RESEP
15 September 2019

5 Camilan yang Ternyata Dapat Menambah Berat Badan, Menurut Ahli Diet

Matcha latte mengandung gula 2 kali lebih banyak dari kemasan cokelat kacang M&M!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, penting untuk memilih jenis makanan yang sehat dan sarat akan gizi seimbang.

Tidak sedikit orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan akan memilih makanan yang rendah kalori, diperuntukkan bagi vegetarian, dan minim kadar gula.

Namun, ada beberapa makanan atau camilan yang mungkin tampak sehat, tetapi sebenarnya justru dapat menambah berat badan lho, Moms!

Jaclyn London, MS, RD, CDN, ahli diet terdaftar dan kontributor untuk Good Housekeeping memberikan daftar camilan yang dapat membuat berat badan bertambah.

Baca Juga: Keripik Buah, Alternatif Camilan Sehat di Rumah

1. Makanan Kemasan Bebas Gluten

gluten.jpg

Ada beberapa orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten, sehingga perlu mengonsumsi makanan alternatif bebas gluten.

"Tidak ada yang lebih sehat dari pasta bebas gluten dibandingkan pasta biasa. Faktanya, kemungkinan makanan bebas gluten lebih rendah protein dan serat daripada alternatif gandum lain," jelas Jaclyn.

Tetapi, karena label "bebas gluten" ini terkadang membuat orang makan dengan porsi yang lebih banyak, yang kemudian memengaruhi asupan kalori harian.

Sehingga, penting untuk menjaga asupan makanan berlabel "bebas gluten" agar jangan sampai berlebihan.

2. Smoothie dan Jus dalam Kemasan

smoothies.jpg

Smoothie dan jus buah dalam kemasan seringkali hanya mengandung tambahan gula yang banyak.

Sebaiknya, buat jus atau smoothie sendiri, dengan menggunakan bahan-bahan segar dan alami, tentunya dengan porsi gula yang bisa ditakar sendiri.

Baca Juga: Resep Smoothie Strawberry dan Pisang untuk Buka Puasa Si Kecil

3. Granola Bars

top image energy bar yang sehat untuk camilan

Granola bars kerap menjadi pilihan camilan yang dianggap sehat dan mengenyangkan. Tetapi, sebenarnya ada beberapa granola bars yang mengandung terlalu sedikit protein, serat, tetapi kadar lemak yang banyak.

"Carilah yang menyediakan setidaknya 4 gram protein dan serat, dan kadar gula kurang dari 6 gram per sajian," terang Jaclyn.

4. Matcha Latte

homemade matcha latte 1200x800

Jaclyn menyebutkan, bahwa matcha latte ukuran 16-ons memiliki kandungan gula hingga dua kali lipat dari kemasan cokelat kacang M&M.

"Saran saya, pilih cappuccino ukuran kecil dengan susu murni atau susu rendah lemak. Kemudian beri kayu manis, pala, bubuk kakao, atau bubuk vanila tanpa khawatir tentang pemanis tambahan," jelasnya.

Baca Juga: Ini Rumus Bikin Kopi Tubruk Enak

5. Keju Non-Susu

yuk kenalin macam macam keju 5

Ini adalah contoh lain di mana Moms mungkin menganggap versi alternatif mengandung lebih sedikit kalori daripada yang asli, tetapi nyatanya tidak.

"Keju vegan masih memiliki sekitar 100 kalori per ons, sama seperti keju jenis biasa, dan sarat dengan bahan-bahan palsu seperti pati, permen xanthan, dan isolat protein," ungkap Jaclyn.

Selain itu, kandungan protein dari keju non-susu juga lebih sedikit. Keju jenis string cheese memiliki 1 gram protein, sedangkan seporsi keju vegan mengandung sekitar 1 gram.

Hal ini yang membuat Moms tidak merasa cepat kenyang setiap mengonsumsi satu porsi keju non-susu.

Artikel Terkait