5 Cara Ampuh Agar Suami Mau Berhenti Merokok

Buat suami sadar bahwa rokok bisa menjauhkannya dari keluarga
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah suami Moms termasuk seorang perokok? Jika Moms merasa terganggu karena suami Moms merokok, sebaiknya bantulah ia untuk berhenti.

Menurut penuturan dosen Cancer Institute New South Wales, Australia, ada hal yang terjadi pada tubuh saat merokok, seperti tekanan darah dan detak jantung meningkat. Namun, aliran darah yang menuju pembuluh darah kapiler menjadi berkurang. Kadar oksigen di dalam darah juga menjadi berkurang dikarenakan karbon monoksida mengalami peningkatan dari asap rokok.

Nah, sebagai istri yang baik, tentunya Moms ingin membantu suami untuk hidup lebih sehat dan tanpa rokok bukan? Maka dari itu, yuk Moms, simak 5 cara ampuh agar suami berhenti merokok.

1. Berkomunikasi Baik-Baik dengan Suami

13788 couple talking bed white argument wide.1200w.tn

Foto: crosswalk.com

Cara ampuh agar suami berhenti merokok yang paling utama adalah berkomunikasi terlebih dahulu secara baik-baik. Dikutip dari Healthline.com, Psikolog Timothy J. Legg PhD, PsyD, CRNP, ACRN, CPH mengatakan bahwa Moms tidak boleh seolah menggurui pasangan. Hal tersebut justru akan terasa menyebalkan di telinganya.

Moms punya banyak cara untuk mengingatkan suami, misalnya dengan cara mengatakan kepada suami kalau Moms merasa senang ketika tidak ada aroma rokok yang menempel pada pakaiannya. Cobalah untuk mengatakannya saat waktu dan mood suami sedang bagus supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca Juga: 6 Makanan yang Membantu Untuk Berhenti Merokok

2. Ingatkan Prioritasnya

cigarettes 1981026 960 720 e1503718806257

Moms bisa menghitung pengeluaran bersama suami mengenai biaya yang dihabiskan untuk merokok setiap bulannya. Moms bisa berandai-andai dengan suami mengenai barang apa saja yang bisa terbeli ketika suami tidak merokok.

Apalagi ketika suami Moms sudah terlalu parah kecanduan dengan rokok, maka cara ampuh agar suami berhenti merokok yang satu ini benar-benar perlu diterapkan. Masih sama seperti poin pertama, sebaiknya bicarakan dengan suami pada waktu yang tepat.

3. Batasi Ruang Gerak

image

Jika suami merokok saat berada di rumah, sebaiknya Moms harus membatasi ruang geraknya. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan suami karena biasanya perokok yang aktif akan sulit mengenal tempat dan waktu.

Moms bisa meminta suami untuk tidak merokok selama Si Kecil bermain di rumah atau saat bepergian bersama Si Kecil. Hal ini secara tidak langsung akan membuat suami menjadi sadar bahwa merokok akan perlahan-lahan menjauhkannya dari keluarga.

Baca Juga: Merokok Di Dekat Bayi, Apa Dampak Bagi Kesehatannya?

4. Mengalihkan Perhatiannya

fit couple jogging in the city having fun taking a royalty free image 981616474 1544029392

Cara ampuh agar suami berhenti merokok yang lain adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Moms bisa mengajaknya menonton film bareng, mengonsumsi jajanan kesukaannya, atau bahkan membuat makanan kesukaannya, sehingga keinginannya teralihkan.

Berolahraga juga bisa dipilih sebagai salah satu cara ampuh agar suami berhenti merokok. Moms bisa mengajak suami berenang atau jogging bersama.

5. Redakan Gejala Kecanduannya

moneytalkhelpfulhusband og

Terakhir, saat suami sudah mulai mengurangi rokok atau bahkan sudah berhenti total, biasanya kondisi mood-nya masih sedikit berantakan. Suami bisa tiba-tiba saja cemas, marah, stres, dan sebagainya.

Jika sudah begitu, peran Moms di sini sangat diperlukan untuk meredakan gejala kecanduannya. Moms bisa menasihatinya dengan kata-kata yang lembut untuk membuat hati dan mood suami menjadi lebih menyenangkan.

Walaupun terasa tidak mudah untuk Moms membujuk suami agar berhenti merokok. Tetapi, tidak ada salahnya Moms mencoba cara ampuh agar suami berhenti merokok seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba Moms!

(IRN)

Artikel Terkait