BALITA DAN ANAK
20 Juni 2019

5 Cara Kreatif Menyiapkan Bekal Sekolah Anak

Buat lebih menarik dengan permainan warna dan bentuk
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyiapkan bekal sekolah anak bukan hanya lebih hemat dan terjamin kesehatannya lho, Moms. Dari data yang diungkap Brookings Institution Press juga diketahui kalau membawa bekal dari rumah bisa meningkatkan performa akademis dan menurunkan resiko obesitas.

Tapi pasti sedih rasanya, kalau bekal sekolah yang sudah Moms buatkan tidak habis atau malah tidak dimakan karena anak memilih jajanan lain yang lebih menarik.

Tenang Moms, coba dulu beberapa cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak berikut supaya Si Kecil makan dengan dengan lahap sampai habis.

Baca Juga: 3 Bekal Sehat dan Praktis Saat Menitipkan Anak di Daycare

1. Kombinasikan Berbagai Macam Warna

5 Cara Kreatif Untuk Menyiapkan Bekal Sekolah Anak 1.jpg

Foto: Weelicious.com

Cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak yang pertama adalah mengombinasikan berbagai warna.

Bekal sekolah anak yang penuh warna bukan hanya terlihat lebih menarik, tapi menurut studi yang dilansir oleh jurnal ilmiah Appetite juga bisa meningkatkan nafsu makan dengan cara menstimulasi hipotalamus dan kelenjar liur di mulut.

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menambahkan variasi warna kedalam bekal sekolah, seperti:

  • Sate buah mini. Gabungkan potongan beri, kiwi, jeruk, dan buah lainnya dengan tusuk gigi atau stik es krim.
  • Roti kombinasi. Bolongi bagian tengah roti putih dengan pemotong kue kering lalu isi dengan roti gandum yang sudah dipotong dengan bentuk sama.
  • Kimbab mini. Isi kimbab dengan telur dadar, ketimun, crab stick, dan wortel, lalu potong dan letakkan hadap atas supaya semua warnanya terlihat.

2. Buat Jadi Bentuk yang Menarik

5 Cara Kreatif Untuk Menyiapkan Bekal Sekolah Anak 2.jpg

Foto: Youtube.com

Cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak yang selanjutnya adalah dengan membuatnya jadi bentuk menarik. Dengan menambahkan permainan bentuk, bekal sekolah yang paling sederhana sekalipun bisa jadi lebih menarik lho, Moms.

Sebagai contoh, Moms bisa menaburkan keju dan wortel berbentuk hati di atas nasi goreng, memotong buah dengan bentuk bintang, atau menambahkan potongan nori di atas nasi putih yang sudah dicetak berbentuk panda. Moms perlu punya aksesoris untuk bikin bekal lucu ini.

Sayuran, roti, dan berbagai bahan makanan lain juga bisa Moms gulung, lipat, atau susun dengan kreatif supaya terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Bagaimana Panduan Membuat Bekal untuk Anak?

3. Tambahkan Huruf dan Angka

5 Cara Kreatif Untuk Menyiapkan Bekal Sekolah Anak 3.jpg

Foto: Beneficial-bento.com

Cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak yang selanjutnya adalah dengan menambahkan huruf dan angka.

Supaya lebih menarik, Moms juga bisa menambahkan huruf, angka, atau pesan singkat ke dalam bekal sekolah buah hati.

Buah, sayur, sosis, roti, atau makanan lain untuk bekal bisa Moms bentuk dengan pemotong kue kering berbentuk huruf dan angka, lalu langsung ditaruh atau disusun dulu untuk membentuk nama Si Kecil.

Cetakan emboss huruf yang biasa digunakan untuk fondant juga bisa Moms gunakan untuk membuat pesan kejutan di roti tawar.

4. Celup Potongan Buah dengan Coklat

5 Cara Kreatif Untuk Menyiapkan Bekal Sekolah Anak 4.jpg

Foto: Crunchpak.com

Cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak yang selanjutnya adalah dengan mencelupkan potongan buah ke dalam coklat.

Rutin membawakan buah untuk bekal sekolah tapi sering kembali dalam keadaan utuh? Karena semua anak suka coklat, cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak ini dijamin bikin Si Kecil selalu menghabiskan buah di kotak bekalnya.

Cukup celupkan setengah bagian potongan buah ke dalam coklat, lalu tunggu sampai kaku sebelum dimasukkan ke kotak makan. Ingat ya Mom, potongan buah sebaiknya tidak terlalu besar supaya bisa habis dalam satu atau dua gigit.

5. Tentukan Tema Berbeda untuk Setiap Hari

5 Cara Kreatif Untuk Menyiapkan Bekal Sekolah Anak 5.jpeg

Foto: Maplevalleyfoodbank.org

Cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak yang selanjutnya adalah dengan menentukan tema berbeda setiap harinya.

Siapa nih, Moms yang sering bingung menentukan menu bekal sekolah anak setiap hari? Lebih baik mulai tentukan tema khusus untuk setiap hari sekolah supaya Moms bisa cepat menentukan variasi menu, dan Si kecil tidak bosan dengan isi bekal sekolahnya.

Sebagai contoh, Moms bisa menetapkan tema pasta untuk hari Senin, roti lapis untuk Selasa, nasi untuk Rabu, tanpa daging untuk Kamis, atau nuansa keju untuk Jumat.

Nah, semua contoh tema tadi bisa Moms kembangkan jadi berbagai variasi berbeda. Misalnya saja, tema nasi bisa dibuat dalam variasi nasi goreng, kimbab, atau onigiri; tema pasta bisa dibuat dalam variasi spaghetti carbonara atau makaroni keju.

Baca Juga: 5 Varian Bekal Sekolah Anak yang Mudah Dibuat

Bagaimana dengan Moms, cara kreatif menyiapkan bekal sekolah anak seperti apa saja yang sudah pernah dicoba di rumah?

(WA)

Artikel Terkait