KESEHATAN
3 Mei 2020

4 Efek Fobia pada Kepribadian dan Emosi Seseorang

Bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Terjadinya fobia pada seseorang pada dasarnya, dipicu oleh objek atau situasi tertentu. Tidak seperti gangguan kecemasan umum, orang dengan fobia spesifik tidak akan selalu merasa khawatir dan takut setiap saat.

Akan tetapi ketika seseorang memiliki fobia, mereka cenderung akan menghindari apa yang mereka anggap berbahaya dan menimbulkan fobianya.

Baca Juga: Fobia Ketinggian, Bisakah Diatasi?

Dan ketika secara tidak sengaja bertemu dengan fobianya, orang tersebut akan mengalami tekanan yang hebat ketika dihadapkan dengan sumber fobia mereka.

Hal ini bisa membuat orang tidak bisa berpikir secara normal karena terserang panik.

Secara tidak sadar, fobia ini dapat memiliki dampak yang sangat nyata pada kegiatan dan kualitas hidup seseorang sehari-harinya lho.

Efek Fobia pada Seseorang

Apa saja efek fobia pada kepribadian dan emosi seseorang? Simak di bawah ini.

1. Hidup Jadi Tidak Bebas

efek fobia

Foto: shutterstock.com

Efek fobia pada kepribadian dan emosi yang pertama adalah hidup jadi tidak bebas. Dilansir dari Situs Very Well Mind, salah satu ciri utama dalam mendiagnosis fobia adalah sifat orang tersebut yang terlalu membatasi hidupnya.

Karena takut akan fobianya, sehingga orang tersebut mungkin merasa kesulitan untuk menjalankan tugas, berkencan, atau bahkan membuatnya bekerja setiap hari.

Dengan kata lain, efek fobia dapat merusak pendidikan, karier, dan kualitas hidup kita secara menyeluruh.

Baca Juga: 3 Jenis Fobia yang Perlu Diketahui Menurut Garis Besarnya, Yuk Disimak

2. Mengisolasi Diri

efek fobia

Foto: verywellmind.com

Efek fobia pada kepribadian dan emosi yang selanjutnya adalah mengisolasi diri.

“Keterbatasan yang terkait dengan fobia, dapat membuat kita mengalami isolasi sosial. Kita mungkin bertanya-tanya mengapa dri kita tidak seperti orang lain,” kata Steven Gans, psikiatri bersertifikat oleh American Board of Psychiatry and Neurology.

Efek fobia ini dapat memengaruhi hubungan dengan keluarga dan teman-teman, yang dapat membuat kita jadi orang yang tertutup hingga depresi.

3. Merasa Tidak Terkendali

efek fobia

Foto: verywellmind.com

Efek fobia pada kepribadian dan emosi yang selanjutnya adalah merasa tidak terkendali. Mungkin salah satu efek fobia pada emosi yang terburuk adalah perasaan di luar kendali.

Moms mungkin mengerti bahwa fobia yang dirasakan tidak rasional atau berlebihan, tetapi tidak peduli seberapa keras kita berusaha, tetap tidak bisa dikendalikan.

Moms tidak sendirian jika menghabiskan waktu untuk memikirkan seperti apa hidup kita seandainya bisa hidup setiap hari tanpa rasa takut bersentuhan dengan objek atau situasi tertentu.

Baca Juga: Tak Sama, Kenali Perbedaan Fobia dan Trauma

4. Tidak Berdaya

efek fobia

Foto: medium.com

Efek fobia pada kepribadian dan emosi yang selanjutnya adalah tidak berdaya. Menurut Dr. Steven Gans, efek fobia adalah rasa tidak berdaya mungkin muncul ketika menyadari bahwa fobia telah memengaruhi beberapa atau bahkan semua aspek kehidupan kita, seperti pekerjaan, kehidupan sosial, dan kebahagiaan diri kita.

Moms mungkin merasa tidak ada yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan fobia ini. Makanya cenderung berasumsi bahwa kita akan selalu memiliki fobia ini, dan berharap segalanya berbeda, tetapi merasa bahwa mereka tidak akan pernah ada.

Itu dia beberapa efek fobia pada kepribadian dan emosi seseorang. Apakah Moms pernah mengalaminya?

Artikel Terkait