SELEBRITI
2 Agustus 2019

Yuk Simak, Ini 6 Fakta Meninggalnya Agung Hercules

Sebelum meninggal, Agung Hercules sempat mengalami koma tiga hari
placeholder

Foto: instagram.com/agunghercules88

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah satu tahun berjuang melawan kanker otak Glioblastoma, Agung Hercules menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (1/8) pukul 15.56 WIB.

Hal ini tentu menjadi kabar yang mengagetkan banyak orang, tidak hanya bagi kerabat dan keluarga tetapi juga teman-teman Agung di industri hiburan.

Berikut ini beberapa fakta tentang meninggalnya Agung Hercules yang didapat dari berbagai sumber:

1. Meninggal karena Kanker Otak

agung hercules-GBM.jpg

Foto: instagram.com/agunghercules88

Agung Hercules telah berjuang melawan kanker otak glioblastoma. Publik mengetahui kondisi Agung pada Juni 2019 dan ia dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

Jenis kanker otak yang dialami Agung Hercules bisa terbilang akut karena sudah masuk ke stadium empat. Glioblastoma adalah jenis tumor otak yang sangat agresif, mengutip dari Healthline.

Penyakit ini juga akan menyebabkan pengidapnya hilang ingatan, masalah ketika bicara, lemah otot, penglihatan kabur, selera makan hilang, bahkan kejang.

Baca Juga: Gejala Awal Kanker Serviks yang Sering Diabaikan dan Pengobatannya

2. Sempat Koma 3 Hari Sebelum Meninggal

agung-3.jpg

Foto: instagram.com/agunghercules88

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, ternyata Agung Hercules sempat mengalami koma selama tiga hari. Hal ini disampaikan oleh Peter yang merupakan manajer dari Agung Hercules.

"Sebenarnya dari siang, kemarin juga sempat masuk rumah sakit empat hari, itu juga sudah koma. Tiga hari koma, siang (Kamis) ngedrop parah," ungkap Peter mengutip Kumparan.

Peter menambahkan, bahwa Agung meninggal dengan tenang ditemani oleh keluarganya.

"Kemarin ini sudah empat hari sih di rumah sakit. Alhamdulillah meninggalnya tenang," tambahnya.

3. Dimakamkan di Bandung

agung-5.jpg

Foto: Tribun Medan

Ketika dinyatakan meninggal, pihak keluarga Agung Hercules memutuskan untuk membawa jenazah Agung ke Bandung, Jawa Barat, untuk dimakamkan.

Mengutip Tribun Seleb, Agung akan dimakamkan di kawasan Parakan, Bandung, Jawa Barat, dan pemakaman akan dilaksanakan pada Jumat (2/8) setelah kedua orang tua Agung datang dari Malang, Jawa Timur.

"Karena nunggu keluarga dari Malang, mungkin selesai shalat Jumat mungkin," ungkap Peter.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Membawa Balita ke Pemakaman

4. Keluarganya dan Sahabatnya yang Merasa Terpukul

agung-2.jpg

Foto: instagram.com/pandji.pragiwaksono

Kabar meninggalnya Agung Hercules memberikan kesedihan yang mendalam bagi para keluarga dan juga kerabat dekatnya. Seperti dua sahabatnya, Isa "Bajaj" dan Senyorita, yang terpukul dengan kepergian Agung.

"Kaget lah, berduka banget. Karena dua hari yang lalu juga ke sini, nengokin. Mungkin ini yang terbaik untuk Mas Agung," ujar Isa mengutip Kompas.com.

Senyorita juga menitikan air mata dan meminta masyarakat mendoakan arwah Agung Hercules.

"Aku cuma minta doanya, mohon maaf kalo ada kesalahan dari beliau, semoga beliau diampuni dosa-dosanya, dan Alhamdulillah, ini berpulangnya habis Ashar, malam Jumat, insyaAllah dijauhkan dari siksa kubur," ungkap Senyorita.

Dengan kepergian Agung Hercules, ia meninggalkan sang istri, Mira Rahayu, dan tiga orang anaknya: Mia Aulia Gaswara, Redo Reja, dan Feby Gaswara.

5. Dikenal Sebagai Sosok Periang

agung-4.jpg

Foto: instagram.com/agunghercules88

Tidak hanya sahabat dan keluarganya, sejumlah publik figur lainnya juga memberikan kenangan yang mereka miliki dengan Agung Hercules, salah satunya komedian Pandji Pragiwaksono.

Pandji mengunggah foto Agung Hercules dan menulis caption mengharukan untuk temannya tersebut di akun Instagramnya.

"Mas Agung adalah salah satu manusia terfavorit gue. Gue seneng ngobrol & bercanda dengan almarhum. Kami menghabiskan banyak waktu bersama, baik di acara-acara TV maupun syuting film," tulis Pandji.

Begitu juga dengan Joe 'P Project', yang juga datang ke rumah duka Agung Hercules. Joe menganggap bahwa Agung sosok yang ceria dan selalu membuat teman-temannya tertawa.

"Ceria ya, selalu bikin ketawa kadang juga hal yang tidak diduga-duga bisa bikin kita seger," kata Joe di rumah duka, Bandung, Jawa Barat, mengutip Kumparan.

Baca Juga: Mengenal Glioblastoma, Jenis Tumor Otak Ganas yang Diderita Agung Hercules

6. Meninggalkan Pesan untuk Para Penggemar

agung-6.jpg

Foto: instagram.com/agunghercules88

Tak hanya dikenal sebagai sosok yang periang dan ceria, sebelum meninggal pun Agung Hercules juga memberikan pesan terakhir kepada penggemarnya.

Pesan itu dikatakan oleh Sinyorita yang sebelumnya diungkapkan oleh istrinya, Mira Rahayu, usai melayat jenazah Agung di ruang Instalasi Patologi Anatomi dan Pemulasaraan Jenazah Rumah Sakit Dharmais, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (1/8/2019).

"Teh Mira cuma minta sampein, minta maaf buat seluruh pecinta mas Agung di mana pun berada. Buat sahabat-sahabat rekan artis juga kalau Mas Agung punya salah mohon dimaafkan," kata Sinyorita mengutip Tribun Seleb.

Itulah beberapa fakta tentang meninggalnya Agung Hercules. Semoga Agung Hercules diberikan tempat terbaik ya Moms. Sekali lagi, selamat jalan Agung Hercules!

Artikel Terkait