KESEHATAN
7 Agustus 2019

Yuk Simak 5 Obat DBD (Demam Berdarah Dengue) dari Bahan Alami

Konsumsi jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit yang menjadi komplikasi utama DBD.
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak hanya gatal, seseorang yang digigit nyamuk jenis tertentu bisa mengalami penyakit demam berdarah yang bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Mengutip dari Medical News Today, demam berdarah adalah infeksi yang ditularkan oleh nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit seperti flu yang parah.

Ini disebabkan oleh empat virus berbeda dan disebarkan oleh nyamuk Aedes, dan penyebab yang paling umum adalah nyamuk Aedes aegypti.

Ada bahan alami yang bisa meringankan penyakit DBD (demam berdarah dengue). Tentu saja, bahan alami ini tidak menyembuhkan total, karenanya Moms perlu berkonsultasi ke dokter jika merasakan tanda DBD (demam berdarah dengue) timbul.

Berikut daftarnya, dikutip dari Style Craze.

Baca Juga: Ketahui Tempat Nyamuk Demam Berdarah Bersarang dan Cara Membasminya

1. Jus Daun Pepaya

daun pepaya

Ambil segenggam daun pepaya dan hancurkan hingga terdapat ekstranya. Peras lumatan daun pepaya tersebut dan minum jusnya.

Moms dapat mencampurnya dengan madu atau jus buah untuk meningkatkan rasanya. Ramuan ini dikonsumsi sebanyak dua sendok makan, tiga kali sehari.

Ekstrak daun pepaya adalah cara yang bisa meringankan DBD (demam berdarah dengue). Daun pepaya kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

DBD (demam berdarah dengue) sering menyebabkan jumlah trombosit yang rendah, dan daun pepaya dapat membantu meningkatkan kembali jumlah trombosit darah.

2. Jus Apel

jus apel.jpg

Moms memerlukan segelas jus apel dari buah segar, dicampur dengan satu sendok teh jus lemon. Konsumsi campuran jus ini setiap hari, sebanyak 2-3 kali sehari.

Jus apel dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah, yang juga meningkatkan jumlah trombosit darah. Selain itu, apel adalah antioksidan alami dan dapat membantu melindungi sel-sel darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 7 Obat Sakit Kepala Dari Bahan Alami

3. Jus Jambu

guava-juice.jpg

Ambil 1-2 cangkir jus jambu biji segar, atau potong dan makan langsung buah jambu biji. Moms bisa mengonsumsi dua kali sehari.

Jambu biji merupakan sumber yang kaya akan tanin, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Jambu biji juga dikenal mampu meningkatkan jumlah trombosit darah sehingga bagus untuk mengobati penyakit dan gejala DBD (demam berdarah dengue).

4. Kunyit

7 kunyit

Campur 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam 1 gelas susu panas, Moms bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa. Minum ramuan ini sekali sehari, lebih baik sebelum tidur.

Kunyit memiliki banyak manfaat obat dan digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit. Sebagian besar manfaat ini disebabkan oleh adanya kurkumin di dalamnya.

Fungsi imunomodulator dari kurkumin membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sementara sifat antivirusnya membantu dalam memerangi infeksi virus sehingga cocok menjadi obat DBD (demam berdarah dengue) yang baik.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Perut

5. Sup Kepiting

sup kepiting.jpg

Moms juga bisa mengonsumsi semangkuk sup kepiting yang menyajikan 1-2 kepiting per piring. Moms bisa mengonsumsi sup ini dua kali sehari.

Sup kepiting adalah makanan yang kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Asupan sup kepiting secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah, sehingga dapat mengurangi komplikasi serius pada DBD (demam berdarah dengue).

Obat ini dapat membantu mempercepat pemulihan dari penyakit DBD (demam berdarah dengue). Namun, tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat ya, Moms.

Artikel Terkait