KESEHATAN
17 Juni 2019

5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur

Banyak yang percaya ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan agar panjang umur.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Entah cepat atau lambat, semua orang pasti akan sampai pada ajalnya.

Tetapi, ada pula yang dianugerahi umur panjang, bahkan dengan keadaan fisik yang sehat.

Tentu, kita juga menginginkan umur yang panjang, fisik yang sehat, dan hidup bahagia. Banyak yang percaya ada beberapa aktivitas yang bisa membuat kita panjang umur lho Moms.

Apa saja ya?

1. Dapat Banyak Sinar Matahari

5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur - 1.jpg

Tubuh kita senantiasa memerlukan vitamin D yang bisa didapat dari sinar matahari agar panjang umur.

Vitamin D sendiri terbukti dapat melawan penyakit, meningkatkan kesehatan tulang, dan menangkal depresi.

“15 hingga 30 menit paparan sinar matahari dalam sehari cukup memadai untuk produksi vitamin D,” kata Jyotir Jani, MD, seorang dokter perawatan primer Piedmont Healthcare.

"Tentu saja bukan melalui berjemur melainkan dengan aktivitas luar ruangan -- beraktivitas seperti jalan di taman dan sebagainya," tutup Jyotir.

Baca Juga: Ini Tandanya Anak Siap Untuk Masuk Sekolah, Tak Hanya Mengenai Umurnya Saja Lho Moms

2. Makan Lebih Banyak Protein Nabati

5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur - 2.jpg

Sebuah studi yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa orang yang makan makanan olahan daging olahan seperti sosis dan hotdog berisiko tinggi hidup pendek.

Sebaliknya, mereka yang mendapat protein dari tanaman memiliki risiko kematian dini lebih rendah, terutama kematian terkait penyakit jantung.

"Studi tersebut mengatakan bahwa tiap peningkatan 3 persen kalori protein nabati, ada pengurangan risiko kematian sebesar 10 persen," kata Shayna Komar, RD, ahli diet di Piedmont Healthcare.

Protein nabati memasok semua sembilan asam amino yang tidak dapat dibuat tubuh sendiri.

"Tidak seperti protein hewani, protein nabati dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko kanker,” kata Shayna.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Minuman Protein Nabati untuk Kebugaran dan Kecantikan!

3. Kurangi Duduk Terlalu Lama

5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur - 3.jpg

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2011 di The Lancet tentang aktivitas lebih dari 416.000 pria dan wanita di Taiwan, menemukan bahwa melakukan aktivitas ringan selama 15 menit setiap hari dapat membantu subjek hidup tiga tahun ekstra.

Bahkan, duduk terlalu lama diklaim sama buruknya dengan merokok.

"Kurangnya rangsangan pada otot-otot, bahkan hanya kurangnya berdiri atau berjalan kaki singkat setiap satu atau dua jam, dapat menghasilkan efek berbahaya seperti peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai bentuk kanker seperti payudara dan usus besar," kata Kerry J. Stewart, EdD, direktur fisiologi latihan klinis dan penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

"Duduk sepanjang hari memperlambat metabolisme tubuh sehingga lebih sedikit kalori yang dibakar, dan kadar gula darah dan kolesterol bisa meningkat."

4. Banyak Makan Buah dan Sayur

5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur - 4.jpg

Sebuah studi baru-baru ini dari Imperial College London menemukan bahwa memakan 10 porsi buah dan sayuran sehari mengurangi risiko penyakit secara signifikan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Kurangi Stres

5 Aktivitas yang Harus Dilakukan Agar Panjang Umur - 5.jpg

Sebuah studi dari University of California menemukan bahwa wanita yang mengalami stres kronis memiliki kadar klotho yang jauh lebih rendah, suatu hormon yang mengatur proses penuaan.

Studi lain menemukan bahwa stres meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Selain itu, Jyotir Jani, MD, seorang dokter perawatan primer Piedmont Healthcare mengatakan stres menyebabkan perubahan kimiawi dalam tubuh.

"Perubahan kimiawi ini bisa meningkatkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ, meningkatkan tekanan darah, menghasilkan perubahan emosional, dan merusak gen. Hal ini bahkan bisa meningkatkan kemungkinan kanker atau psoriasis," ujar Jyotir.

Tak hanya membuat tubuh menua, kita juga bisa terkena penyakit kronis yang bisa memperpendek umur.

Mengurangi rasa stres bisa dengan berolahraga. Cukup sediakan waktu 15-30 menit setiap harinya untuk berolahraga ya Moms. Ini bisa membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan agar panjang umur dan sehat. Yang mana favorit Moms?

(SA)

Artikel Terkait