GAYA HIDUP
8 Mei 2020

Zumba saat Puasa, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Kapankah waktu zumba yang tepat?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berpuasa di tengah pandemi COVID-19 memang tidak mudah. Namun ini tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk kendor memperhatikan kesehatan tubuh kita. Justru di saat inilah, kebugaran tubuh wajib diperhatikan.

Jika Moms masih bingung, olahraga apa yang baik untuk dilakukan dan seru, mungkin Moms bisa mencoba zumba. Dengan musiknya yang asik dan gerakan menarinya yang cepat, tubuh pasti akan bergerak.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

Agar Moms bisa mengikuti dengan baik, alternatif yang dapat dipilih adalah mengikuti kelas zumba virtual atau kelas zumba online. Memang ada? Tentu saja!

Waktu Terbaik Melakukan Zumba saat Puasa

zumba saat puasa

Foto: verywellfit.com

Zakaria Yunus, Zumba Education Specialist (ZES), mengatakan bahwa layaknya olahraga lainnya yang dilakukan saat puasa, zumba sebaiknya dilakukan sore hari, menjelang waktu berbuka puasa.

"Zumba yang paling bagus dilakukan sebelum buka puasa. Karena zumba ini kan gerakannya dance dan menyenangkan ya, jadi paling bagus dilakukan sebelum berbuka puasa sekitar jam 16.00," kata Zakaria melalui teleconference tentang Zumba Virtual Class for Charity, pada Kamis (23/4/2020).

Menurut Zakaria, gerakan zumba mudah diikuti bahkan oleh orang yang baru mengikuti olahraga tersebut. Karena gerakannya menyerupai tarian modern, jadi tidak akan terlalu memaksakan kita dan disesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing.

Untuk durasinya sendiri, Jaka, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa satu sesi zumba idealnya berlangsung sekitar 50 - 60 menit. Zumba juga aman untuk dilakukan setiap harinya.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

"Karena gerakannya merupakan perpaduan dance sama fitness, jadi bisa dilakukan setiap hari," ujarnya.

Namun, agar tidak bosan, Jaka menyarankan agar kita memvariasikan zumba dengan olahraga lainnya. Misal, tiga hari melakukan zumba, dua hari lainnya bisa diselingi dengan olahraga lain, seperti yoga maupun jogging.

Olahraga zumba tidak hanya menyehatkan tubuh, namun Jaka juga menyebutkan bahwa zumba efektif untuk menurunkan berat badan. Moms tertarik?

Olahraga Zumba dan Charity Class

zumba saat puasa

Foto: bebeautiful.in

Tidak hanya menyehatkan tubuh melalui zumba saja, namun kita juga bisa ikutan berdonasi dengan melakukan zumba di rumah.

Sebagai upaya untuk mengajak masyarakat tetap aktif bergerak dan berpartisipasi dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia, Zumba, perusahaan kebugaran bermerek terbesar di dunia, mengadakan penggalangan dana yang ditujukan kepada tenaga kesehatan (nakes) di seluruh rumah sakit di Indonesia.

Sesuai dengan temanya, yaitu olahraga, Zumba menggalang donasi melalui virtual Zumba charity class yang dilaksanakan dengan bantuan aplikasi Zoom.

Baca Juga: 4 Tips Persiapan Puasa Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19

Zakaria menjelaskan bahwa penggalangan dana akan ditujukan kepada tenaga kesehatan melalui kerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran (IKAFK) Universitas Airlangga.

Dana yang terkumpul nantinya akan dikirimkan langsung kepada Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran (IKAFK) Universitas Airlangga, untuk dibelikan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang menangani COVID-19.

"Dana yang terkumpul dalam bentuk cash dan akan disalurkan kepada IKAFK Universitas Airlangga dalam bentuk cash juga," tutup Jaka.

Artikel Terkait