KESEHATAN
27 Juni 2019

5 Cara Mencegah Osteoarthritis sejak Dini

Hati-hati pada rasa nyeri di sekitar persendian
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apa sih osteoarthritis? Untuk Moms yang mungkin belum tahu, osteoarthritis (OA) merupakan penyakit yang menyerang sendi-sendi tulang. Penyakit degeneratif ini bisa dan sebaiknya dicegah sejak dini agar tidak terjadi lebih cepat dan meningkatkan kualitas hidup di masa tua.

Menurut Ed Weisbart, peneliti di University of Rochester Medical Center, osteoarthritis dinilai berbahaya karena dapat menyebabkan penipisan tulang rawan yang mampu memicu terjadinya gesekan antar tulang. Kondisi itu akan membuat seseorang merasakan nyeri, kekakuan, dan sulit untuk bergerak.

Lalu bagaimana mencegah osteoarthritis sejak dini?

Baca Juga: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Radang Sendi

1. Diet

Memang tidak mungkin untuk makanan tertentu atau suplemen gizi menyembuhkan osteoartritis. Namun mengutip dari Arthritis Foundation, diet tertentu dapat mencegah terjadinya gejala tersebut.

Beberapa makanan memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala, sementara makanan lain dapat membuat gejala osteoarthritis lebih kuat.

2. Menjaga Berat Badan

osteoarthritis

Foto: cheatsheet.com

Menurut Thitinan Srikulmontree, peneliti dari American College of Rheumatology, obesitas adalah salah satu penyebab utama pemicu osteoarthritis. Penumpukan lemak pada tubuh orang yang memiliki berat badan berlebih, akan memberikan tekanan kuat pada bantalan sendi.

Oleh karena itu, mengontrol berat badan sangat penting untuk mencegah osteoarthritis sejak dini.

Baca Juga: Balita Jatuh Terduduk? Segera Kenali Gejala Tulang Ekor Retak Berikut

3. Rutin Berolahraga

osteoarthritis

Foto: romadecade.org

Rutin berolahraga akan menguatkan otot, sehingga sendi pun menjadi kuat. Namun, pilih juga olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita, jangan sampai malah mengakibatkan cedera pada persendian.

Olehraga dengan intensitas rendah adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan sendi, seperti latihan aerobik. Dengan rutin berolahraga, sendi akan menjadi sehat, menghilangkan kekakuan, mengurangi rasa sakit dan lelah, serta meningkatkan kekuatan otot dan tulang.

4. Kontrol Gula Darah

Menurut Arthritis Foundation, diabetes bisa menjadi faktor risiko berbahaya yang menjadi penyebab timbulnya osteoarthritis. Kadar glukosa yang tinggi, mampu mempercepat pembentukan molekul yang membuat tulang rawan menjadi kaku dan sensitif.

Menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal dan mengatur kadar glukosa, mampu mencegah osteoarthritis sejak dini.

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

5. Istirahat yang Cukup

osteoarthritis

Foto: alodokter.com

Olahraga memang dapat membantu sendi dan otot jadi lebih sehat. Namun olahraga secara berlebihan juga tidak baik.

Jika persendian mulai terasa sakit atau pegal, istirahatlah sejenak. Hindari beraktivitas yang berat selama sendi belum pulih. Membiarkan penyembuhan persendian yang terluka membantu mengurangi risiko pengembangan osteoarthritis di sana di masa depan.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat Moms dan keluarga lakukan untuk mencegah osteoarthritis sejak dini. Jaga terus kesehatan persendian kita ya Moms.

Artikel Terkait