KESEHATAN
5 Oktober 2019

Yuk Moms Pelajari Jenis-jenis Kanker Payudara

Sebanyak 80 persen pasien kanker payudara menderita jenis kanker invasive ductal carcinoma
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms mungkin sudah cukup mengenal kanker payudara. Namun, tahukah Moms kalau kanker payudara terbagi atas beberapa jenis?

Nah, berikut jenis-jenis kanker payudara seperti dikutip dari National Breast Cancer Foundation, Inc.

1. Ductal Carcinoma In Situ (DCIS)

askhealthnews.com.jpg

Ductal Carcinoma In Situ (DCIS) adalah kanker non-invasif di mana sel-sel abnormal telah ditemukan di lapisan saluran ASI (Air Susu Ibu).

DCIS disebut juga kanker payudara stadium nol, tidak invasif artinya belum menyebar ke jaringan payudara di sekitarnya. Baik itu ke kelenjar getah bening atau bagian lainnya.

DCIS adalah kanker yang sangat dini dapat disembuhkan, tetapi jika tidak diobati atau tidak terdeteksi, dapat dapat menyebar ke jaringan payudara di sekitarnya.

"Saya memberi tahu pasien meskipun DCIS memiliki kata 'karsinoma', itu sebenarnya bukan kanker. Agar sesuatu menjadi kanker, itu harus menyebar dan tumbuh tak kunjung reda. Namun, karena disertai dengan risiko (kanker ke depannya) perlu ditangani dengan tepat dan tidak perlu takut," kata Marleen Meyers, MD, medical oncologist dan director Perlmutter Cancer Center Survivorship Program di NYU Langone Health.

Baca Juga: Jomblo dan Ibu Tidak Menyusui Berisiko Kanker Payudara, Lho!

2. Invasive Ductal Carcinoma (IDC)

download (5).jpg

Foto: Medicalnewstoday.com

Sel-sel kanker abnormal yang mulai terbentuk di saluran ASI telah menyebar di luar saluran ke bagian lain dari jaringan payudara. Sel kanker invasif juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

IDC adalah jenis kanker payudara yang paling umum, sekitar 70-80 persen penderita kanker payudara didiagnosis IDC. IDC juga merupakan jenis kanker payudara yang biasanya terjadi pada pria.

3. Triple Negative Breast Cancer

thegrowthop.com.jpg

Triple Negative Breast Cancer atau kanker payudara triple-negative merupakan penyakit yang agresif. Umumnya reseptor estrogen, progesteron, dan gen HER-2 memicu sebagian besar pertumbuhan kanker payudara.

Namun, ketika ketika seseorang menderita kanker payudara, tetapi saat dilakukan tes pada tiga reseptor tersebut hasilnya negatif maka disebut dengan kanker payudara triple-negative.

British Journal of Cancer yang diterbitkan pada 2018 menganalisis data dari orang-orang dengan kanker payudara triple-negative.

Hasilnya, seseorang bertahan selama 5 tahun setelah pengobatan, kecil kemungkinan berulang dalam 10 tahun ke depan.

Menurut BreastCancer.org, kanker payudara triple-negative menyumbang 10-20 persen dari seluruh jenis kanker payudara.

Baca Juga: Ini Biaya yang Bisa Dihemat Jika Kanker Payudara Terdeteksi Sejak Dini

4. Inflammatory Breast Cancer (IBC)

images (26).jpg

Foto: Familydoctor.org

Inflammatory Breast Cancer (IBC) adalah kanker payudara yang jarang dan agresif. IBC tumbuh dengan cepat di mana sel-sel kanker menyusup ke kulit dan pembuluh getah bening payudara.

Seringkali IBC tidak menimbulkan benjolan yang dapat dirasakan, akan tetapi pembuluh getah bening menjadi tersumbat oleh sel-sel kanker payudara sehingga gejala mulai muncul.

Di antaranya, gatal-gatal dan munculnya ruam atau iritasi kecil yang mirip dengan gigitan serangga. Payudara biasanya menjadi merah, bengkak, dan hangat.

Kulit payudara tampak seperti kulit jeruk dan perubahan pada puting.

5. Metastatic Breast Cancer

Benarkah Benjolan Pada Payudara Pertanda Awal dari Kanker?

Metastatic Breast Cancer atau metastatis kanker payudara diklasifikasikan sebagai kanker payudara stadium 4. Kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru, hati, tulang, dan otak.

Gejalaya bervariasi, tergantung pada seberapa jauh kanker payudara telah menyebar dan jenis jaringan apa yang telah diserang oleh pertumbuhan kanker baru.

Baca Juga: Bra Berkawat Penyebab Kanker Payudara, Fakta atau Mitos?

6. Jenis Kanker Payudara Lainnya

Ini penjelasan ahli tentang IVF tingkatkan risiko kanker payudara pada perempuan (2).jpg

  • Medullary Carcinoma (karsinoma meduler): Jenis kanker ini hanya diderita oleh 3-5 persen dari semua jenis kanker payudara. Umumnya terdeteksi saat mammogram, tetapi tidak selalu terasa seperti benjolan. Terkadang, penderita hanya merasakan seperti perubahan jaringan payudara yang kenyal.
  • Tubular Carcinoma (Karsinoma Tubular): Sebanyak 2 persen dari seluruh diagnosis kanker payudara, sel-sel karsinoma tubular memiliki struktur tubular yang khas bila dilihat di bawah mikroskop. Biasanya jenis kanker payudara ini ditemukan pada perempuan berusia 50 tahun ke atas.
  • Mucinous Carcinoma (Colloid): Mucinous Carcinoma (Colloid) atau Karsinoma Mucinous mewakili sekitar 1- 2 persen dari semua kanker payudara. Ciri pembeda utamanya adalah produksi lendir dan sel yang tidak terdefinisi dengan baik.

Nah, itulah beberapa jenis kanker payudara yang umumnya diderita. Ternyata, jenisnya cukup banyak ya Moms.

(SWN)

Artikel Terkait