KEHAMILAN
5 Juli 2019

4 Penyebab Tak Terduga yang Bikin Susah Punya Momongan

Adakah yang cocok dengan kondisi Moms?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Pada dasarnya, penyebab pasangan susah punya momongan adalah adanya masalah kesuburan pada pihak pria, pihak perempuan, atau pada diri keduanya.

Tahukah Moms? Ternyata ada hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan kesuburan, tetapi bisa menyebabkan pasangan susah punya momongan.

Yuk, kita lihat 4 penyebab tak terduga pasangan susah punya momongan.

1. Paparan Cahaya Gawai pada Malam Hari

Faktor-faktor tak terduga yang bikin pasangan susah punya momongan (2).jpg

Menggunakan gawai menjelang tidur malam tidak hanya berpotensi mengganggu siklus tidur, melainkan juga bisa bikin pasangan susah punya momongan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Fertility and Sterility, paparan cahaya dari gawai dapat memengaruhi kesuburan serta perkembangan janin pada Moms yang sedang hamil.

Paparan cahaya pada malam hari tersebut dapat menekan produksi melatonin atau dikenal juga sebagai “hormon tidur”.

Selain membantu tubuh tertidur pada malam hari, melatonin ternyata juga diproduksi di saluran reproduksi dan turut berfungsi melindungi sel telur dari radikal bebas (terutama pada saat ovulasi).

Oleh karena itu, para ahli menyimpulkan kurangnya pelepasan melatonin juga dapat menggganggu siklus tidur janin yang sedang berkembang dalam kandungan.

Baca Juga : Hal-hal Yang Harus Diperhatikan saat Program Hamil

2. Kadar Kolesterol Tinggi

Faktor-faktor tak terduga yang bikin pasangan susah punya momongan (1).png

Banyak studi memperlihatkan perempuan dengan kadar kolesterol tinggi lebih sulit hamil daripada mereka yang kadar kolesterolnya normal.

Studi terbaru yang dimuat di Journal of Endocrinology and Metabolism menyebutkan suami dan istri yang sama-sama mempunyai kadar kolesterol tinggi akan makin sulit untuk punya momongan.

Oleh karena itu, Moms dan Dads yang memiliki kadar kolesterol tinggi disarankan untuk memperbaiki kondisi tersebut sebelum memulai program hamil.

3. Gigi dan Mulut Tidak Sehat

Faktor-faktor tak terduga yang bikin pasangan susah punya momongan (3).jpg

Menjaga kesehatan gigi dan mulut ternyata dapat berdampak positif bagi kesuburan.

Dikutip dari situs web Parents, perempuan yang menjalani perawatan kesuburan umumnya memiliki tingkat perdarahan dan peradangan pada gusi yang lebih tinggi dibandingkan perempuan yang menjalani program hamil secara alami.

“Sejumlah studi mengindikasikan bahwa kesehatan mulut perempuan mempunyai dampak penting terhadap keberhasilan reproduksinya,” terang Susan Karabin, D.D.S., juru bicara the American Academy of Periodontology.

Baca Juga : 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

4. Penggunaan Wadah Plastik

Faktor-faktor tak terduga yang bikin pasangan susah punya momongan (1).jpg

Wadah makanan dan minuman yang terbuat dari plastik umumnya mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA).

Dikutip dari situs web Okezone, BPA adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengeraskan wadah makanan dari plastik.

Studi membuktikan, BPA yang bercampur dengan makanan atau minuman dan masuk ke dalam tubuh dapat berdampak negatif terhadap kesuburan pria maupun perempuan.

Kadar BPA tinggi pada pria dianggap berhubungan dengan kualitas sperma yang kurang bagus dan meningkatkan kerusakan pada sperma.

Mulai sekarang, untuk mengatasi masalah pasangan susah punya momongan, sebaiknya ganti atau kurangi penggunaan wadah plastik dengan wadah berbahan lain, seperti dari gelas atau stainless steel.

(AN/CAR)

Artikel Terkait