FASHION & BEAUTY
6 Oktober 2019

4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Siap-siap ucap selamat tinggal pada noda hitam!
Artikel ditulis oleh Nadia
Disunting oleh Dina Vionetta

Wanita tak bisa dipisahkan dengan kecantikan. Berapapun usianya, wanita selalu ingin tampil cantik dan memesona. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kecantikan wajah.

Dan masalah yang sering muncul adalah timbulnya noda atau flek hitam pada wajah. Demi mempertahankan kecantikan wajah, banyak wanita yang rela mengeluarkan uang banyak agar mendapat wajah paripurna.

Apa yang menyebabkan flek hitam pada wajah?

"Bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi disebabkan oleh kelebihan produksi melanin di kulit oleh melanosit," kata ahli bedah plastik Melissa Doft, M.D.

"Hormon — baik estrogen maupun progesteron — dapat meningkatkan kadar melanin (mengapa wanita hamil terlihat memiliki flek hitam yang seringkali berkurang setelah kelahiran); matahari dapat meningkatkan kadar melanin (sehingga mengapa kita memiliki lebih banyak bintik-bintik gelap saat atau setelah musim panas); dan usia dapat meningkatkan ukuran melanosit (mengapa kita melihat flek hitam pada pasien yang lebih tua)," tambahnya.

Pusing menghilangkan flek hitam di wajah? Coba pakai 4 bahan alami ini Moms! Selain mudah didapat, 4 bahan ini juga tak terlalu menguras kantong. Apa saja?

1. Air Lemon

1 - 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah.jpg

Foto: stylecraze.com

Lemon adalah sumber kaya flavonoid dan antioksidan lainnya, yang dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah kita.

Kita hanya perlu 1 sendok teh air perasan lemon, 1 sendok teh air, kapas. Kemudian, campur air perasan lemon dan air biasa dalam satu wadah. Setelahnya, celupkan kapas ke dalam larutan dan oleskan ke bagian flek hitam di wajah.

Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air. Kita dapat melakukannya sekali sehari dan pakai dengan rutin.

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

2. Bubuk Kunyit

2 - 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah.jpg

Foto: stylecraze.com

Kunyit mengandung curcumin, antioksidan dengan efek anti-melanogenik. Dengan demikian dapat membantu mengobati flek hitam.

Caranya, campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta kental. Oleskan campuran ini ke area kulit yang memiliki flek hitam.

Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air. Kita dapat melakukannya sekali sehari dan pakai dengan rutin.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

3. Kentang

3 - 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah.jpg

Foto: stylecraze.com

Kentang memiliki beragam nutrisi, yaitu vitamin C, B1, B3, dan B6 dan mineral seperti magnesium, kalium, dan fosfor, bersama dengan antioksidan diet. Karenanya, tidak mengherankan jika kentang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tak cuma itu, kentang juga diketahui dapat membantu mempertahankan kecantikan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya, parut kentang dan ambil sarinya sebanyak 1 sendok teh. Siapkan juga 1 sendok teh tepung beras, air perasan lemon, dan madu.

Campur semua bahan menjadi pasta kental. Oleskan masker kentang di wajah dan leher kita dan biarkan hingga kering selama 15-20 menit.

Gunakan air untuk menggosok wajah kering dengan lembut. Bersihkan wajah kita secara menyeluruh dengan gerakan memutar. Lakukan 2 kali seminggu.

Baca Juga: Agar Kulit Bersih, Coba 6 Masker DIY untuk Menghilangkan Flek Hitam

4. Mentimun

4 - 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah.jpg

Foto: stylecraze.com

Mentimun adalah sumber yang kaya antioksidan dan senyawa yang kaya silika yang memiliki sifat mencerahkan kulit.

Mentimun juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan noda hitam di wajah.

Blender atau parut mentimun dan kemudian oleskan di wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air. Kita dapat melakukannya 1-2 kali sehari dan pakai dengan rutin.

Bagaimana Moms? Ingin langsung dicoba? Semoga bermanfaat!

(SA/DIN)

Artikel Terkait