BAYI
12 Maret 2020

4 Hal yang jadi Penyebab Bayi Tidak BAB, Simak di Sini!

Bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak bisa buang air besar (BAB) atau sembelit pada bayi terjadi ketika Si Kecil memiliki tinja keras atau memiliki masalah dengan pencernaannya.

Seorang anak mungkin merasa sakit saat buang air besar atau mungkin tidak dapat buang air besar meskipun telah mengejan.

Mengutip dari situs MedlinePlus.org, konstipasi sering terjadi pada anak-anak. Namun, buang air besar yang normal berbeda untuk setiap anak.

Baca Juga: Ini 5 Cara yang Harus Moms Lakukan Saat Anak Susah Buang Air Besar

Penyebab Bayi Tidak BAB

Pada bulan pertama, bayi cenderung buang air besar sekali sehari.

Setelah itu, buah hati kita bisa tidak BAB sehari, bahkan seminggu. Juga sulit untuk mengeluarkan feses karena otot perut mereka lemah.

Jadi bayi cenderung gelisah, menangis, dan merah di wajah ketika mereka tidak bisa buang air besar.

Apa yang menyebabkan bayi tidak bisa BAB? Berikut penjelasannya.

1. Karena Susu Formula

bayi tidak bisa BAB

Foto: parents.com

“Bayi yang diberi susu formula secara eksklusif, memiliki kemungkinan lebih besar untuk tidak bisa BAB,” kata Jane Morton, profesor klinis pediatri di Stanford University School of Medicine.

Dokter Jennifer Shu, dokter anak di Atlanta, sekaligus penulis menambahkan bahwa susu formula bisa membuat kotoran anak lebih banyak dan keras, daripada ASI.

Jika bayi Moms memiliki alergi protein-susu atau intoleransi, bisa menjadi penyebab bayi mengalami sembelit atau tidak .

Formula berbasis susu dapat menyebabkan hal ini, serta susu dalam makanan ibu yang diberikan pada bayi melalui ASI. Ini juga berlaku untuk segala jenis susu yang dapat dikonsumsi bayi yang lebih lebih tua, seperti yogurt dan keju.

Baca Juga: 4 Fakta Tentang Susu Formula Bayi

2. Makanan yang Tidak Sesuai

bayi tidak bisa BAB

Foto: babyfoode.com

Ketika bayi berusia sekitar 6 bulan, dokter anak sering memberi tahu orang tua untuk menawarkan berbagai makanan bayi.

“Apa yang bayi kita makan akan sangat menentukan jenis kotoran yang Si Kecil,” kata Dr. Jennifer Shu. Dan banyak makanan yang berbeda dapat menyebabkan bayi tidak bisa BAB.

Cobalah pertimbangkan makanan yang akan Moms berikan pada anak, seperti saus apel, pisang, atau sereal. Terlalu banyak jenis makanan ini, terutama sereal beras, dapat membuat bayi sulit BAB. Jadi pilih makanan anak dengan cermat ya Moms.

3. Tidak Mendapat Cukup Cairan

bayi tidak bisa BAB

Foto: momjunction.com

Dilansir dari Pregnancy Birth and Baby, ketika bayi tidak bisa BAB, salah satu penyebab paling umumnya bisa dikarenakan Si Kecil tidak mendapat cukup cairan dalam makanannya.

Cairan di sini maksudnya makanan yang dikonsumsi anak terlalu kering, atau anak jarang diberi air putih.

Baca Juga: Pentingnya Membiasakan Anak Minum Air Putih

4. Karena Hal Lainnya

bayi tidak bisa BAB

Foto: todayparents.com

Saat bayi tidak bisa BAB, padahal usianya masih di bawah 6 bulan, Moms harus berkonsultasi dengan dokter anak untuk mencari tahu apa penyebabnya.

Itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi tidak bisa BAB. Apakah bayi Moms juga mengalaminya?

Artikel Terkait