KESEHATAN
30 April 2019

4 Fakta yang Perlu Moms Ketahui tentang Imunisasi

Ini nih Moms fakta-fakta penting mengenai imunisasi yang wajib kita ketahui
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Imunisasi penting untuk diberikan kepada buah hati, bahkan sejak dini. Namun masih banyak orang tua di luar sana belum sadar akan hal ini, sehingga tidak jarang Si Kecil terserang berbagai penyakit akibat tidak mendapatkan imunisasi.

Keengganan orang tua memberikan imunisasi kepada anak bisa jadi karena mitos-mitos yang beredar di masyarakat saat ini. Namun tidak memberikan imunisasi yang wajib didapatkan oleh anak juga memiliki efek samping atau bahaya.

Agar Moms tidak ragu lagi mengenai seberapa pentingnya imunisasi, yuk lihat fakta-fakta mengenai imunisasi berikut ini menurut dr. Herlina, SpA dari Brawijaya Clinic Kemang.

Baca Juga: 5 Penyakit Balita yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi

1. Pemberian Kekebalan Tubuh

child getting flu shot

Foto: Rsfh.com

Imunisasi adalah satu proses pemberian kekebalan aktif untuk tubuh pada balita dan anak. Dengan imunisasi diharapkan akan terbentuk sel memori terhadap penyakit-penyakit infeksi, sehingga anak bisa terlindungi.

Perlu Moms ketahui, Imunisasi terhadap suatu penyakit hanya akan memberikan kekebalan atau resistensi pada penyakit itu saja, sehingga untuk terhindar dari penyakit lain diperlukan imunisasi tambahan lainnya. 

2. Untuk Mencegah Infeksi Penyakit

6989d19c 5158 11e9 8617 6babbcfb60eb image hires 210753

Foto: Independent.co.uk

Manfaat imunisasi sangat banyak, salah satunya untuk mencegah dan meminimalkan derajat beratnya suatu penyakit infeksi yang hingga saat ini masih banyak di Indonesia atau negara-negara lain yang beriklim tropis.

Selain itu, imunisasi akan membantu mencegah penularan ke adik, kakak dan teman-teman disekitar Si Kecil. Anak yang telah diimunisasi bila terinfeksi oleh kuman, maka Moms tidak perlu khawatir karena tidak akan menularkan penyakit tersebut ke adik, kakak, atau teman-temannya

Jadi, imunisasi selain bermanfaat untuk diri sendiri juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran ke adik, kakak, dan anak-anak lain di sekitarnya

3. Perlu Imunisasi Ulang

measles vaccine

Foto: Scmp.com

Bila Moms mencari jadwal imunisasi, jadwal tersebut bisa didapatkan di buku tumbuh kembang anak yang akan didapatkan di rumah sakit tempat kelahiran anak, berikut dengan jadwal imunisasi ulangnya.

Meskipun Si Kecil telah memperoleh imunisasi di 2 tahun pertamanya, tetap perlu diulang untuk meningkatkan dosis antibodi yang dimiliki sehingga tetap terlindungi. Bila tidak diimunisasi ulang, lama-kelamaan khasiat yang didapatkan saat imunisasi akan semakin berkurang dan hilang.

Baca Juga: Imunisasi Polio Tetes dan Suntik, Lebih Bagus yang Mana?

4. Imunisasi Wajib Diberikan

should child vaccination

Foto: Safewise.com

Menurut dr. Herlina, ia sangat menyarankan untuk memberikan imunisasi sebagai sumber kekebalan aktif yang akan dimiliki bayi, balita, dan anak. Hal ini diperlukan agar mereka dapat terlindungi dari penyakit-penyakit infeksi berbahaya yang dapat mematikan.

Itulah beberapa fakta penting yang perlu Moms ketahui mengenai penting dan dahsyatnya manfaat imunisasi, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Masih ragu untuk memberikan imunisasi pada Si Kecil?

Yuk simak penjelasan lengkap dari dr Herlina di channel YouTube Orami Indonesia berikut ini!

(AWD/AND)

Artikel Terkait