KESEHATAN
17 Januari 2020

Zumba untuk Menurunkan Berat Badan, Seberapa Efektif?

Zumba mampu membakar 300 kalori per latihan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mencapai berat badan proporsional, siapa yang tidak mau? Banyak orang yang berusaha menggapai berat badan ideal dengan berbagai cara, mulai dari mengatur pola makan, menerapkan gaya hidup sehat, dan rutin berolahraga.

Banyak olahraga yang bisa dipilih namun terkadang terbentur karena rasa malas dan bosan.

Zumba, olahraga yang berasal dari Columbia, menjadi salah satu jenis olahraga yang saat ini banyak diminati. Bagaimana tidak, zumba adalah jenis olahraga yang menyenangkan, terinspirasi oleh berbagai gaya tarian dari Amerika Latin, yang diiringi musik.

Namun sebenarnya, seberapa efektif zumba untuk menurunkan berat badan? Ini ulasannya.

Baca Juga: Klise Tapi Manjur, Ini 3 Cara Menurunkan Berat Badan yang Manjur, Sesuai Aturan

Rutin Lakukan Zumba untuk Menurunkan Berat Badan

Seberapa Efektif Zumba untuk Turunkan Berat Badan-2.jpg

Foto: glamour

Olahraga zumba untuk menurunkan berat badan akan efektif apabila dilakukan secara rutin. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine pada tahun 2012, zumba dengan intensitas standar selama 39 menit dapat membakar rata-rata 9,5 kalori per menit.

Kalau dihitung secara total, Moms bisa membakar setidaknya 369 kalori dalam satu sesi kelas zumba.

Lain lagi menurut studi dariAmerican Council on Exercise. Studi ini mengungkapkan bahwa zumba mampu membakar 300 kalori per latihan, sehingga dapat menurunkan badan secara efektif.

Selain itu, melakukan zumba secara rutin selama 12 minggu juga memberikan peningkatan signifikan dalam kebugaran aerobik.

Rasanya tidak mengherankan ya, karena olahraga zumba merupakan kombinasi dari tari salsa dan aerobik. Ditambah lagi dengan mengikuti irama musik, Moms akan melakukan zumba dengan menyenangkan dan tidak bosan.

“Zumba adalah jenis olahraga menyenangkan yang dapat membuat tubuh bugar. Kelas dapat disesuaikan dengan tingkat kebugaran. Selain itu, zumba dapat meningkatkan hormon endorfin dan meredakan tingkat stres,” ungkap Dr. Melinda Ratini, dokter dari Pennsylvania.

Zumba efektif untuk menurunkan berat badan karena melibatkan gerakan seluruh tubuh, mulai dari lengan ke bahu dan ke kaki, sehingga hasil yang didapatkan juga menjadi maksimal.

Namun, sebaiknya tetap jangan lupakan melakukan pemanasan sebelum melakukan berbagai jenis olahraga apa pun, termasuk zumba.

Baca Juga: 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam

Zumba Baik untuk Kesehatan

Seberapa Efektif Zumba untuk Turunkan Berat Badan-3.jpg

Foto: popsugar

Selain untuk diet dan program menurunkan berat badan, ternyata zumba juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut studi dari American Journal of Health Behavior menunjukkan wanita yang mengidap diabetes tipe 2 dan obesitas yang lakukan zumba tiga kali seminggu selama 16 minggu dapat menurunkan persentase lemak di dalam tubuh.

Rutin melakukan zumba juga membantu membangun daya tahan tubuh yang semakin baik. Setelah 12 minggu program zumba, maka Moms akan merasa daya tahan tubuh semakin baik dan mampu melatih keseimbangan tubuh dengan baik.

Manfaat lainnya juga bisa dilihat dari kondisi psikologis. Seseorang yang rutin lakukan zumba dapat merasa lebih mandiri, percaya diri, dan merasa hidupnya akan lebih terarah.

Nah, hal yang perlu diketahui juga bahwa zumba adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok. Hal ini membuat Moms bisa berinteraksi dengan banyak orang setiap masuk kelas sehingga dapat bersosialisasi dengan baik.

Baca Juga: 10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Itulah yang bisa didapatkan dari rutin melakukan olahraga zumba untuk menurunkan berat badan. Tentu saja, program penurunan berat badan tidak terbatas dengan melakukan zumba saja.

Moms juga perlu memerhatikan pola makan sehari-hari, kualitas tidur yang baik, dan banyak beraktivitas. Dengan begitu, berat badan yang ideal akan berhasil untuk didapatkan. Jadi, ingin mencoba zumba mulai dari sekarang?

Artikel Terkait