PROGRAM HAMIL
24 Mei 2020

Pentingnya Zat Besi dalam Program Hamil, Moms Wajib Tahu

Perlu menjalankan pola makan bergizi tinggi dalam program hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika sedang berusaha dalam melakukan program hamil, Moms mungkin akan disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Sebenarnya, apa fungsi zat besi ini dalam mencoba kehamilan?

Yuk, simak penjelasan dari dr. David Mayndra Utama, Sp.OG, ginekolog dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Baca Juga: Yuk, Berikan 9 Makanan Kaya Zat Besi Ini untuk Anak

Alasan Zat Besi Penting untuk Program Hamil

4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dikutip dari dr. David Mayndra, sebenarnya menyiapkan fisik untuk program hamil, intinya adalah mengatur pola hidup menjadi lebih baik. Caranya adalah menjalankan pola makan bergizi tinggi dan mempraktikkan pola hidup sehat.

Berbicara mengenai gizi makanan, khususnya zat besi, salah satu fungsi utama zat ini adalah membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang akan mengikat dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Peneliti sendiri menemukan bahwa perempuan yang kekurangan zat besi berisiko mengalami anovulasi, yaitu kondisi tidak terjadinya ovulasi karena tidak adanya sel telur. Maka, kehamilan tidak bisa terjadi.

Selain itu, mencukupi kebutuhan zat besi harian sangatlah penting untuk menghindari anemia dan mendukung kehamilan yang sehat. Mencukupi kebutuhan zat besi harian sejak sebelum hamil dapat membantu menghindarkan Moms dari masalah ovulasi, serta mencegah timbulnya anemia saat Moms hamil nanti.

Berdasarkan panduan dari National Institutes of Health, perempuan dewasa membutuhkan zat besi sebanyak 18 miligram per hari, 27 miligram per hari saat dia hamil, dan 9 gram per hari saat ia menyusui. Nah, tak diragukan lagi, kan, Moms, manfaat zat besi untuk kesuburan?

Baca Juga: Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat, Berbahaya Bagi Janin!

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi?

1 Zat Besi.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dikutip dari National Institute of Health, jenis makanan yang kaya akan zat besi antara lain:

  • Daging merah tanpa lemak
  • Kacang-kacangan
  • Hati ayam dan sapi
  • Bayam
  • Brokoli
  • Tahu
  • Salmon
  • Udang

Selain menyantap makanan yang kaya akan zat besi, Moms juga dapat mencukupi kebutuhan zat besi untuk kesuburan dengan mengonsumsi multivitamin prakehamilan yang biasanya juga mengandung zat besi.

“Kelak ketika hamil nanti, zat besi pun membantu pertumbuhan sel darah dan otot baik bagi ibu dan juga bagi janin dalam kandungan sehingga bisa mencegah terjadinya anemia dalam kehamilan,” ucap dr. David.

Namun, jangan langsung membelinya sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter. Penting untuk menemui dokter dulu agar dapat diketahui apakah Moms memang perlu mengonsumsi suplemen khusus zat besi. Apabila Moms memang perlu mengonsumsinya, dokter akan memberikan panduan dosis yang tepat sesuai kondisi Moms.

Itulah pentingnya mengonsumsi zat besi saat program hamil, Moms. Semoga program hamil Moms berhasil, ya.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

(*)

Artikel ini dibuat bekerja sama dengan Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Artikel Terkait