PROGRAM HAMIL
4 September 2019

4 Aplikasi untuk Membantu Mengetahui Masa Subur Wanita

Malas membuat kalender masa subur sendiri? Santai, coba saja beberapa aplikasi di bawah ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Di era digital hari ini, banyak aplikasi yang bisa membantu kita dalam melakukan banyak hal. Termasuk, membantu menentukan masa subur wanita.

Aplikasi kesuburan sangat berguna bagi Moms yang sedang menjalani program hamil, atau yang berpikir untuk menunda memiliki buah hati. Berbagai manfaat dan pengetahuan mengenai persiapan kehamilan, perhitungan siklus menstruasi atau masa subur biasanya juga tersedia pada aplikasi tersebut.

"Teknologi baru, dan khususnya pelacakan diri, mengubah cara kita memandang tubuh dan kesehatan kita. Aplikasi memberikan informasi yang berharga mengenai perubahan hormon dan masa ovulasi dalam skala waktu yang tepat," ungkap Laura Symul peneliti yang berkerja di Lab Epidemiologi Digital EPFL.

Oh ya, ada fitur-fitur yang membantu Moms menjadwalkan kapan melakukan hubungan seksual. Atau untuk mencatat data kapan terakhir kali Moms dan pasangan menggunakan pengaman saat berhubungan.

Mau tahu, aplikasi apa saja yang bisa membantu mengetahui masa subur wanita? Simak daftarnya!

Baca juga: Berapa Kali Frekuensi Ideal Hubungan Seksual?

Aplikasi-Aplikasi yang Aman Digunakan

1. Period Tracker

Aplikasi Periodtrackter 3.jpg

Aplikasi ini membantu menghitung siklus menstruasi dengan tepat. Tinggal isi data tanggal kapan Moms terakhir menstruasi dan berapa lama menstruasi terjadi. Ketika data sudah dicantumkan, aplikasi akan memberikan notifikasi di jadwal menstruasi bulan selanjutnya.

2. Ovulation Calculator

Aplikasi Ovulation Calculator 5.jpg

Aplikasi ini memiliki fitur ovulation tracker untuk mengetahui kapan masa subur terjadi. Hal ini sangat penting untuk Moms yang menjalani program hamil. Karena dapat mengetahui kapan ovulasi dan peluang pembuahan di waktu yang tepat.

Baca juga: 5 Masalah Sistem Reproduksi Ini Bisa Menghambat Kesuburan

3. Kalkulator Masa Subur dan Kehamilan

Aplikasi Kalkulator Masa Subur dan Kehamilan 2.jpg

Aplikasi ini berbahasa Indonesia, sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta downloader. Aplikasi ini akurasinya dapat diandalkan. Bahkan, bisa membantu menentukan masa subur untuk wanita yang haidnya tidak teratur.

4. Ovulation Calendar

Aplikasi Ovulation calender 4.jpg

Aplikasi ini membantu pengguna mengetahui saat paling subur berdasarkan perhitungan siklus haid. Aplikasi ini juga memberikan prediksi jenis kelamin anak berdasarkan waktu subur dan saat terjadinya pembuahan. Aplikasi ini memberikan jaminan, dengan panduannya Moms bisa hamil 3 kali lebih cepat. Benar atau tidak, silakan dicoba sendiri!

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Masalah Kesuburan Pria Berikut Ini Yuk, Moms

(HEN/DIN)

Artikel Terkait