GAYA HIDUP
12 Agustus 2019

3 Alasan yang Sering Dipakai Seseorang untuk Selingkuh

Selingkuh harus pakai alasan ya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Ada banyak alasan kenapa seseorang yang sudah menikah melakukan perselingkuhan.

Melansir verywellmind.com, sebanyak 40 persen dari pasangan yang sudah menikah ternyata melakukan perselingkuhan.

Terlepas dari tingginya persentase, kebanyakan orang akan menganggap bahwa selingkuh adalah hal yang salah.

Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang berselingkuh seperti gangguan kepribadian dan gangguan masa kecil, eksposur media sosial dan kurangnya batas juga bisa meningkatkan kesempatan seseorang untuk berselingkuh.

Frustasi dalam pernikahan adalah pemicu yang paling umum, orang yang berselingkuh akan membuat beberapa percobaan sebelum pada akhirnya mereka berhasil diam-diam bermain api di belakang pasangan mereka.

Menurut Dylan Selterman, psikolog sosial di University of Maryland yang menerbitkan jurnalnya di The Journal of Sex Research mengungkapkan bahwa salah satu mitos terbesar dalam hubungan seseorang adalah bahwa mereka berpikir pasangan berselingkuh karena ada yang salah dalam hubungan, padahal tidak selalu seperti itu.

Bisa saja karena memang pasangan mereka yang gemar bermain api padahal rumah tangga mereka tak ada masalah apa pun. Lantas apa saja yang sering dipakai seseorang untuk dijadikan alasan berselingkuh?

Baca juga : Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tahu Suami Berselingkuh?

1. Merasa Kurang Mendapat Apresiasi Pasangan

3 Alasan yang Sering Dipakai Seseorang untuk Selingkuh 1.jpg

marshaferrickcoaching.com

Merasa tidak dihargai atau diabaikan bisa berujung pada perselingkuhan, dan biasanya terjadi pada wanita.

Ketika suami dan istri bekerja, seringkali istri masih menanggung beban pekerjaan domestik di rumah seperti mengurus anak dan kebersihan rumah.

Jika tidak mendapat apresiasi dan perhatian dari suami, maka hal ini bisa membuat istri merasa terabaikan dan akan mencari perhatian yang bisa didapat dari orang lain.

Maka dari itu, komunikasi dengan pasangan penting untuk dilakukan secara rutin agar semua permasalahan rumah tangga bisa diselesaikan dengan baik.

2. Bosan

3 Alasan yang Sering Dipakai Seseorang untuk Selingkuh 2.jpg

today.com

Kebosanan bisa berujung pada perselingkuhan bagi pasangan yang mencari ketegangan dan antusiasme dalam mencari seseorang yang dianggap lebih menarik.

Beberapa orang mengklaim bahwa perselingkuhan ini dilakukan semata-mata hanya untuk menambah bumbu-bumbu percintaan di rumah tangga inti masing-masing.

Kurangnya rasa pengertian dalam membina rumah tangga bisa menjadi penyebab kebosanan dalam pernikahan yang pada akhirnya akan berujung dengan perselingkuhan.

Baca juga : Tak Ingin Pasangan Selingkuh? Coba Jaga Beberapa Hal Ini

3. Balas Dendam

3 Alasan yang Sering Dipakai Seseorang untuk Selingkuh 3.jpg

menway.interia.pl

Dalam sebuah hubungan yang memang sudah tidak harmonis, keinginan untuk melukai perasaan pasangan dengan berselingkuh sering disebabkan karena keintiman yang mulai memudar.

Selain itu, rasa penasaran akan pengalaman baru juga membuat seseorang untuk melakukan hal-hal seperti perselingkuhan.

(SN/CAR)

Artikel Terkait