KEHAMILAN
23 Juli 2020

Zat Besi dapat Meningkatkan Kesuburan, Ini Kata Ahli!

Disimak dengan baik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu hal yang dianjurkan pada pasangan yang ingin segera memiliki momongan.

Bagi seorang wanita yang berencana untuk hamil juga sangat disarankan untuk makan makanan mengandung zat besi dan kaya akan asam folat untuk meningkatkan kesuburan.

Pengaruh Makan Makanan Mengandung Zat Besi Untuk Kesuburan Menurut Hasil Penelitian

Memperbanyak Konsumsi Zaat Besi Dapat Tingkatkan Kesuburan? 1

Foto: pixabay.com

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed pada tahun 2006 lalu mengungkapkan bahwa makan makanan mengandung zat besi dapat membantu menurunkan risiko infertilitas yang disebabkan oleh gangguan ovulasi.

Akan tetapi, sebuah studi terbaru yang dipimpin oleh para peneliti dari Boston University School of Public Health (BUSPH) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan konsisten antara makan makanan mengandung zat besi dan peluang hamil.

Studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition tersebut menemukan bahwa zat besi heme, yang sebagian besar berasal dari daging, tidak berpengaruh pada berapa lama wanita akan segera hamil.

Sedangkan zat besi non-heme, yang ditemukan dalam sayuran dan suplemen makanan, memiliki efek sederhana hanya untuk wanita yang cenderung kekurangan zat besi karena menstruasi dengan perdarahan hebat atau setelah melahirkan.

“Untuk perencanaan kehamilan pada umumnya, mungkin akan lebih bijaksana untuk mengonsumsi multivitamin prakonsepsi, tetapi lebih untuk asam folat daripada zat besi,” kata Dr. Elizabeth Hatch, penulis senior yang terlibat dalam studi di atas dan profesor epidemiologi di BUSPH, seperti dikutip dari Science Daily.”

“Jika Anda memiliki siklus menstruasi dengan perdarahan yang sangat hebat, mungkin lebih baik untuk memeriksa kadar zat besi Anda ke penyedia layanan kesehatan.”

Baca Juga: 4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil

Konsultasikan Kebutuhan Zat Besi Dengan Dokter

Memperbanyak Konsumsi Zaat Besi Dapat Tingkatkan Kesuburan? 2

Foto: pixabay.com

Untuk memastikan bahwa Moms sudah mendapatkan asupan zat besi yang tepat, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, meskipun banyak yang menyarankan agar Moms makan makanan mengandung zat besi untuk meningkatkan kesuburan, terutama jika itu dalam bentuk suplemen.

Dokter dapat menentukan berapa banyak zat besi yang Moms butuhkan dan perlu atau tidaknya mengonsumsi suplemen tambahan.

“Jangan asal mengonsumsi suplemen tambahan sampai Anda tahu bahwa Anda mengalami defisiensi,” kata Sarah Krieger, RD, ahli gizi yang berbasis di St. Petersburg, Florida, sekaligus juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dikutip dari Parents.

“Lakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang asupan terbaik sesuai dengan kondisi dan situasi Anda.”

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

Tips Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Saat Melakukan Program Hamil

Memperbanyak Konsumsi Zaat Besi Dapat Tingkatkan Kesuburan? 3

Foto: pixabay.com

Makan makanan mengandung zat besi adalah cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh Moms yang sedang menyiapkan atau menjalankan program hamil.

Menurut dr. Melissa Goist, sebagian besar wanita yang mempunyai cadangan zat besi yang cukup serta makan makanan mengandung zat besi yang optimal, biasanya tidak membutuhkan suplemen tambahan.

Maka dari itu, sebaiknya cukupkan asupan kebutuhan zat besi Moms saat hamil dengan makan makanan mengandung zat besi sebagai berikut:

  1. Sayuran berdaun hijau, biasanya mengandung zat besi yang tinggi, seperti kale, bayam, brokoli, dan sawi.
  2. Makanan mengandung vitamin C, seperti stroberi, jeruk, kiwi, tomat, melon, dan paprika yang bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.
  3. Zat besi non-heme bisa Moms temukan di dalam kacang-kacangan, sayuran, tahu, buah kering, biji-bijian, dan telur.
  4. Zat besi heme bisa berasal dari sumber hewani, seperti ikan, daging merah, dan unggas.

Lalu, menurut laman Baby Center, bagi Moms yang sedang mempersiapkan atau menjalankan program hamil sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang bersifat mencegah penyerapan zat besi bersamaan dengan makanan kaya zat besi.

Makanan-makanan tersebut termasuk produk susu, produk kedelai, kopi, dan teh.

Baca Juga: 4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil

Faktanya, tidak semua perempuan, termasuk Moms yang sedang menjalani program hamil, perlu makan makanan mengandung zat besi. Bila Moms memang perlu mengonsumsinya, dokter akan memberikan panduan dan anjuran makan makanan mengandung zat besi yang tepat sesuai kondisi Moms.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai apa pun yang ingin Moms konsumsi atau lakukan untuk memperbesar peluang hamil.

Artikel Terkait