain itu kebutuhan nutrisi selama periode kehamilan juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, lalu berguna juga untuk penambahan jaringan tubuh Ibu untuk mempertahankan kesehatan serta kekuatan badan Ibu sendiri.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Otak Anak Dengan 5 Nutrisi Ini

Kebutuhan Nutrisi pada Periode Menyusui

1000 hari pertama kehidupan si kecil

Foto: babynutrition.be

Tahukah Ibu bahwa sistem saraf Si Kecil pada bagian otak dan tulang belakang mengalami perkembangan paling pesat di bulan-bulan pertama kehamilan?

Perkembangan sel pada janin ini sangat dipengaruhi oleh asupan gizi yang sesuai dari Ibu untuk Si Kecil.

  • Kelenjar susu Ibu mulai terbentuk. Dimulainya pembentukan kelenjar payudara untuk memproduksi ASI
  • Sistem pencernaan Ibu menjadi sensitif
  • Jumlah sel darah merah meningkat
  • Sistem saraf janin berkembang
  • Pembentukan tulang janin dan kekuatan tulang Ibu

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan nutrisi pada periode menyusui lebih tinggi dibandingkan saat hamil, hal ini dikarenakan untuk mendukung kualitas ASI yang akan diberikan pada Si Kecil. Lalu, kualitas ASI Ibu tidak tergantung pada berat badan lho Moms. Asupan nutrisi tepat lah yang membantu menentukan kualitas ASI Ibu.

Menurut American Academy of Pediatrics, kalori sangat penting untuk pertumbuhan janin dan bayi, namun tidak cukup untuk perkembangan otak normal. Dibutuhkan semua nutrisi untuk pertumbuhan otak dan nutrisi kunci yang mendukung perkembangan saraf seperti Protein, Seng, Zat Besi, Kolin, Asam Folat, Yodium, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12, dan Asam Lemak Tak Jenuh.

Lengkapi semua kebutuhan nutrisi penting 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil dengan rutin minum Frisian Flag Mama setiap hari selama masa kehamilan dan menyusui.

Baca Juga: Menyusui saat Hamil, Wajib Konsumsi 4 Nutrisi Makanan Agar ASI Lancar Ini!

Frisian Flag Mama dan Keistimewaannya

1000 hari pertama kehidupan si kecil

Frisian Flag Mama diproduksi oleh PT. Frisian Flag Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 90 tahun di bidang produk susu dan di bawah pengawasan khusus Royal Friesland Campina dengan pengalaman 130 tahun serta standard mutu internasional.

Frisian Flag Mama dibuat praktis untuk dibuat yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi Ibu hamil dan menyusui pada masa 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil. Rasa cokelat yang sangat lezat seperti es krim akan disukai oleh Ibu hamil. Survey pelanggan membuktikan, 7 dari 10 wanita hamil paling suka rasa cokelat susu Frisian Flag Mama dibandingkan produk sejenisnya.

Selain itu, Frisian Flag Mama merupakan satu-satunya produk nutrisi yang dapat digunakan dalam dua periode sekaligus dan termasuk dalam kategori produk dengan harga yang terjangkau. Frisian Flag Mama kaya akan Protein, tinggi Kalsium dan Zat Besi. Mengandung juga Kolin, DHA, ALA, LA, dan Asam Folat untuk mendukung pertumbuhan otak Janin. Lalu Inulin yang membantu pencernaan supaya tidak terjadi konstipasi dan Vitamin B6 untuk mengurangi mual selama kehamilan.

Anjuran konsumsi Frisian Flag Mama untuk Ibu hamil adalah 1 gelas setiap hari dan untuk Ibu menyusui adalah 2 gelas setiap harinya yang setara dengan 380 kalori. Yuk Moms, sediakan Frisian Flag Mama di rumah untuk mencukupi nutrisi 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil!

(ADV)

Artikel Terkait