2-3 TAHUN
18 Maret 2018

Yuk Rutin Membacakan Dongeng Untuk Anak!

Ajak si kecil untuk menikmati dongeng
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

  

Tentu sedari kecil kita semua akrab dengan dongeng dan cerita anak-anak. Namun saat ini, seiring dengan padatnya kesibukan orangtua sering membuat Moms sulit membagi waktu untuk balita.

Padahal mendongeng atau membacakan cerita dapat memberikan banyak sekali dampak positif bagi balita. Selain itu, aktivitas membacakan dongeng untuk anak ternyata mampu menunjang tumbuh kembang anak untuk kedepannya nanti.

Berdasarkan beberapa penelitian membuktikan bahwa manfaat membacakan dongeng anak sangat berperan pada psikologisnya.

Penelitian dari American Academy Of Pediatrics mengungkapkan bahwa balita yang terekspose dengan banyak dongeng di rumah memiliki aktivitas otak yang berbeda dibanding anak yang cara dibacakan dongeng.

Oleh karena itu, pada penelitian ini menyarankan orang tua yang memiliki anak dibawah usia 3 tahun dibacakan dongeng sebagai bentuk stimulasi belajar tahap awal. Jadi membacakan dongeng secara rutin untuk balita sangatlah direkomendasikan.

    

Tanamkan Nilai-Nilai Kebaikan

Walaupun balita belum bisa memahami kata-kata yang terdapat dalam buku dongeng, dia dapat mengerti lewat suara yang Moms sampaikan dari dongeng tersebut.

Balita cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar terutama lewat karakter dari tokoh dongeng yang Moms ceritakan. Lewat dongeng yang Moms bacakan, secara tidak langsung Moms sedang menanamkan nilai-nilai kebaikan dan hal-hal positif yang bisa diambil dari dongeng tersebut.

   

Mengembangkan Daya Imajinasi

Dunia anak penuh dengan imajinasi. Anak seolah memiliki dunianya sendiri dengan segala kreatifitasnya. Peran Moms adalah mengarahkannya pada imajinasi yang positif dan tetap terkontrol.

Lewat dongeng yang Moms ceritakan, anak dapat menciptakan dunia imajiinasi yang penuh akan hal-hal positif untuk mendidiknya. Selain itu, kemampuan imajinasi lewat dongeng yang Moms ceritakan, membuat anak mampu memvisualisasikan karakter yang tidak nyata, tempat, serta situasi yang membuat hidup mereka bisa lebih berwarna.

  

Jalin Kedekatan Orangtua dan Balita

Membacakan dongeng secara rutin mampu menjalin kedekatan antara orangtua dan si kecil. Apalagi jika Moms bekerja dan hanya menemui balita saat tidur.

Oleh karena itu, sempatkanlah meluangkan waktu bersama balita walaupun hanya sekedar membacakan dongeng. Membacakan dongeng secara rutin bersama balita menjadi bentuk perhatian bahwa sikecil merasa diperhatikan dan dikasih sayang oleh Moms.

   

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Kisah dongeng mampu menstimulasi secara dini keterampilan berbahasa pada balita. Apalagi kisah dongeng yang mengandung cerita positif membuat balita menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

    

Jadi apakah Moms sudah siap untuk rutin membacakan dongeng untuk balita Moms?

  

(PIA)

Artikel Terkait