TREN
11 Januari 2017

3 Cara Tampilkan Kolase Foto Terbaik 2016

Ini cara susun kompilasi foto kolase!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tahun memang sudah berganti, namun beberapa pemilik akun Instagram masih sibuk mengumpulkan dan menata mana foto terbaik yang dapat menggambarkan perjalanan tahun 2016. Aktifitas menata deratan foto dalam jejaring sosial ini seringkali disebut kolase foto. Kemunculan kolase berawal dari Facebook ketika mengeluarkan YearInReview yang memungkinkan user menampilkan foto terbaik dalam setahun.

Menjadi marak di Facebook, kolase kemudian merambah platform jejaring sosial berbasis foto. Diawali dari situs 2015bestnine, kolase menjadi viral di Instagram. Foto kolase seakan menjadi cerminan dari rangkuman perjalanan user yang kemudian ditampilkan dalam sebuah deretan gambar yang bernilai. Ada tiga cara bagi pengguna Instagram untuk menampilkan momen terbaik melalui kolase.

1. 2016bestnine

Merupakan kisah lanjutan dari seri 2015bestnine yang sukses dikunjungi hingga 70 juta pengguna hanya saat momen pergantian tahun yang lalu. 2016bestnine akan menampilkan sejumlah foto terbaik dari tahun 2016 dengan berdasar pada komentar terbanyak dan jumlah like terbanyak. Secara otomatis Sembilan foto terbaik akan dirangkai dan bisa diunduh atau di-share.

Untuk bisa mendapatkan sembilan foto paling memorable dari 2016bestnine, cukup kunjungi halaman situs resminya. Pada laman situs 2016bestnine, pengguna cukup mengetik nama ID yang digunakan dalam Instagram lalu klik get, dan secara otomatis sembilan gambar terpilih akan muncul. Namun pastikan akun Instagram tidak terkunci dan terbuka untuk umum.

2. 16bestof16

Cara membuat kolase yang kedua yaitu dengan 16bestof16. Cara kerjanya hampir sama dengan 2016bestnine, yaitu foto akan disusun berdasar pada banyaknya komentar dan jumlah like yang didapat dalam foto tersebut. 16bestof16 merupakan sebuah tool yang memungkinkan pengguna menyusun kompilasi momen terbaik selama satu tahun kalender pada 2016.

Sesuai dengan namanya, foto yang disusun akan berjumlah 16 dan foto harus sudah diunggah di Instagram. Untuk bisa menggunakannya, pengguna diharuskan mengakses laman resminya dan mengisi ID pada kolom yang tersedia. 16bestof16 lalu akan memunculkan sebuah foto kompilasi berjumlah 16. Pastikan juga bahwa akun Instagram tidak sedang dalam keadaan private.

3. Instagfy

Tool ini sedikit berbeda dari 2016bestnine atau 16bestof16, meski fungsinya tetap sama dalam merangkai foto kompilasi. Yang berbeda adalah pada cara menampilkan konten yang ada dalam kolase. Instagfy akan membuat album kolase yang berisi gambar gerak dalam format GIF. Sistem yang diterapkan masih sama, yaitu menyusun berdasar banyaknya jumlah komentar dan like.

Secara sekilas, Instagfy lebih mirip dengan aplikasi boomerang yang jadi favorit pengguna Instagram. Bedanya, boomerang apps bisa digunakan dalam momen apapun, sedang Instagfy akan mengambil gambar yang dinilai sebagai yang terbaik dalam rentang satu tahun. Cukup buka halaman Instagfy, lalu ketik ID Instagram yang akan dibuat kolase dan lihat hasilnya.

Apapun tool yang dipilih untuk merangkai foto kolase, hendaknya tidak mengurangi makna dari momen tersebut. Tool berupa 2016bestnine, 16bestof16, dan Instagfy hanya merupakan alat yang membantu mempermudah menyusun deretan momen terbaik.

Bagaimana dengan Anda, tool apakah yang sudah Anda gunakan?

(RIA)

Artikel Terkait