FASHION & BEAUTY
15 Juni 2019

4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

Yuk coba untuk mengurangi minyak pada kulit wajah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Intan

Apakah Moms termasuk salah satu yang memiliki tipe kulit berminyak? Apakah Moms selalu mencuci muka untuk menghilangkan minyak yang menempel di kulit wajah?

Kulit wajah yang berminyak tentunya sangat mengganggu penampilan Moms sehari-hari, selain membuat wajah menjadi tampak mengkilap, minyak juga sangat cepat sebagai pemicu munculnya jerawat pada wajah akibat kotoran yang tersumbat di dalamnya.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa Moms lakukan mulai dari membeli produk perawatan kulit khusus kulit berminyak sampai menggunakan cara-cara yang lebih aman, salah satunya menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, berikut ini adalah daftar buah yang bisa dijadikan masker untuk kulit berminyak Moms. Buah untuk masker di bawah ini terbukti dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Apa saja, coba simak ya Moms!

1. Timun

cucumber-slice.jpg

Masker untuk kulit berminyak yang pertama adalah timun. Menurut Deanne Mraz Robinson, MD, FAAD, President and Co-Founder of Modern Dermatology, menggunakan bahan-bahan pelembap lain dari alam seperti mentimun sebenarnya dapat membantu kulit untuk mengatur produksi minyaknya sendiri.

Di dalam timun mengandung 90% air, di mana kandungan air ini dapat mencegah kelenjar sebaceous yang terlalu aktif dalam memproduksi minyak. Timun juga berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit dan membantu menghilangkan sebum.

Baca Juga: Make Up untuk Kulit Berminyak

2. Pisang

kulit berminyak

Menurut pakar dermatolog David Bank, MD di New York, pisang mengandung seng dan vitamin C yang dapat membantu mengontrol minyak alami pada kulit wajah. Oleh sebab itu, pisang cocok digunakan sebagai masker untuk kulit berminyak.

Moms bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah dengan cara mencampurkannya dengan madu dan perasan buah lemon. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

3. Alpukat

kulit berminyak

Dilansir dari Healthy Guide, alpukat termasuk buah yang baik sebagai masker untuk kulit berminyak. Alpukat efektif mengurangi produksi minyak pada wajah, karena di dalam alpukat mengandung asam lemak yang menyehatkan kulit.

Moms bisa membuat masker dari alpukat dengan cara mencampurnya bersama putih telur dan air perasan lemon.

Alpukat sebagai penyeimbang produksi minyak, lemon sebagai astringen alami, dan putih telur yang akan menutrisi kulit wajah Moms.

Baca Juga: Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

4. Jeruk

kulit berminyak

Di dalam buah jeruk mengandung vitamin C tinggi yang mempunyai manfaat luar biasa bagi kulit wajah. Jeruk juga mengandung zat detoksifikasi yang mampu menghilangkan minyak berlebih pada wajah sekaligus membuatnya lebih sehat.

Moms bisa mengaplikasikan jeruk sebagai masker untuk kulit berminyak dengan cara membelah jeruk dan memarut bagian kulitnya.

Kemudian peras jeruk tersebut dan tambahkan kulit jeruk parut dengan air es. Aplikasikan secara rutin pada kulit wajah Moms ya.

Nah, itu dia Moms empat jenis buah untuk masker yang bisa dibuat sendiri di rumah. Cobalah lakukan dengan rutin setiap malam hari sebelum tidur dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu, apakah mengalami perubahan penurunan kadar minyak atau tidak. Selamat mencoba!

Artikel Terkait